Netral English Netral Mandarin
banner paskah
08:48wib
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem mulai Rabu (14/4) hingga Kamis (15/4). Cuaca ekstrem ini diakibatkan Siklon Tropis Surigae. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyebut semua komponen utama yang digunakan dalam pengembangan Vaksin Nusantara diimpor dari Amerika Serikat.
Kandas Sejak 23 Maret, Operasi Pembebasan Kapal Raksasa Terjepit di Terusan Suez Diklaim Sukses

Senin, 29-Maret-2021 19:10

Kapal kargo raksasa Ever Given yang kandas di Terusan Suez sejak 23 Maret 2021 kini sudah berhasil dibebaskan.
Foto : vesselfinder.com
Kapal kargo raksasa Ever Given yang kandas di Terusan Suez sejak 23 Maret 2021 kini sudah berhasil dibebaskan.
12

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kapal kontainer terdampar Ever Given yang memblokir Terusan Suez telah diapungkan kembali pada 29 Maret dan saat ini sedang diamankan, kata Inch Cape Shipping Services, , sebuah penyedia layanan kelautan global, .

Kapal itu berhasil diapungkan pada pukul 4.30 pagi waktu setempat dan saat ini sedang diamankan, kata Inchcape melalui Twitter.

Meski demikian, masih belum jelas kapan kanal akan dibuka kembali.

Ekskavator telah bekerja sepanjang waktu untuk menggali dan menyedot sejumlah besar pasir dan lumpur di sekitar kapal, sementara awak kapal tunda bekerja untuk membebaskannya.

Terobosan itu terjadi setelah upaya intensif untuk mendorong dan menarik kapal dengan 10 kapal tunda dan menyedot pasir dengan beberapa kapal keruk saat air pasang.

Seperti dikutip dari vesselfinder.com, sebuah video menunjukkan kapal mengapung langsung di kanal, tidak lagi terjepit - dan berpotensi memiliki ruang yang cukup bagi kapal lain untuk melewatinya.

Ratusan kapal masih terjebak di kanal menunggu untuk lewat, membawa segala sesuatu mulai dari minyak mentah hingga ternak.

Akibat kejadian kandaskan kapal kargo raksasa itu itu, lebih dari dua lusin kapal telah memilih rute alternatif antara Asia dan Eropa di sekitar Tanjung Harapan, memperpanjang waktu perjalanan sekitar dua minggu dan pengiriman terancam tertunda.

Semua kru Ever Given yang terdiri dari 25 warga negara India tetap di atas kapal MV Ever Given.

Meskipun kapal rentan terhadap kerusakan akibat kejadian tersebut, Shoei Kisen Kaisha Ltd selaku perusahaan yang memiliki Ever Given, menepis kekhawatiran. Mereka mengatakan bahwa mesin kapal berfungsi dan dapat melanjutkan perjalanannya secara normal saat dibebaskan.

Sebagai informasi MV Ever Given adalah kapal pengangkut kontainer berukuran lebih dari empat lapangan sepak bola, sempat terjebak secara diagonal di Terusan Suez sejak 23 Maret 2021. Perjalanan kapal lainnya terhambat dan mempengaruhi rantai pasokan dunia.

Disebutkan juga, kejadian ini menyebabkan terhambatnya perdagangan global senilai hingga 9 miliar dolar AS setiap harinya. 

Reporter :
Editor : Irawan HP