Netral English Netral Mandarin
03:16wib
Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melarang kegiatan buka puasa bersama saat ramadan seiring dengan pandemi Covid-19. Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan melarang total operasi semua moda transportasi darat, laut, udara, kereta pada 6 Mei-17 Meri 2021.
Jika Tak Sengaja Mobil Diesel Diisi Bensin, Ini yang Harus Dilakukan Pertama Kali

Jumat, 02-April-2021 23:45

Ilustrasi pengisian BBM.
Foto : Business Recorder
Ilustrasi pengisian BBM.
14

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Mesin mobil umumnya terdiri dari dua jenis, yaitu yang menggunakan bahan bakar bensin dan mesin yang menggunakan bahan bakar diesel alias solar.

Pernahkah Anda mengalami kejadian salah mengisi jenis bahan bakar untuk kendaraan Anda? Misalnya mobil berbahan bakar solar malah diisi bensin.

Mungkin bukan Anda sendiri yang melakukan kesalahan tersebut. Namun, peluang untuk salah isi bahan bakar bisa terjadi. Misal, jika mobil kesayangan Anda dipinjam orang lain, seperti kerabat atau teman dekat.

Nah,  lalu bagaimana bila tangki bahan bakar mobil anda terlanjur terisi dengan bakar yang tidak sesuai?

Satu-satunya tindakan yang harus dilakukan adalah sebisa mungkin kuras bensin dari tangki serta sistem bahan bakar. Demikian seperti dikutip dari laman hyundaimobil.co.id, Jumat (2/4/2021).

Untuk diketahui, diesel dan bensin merupakan bahan bakar yang memiliki sifat yang sangat berbeda.

Bensin sangat mudah terbakar, sedangkan diesel cenderung sulit terbakar karena perlu tekanan dan suhu ekstrem.

Jika mesin diesel misalnya kemasukan bensin ke tangkinya, maka tangki tersebut dan bensin sudah tercemar oleh bensin.

Mengurasnya pun harus total dan pastikan tak ada sedikitpun bensin di tangki.

Namun jika mesin sudah terlanjur dinyalakan dengan bahan bakar yang salah, pekerjaan yang dilakukan pun akan jadi lebih berat.

Anda harus menguras dan membersihkan sistem bahan bakar juga seperti fuel pump, jalur, dan bahkan injektor. Kerusakan lebih jauh mungkin terjadi pada mobil Anda.

Untuk itu, pastikan anda telah mengingatkan untuk mengisi bahan bakar dengan jenis yang benar saat kendaraan anda dipinjam kerabat atau teman dekat. 

Namun, jika sudah terisi dengan bahan bakar yang salah, segera hubungi bengkel atau mekanik secepatnya untuk membantu anda mengatasi masalah.

 

 

 

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Irawan HP