Netral English Netral Mandarin
12:55wib
Hasil survei Indonesia Political Opinion (IPO) menunjukkan bahwa lebih dari 90 persen masyarakat setuju sekolah dan rumah ibadah dibuka kembali meski masih di tengah kondisi pandemi corona. Data pengguna Facebook yang mencapai 533 juta, baru-baru ini dikabarkan telah dicuri hacker. Facebook menyatakan, tak akan memberi tahu data siapa saja yang telah dicuri.
Jokowi Usulkan Komjen Sigit Jadi Calon Kapolri, Fadli Singgung Kasus 6 Laskar FPI

Kamis, 14-January-2021 19:25

Novel  Bamukmin.
Foto : DPR go id
Novel Bamukmin.
11

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengajukan nama Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri ke DPR melalui surat presiden yang diserahkan Menteri Sekretaris Negara Pratikno pada Rabu (13/1/2021).

Selanjutnya, DPR akan menggelar uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) terhadap Komjen Sigit, dan jika tak ada aral melintang, maka Kabareskrim Polri itu bakal menjabat Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis yang memasuki masa pensiun pada akhir Januari ini.

Dipilihnya Komjen Sigit sebagai calon Kapolri itu direspons oleh Anggota Komisi I DPR Fadli Zon. Melalui akun Twitter-nya, Fadli mengucapkan selamat sekaligus menaruh harapan kepada Listyo Sigit.

"Hari ini Presiden telah usulkan Komjen Listyo Sigit Prabowo calon Kapolri dan akan diproses @DPR_RI. Selamat dan semoga bisa jadi Kapolri yang bisa bawa ketenangan dan keadilan," tulis Fadli Zon, Rabu (13/1/2021).

Fadli menambahkan, ada sejumlah pekerjaan rumah yang sudah menanti Listyo Sigit, salah satunya adalah penegakan hukum kasus tewasnya 6 laskar Front Pembela Islam (FPI) di Tol Jakarta-Cikampek pada 7 Desember 2020 lalu.

Fadli berharap, Listyo nantinya bisa menindaklanjuti hasil investigasi Komnas HAM yang menyatakan polisi melanggar HAM terkait kematian 4 dari 6 orang laskar FPI.

"PR penting adalah penegakan hukum tindak lanjut hasil Komnas HAM terhadap 6 anggota FPI yang wafat akibat pelanggaran HAM," cuit politisi Partai Gerindra itu. 

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sulha Handayani