Netral English Netral Mandarin
banner paskah
09:42wib
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Inspektur Jenderal Istiono bakal memberi sanksi dua kali lipat kepada personelnya yang kedapatan meloloskan pemudik pada 6-17 Mei 2021 mendatang. Presiden Joko Widodo meminta semua anggota Kabinet Indonesia Maju dan pimpinan lembaga tinggi negara untuk tidak mengadakan acara buka puasa bersama di tengah pandemi virus corona (Covid-19).
Jika Temui Gejala Ini Pada Mobil, Saatnya Anda Perlu Ganti Aki

Kamis, 01-April-2021 17:18

Mekanik mengganti aki atau baterai mobil.
Foto : cashcarsbuyer.com
Mekanik mengganti aki atau baterai mobil.
9

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Aki adalah komponen yang penting pada sebuah mobil. Meskipun alternator mobil bisa memenuhi kebutuhan kelistrikan mobil saat mesin menyala, aki wajib digunakan untuk menyalakan mesin.

Aki memang memiliki jangka waktu pemakaian, namun seringkali habis sendiri dan membuat mobil tidak menyala jika kurang dirawat.

Nah, ada beberapa gejala yang bisa digunakan untuk mengetahui kapan perlu ganti aki.

Seperti dikutip dari laman hyundaimobil.co.id, Kamis (1/4/2021), tiga hal ini dapat dijadikan petunjuk bahwa Anda perlu segera membeli aki baru agar tak ada masalah saat ingin berkendara, yaitu:

1. Starter Lebih Pelan

Ketika aki sudah mulai lemah, kemampuan menyalakan mobil pun berkurang. Hal ini bisa dirasakan ketika starter mobil terasa lebih lama dan suara motor starter tidak sekencang biasanya.

2. Indikator Aki

Aki seringkali memiliki indikator jika kekurangan setrum. Periksalah indikator tersebut untuk mengetahui kondisi aki bila tersedia.

3. Perhatikan Usia Aki

Aki memiliki usia. Pada aki kering, umumnya tahan hingga 2 tahun. Nah, untuk jadi patokan, bila usia aki sudah melebihi 2 tahun, jangan kaget jika anda menemui masalah mati aki mendadak dan mobil tak bisa digunakan.

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Irawan HP