Netral English Netral Mandarin
banner paskah
18:41wib
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem mulai Rabu (14/4) hingga Kamis (15/4). Cuaca ekstrem ini diakibatkan Siklon Tropis Surigae. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyebut semua komponen utama yang digunakan dalam pengembangan Vaksin Nusantara diimpor dari Amerika Serikat.
Jepang Diguncang Gempa 7,2 Magnitudo, Sebabkan Tsunami Setinggi 1 Meter 

Sabtu, 20-Maret-2021 18:02

Seorang staf perpustakaan mencoba merapikan buku - buku yang berjatuhan dari rak akibat gempa bumi kuat di Kota Iwaki di Iwaki, Prefektur Fukushima, Jepang 14 Februari 2021
Foto : Antara/Reuters
Seorang staf perpustakaan mencoba merapikan buku - buku yang berjatuhan dari rak akibat gempa bumi kuat di Kota Iwaki di Iwaki, Prefektur Fukushima, Jepang 14 Februari 2021
10

TOKYO, NETRALNEWS.COM - Gempa kuat mengguncang wilayah pantai timur laut Jepang pada Sabtu (20/3/2021) dan menghantam wilayah yang pernah hancur akibat bencana 2011 serta menyebabkan tsunami setinggi satu meter, demikian dilaporkan stasiun penyiaran NHK.

Gempa melanda pantai Prefektur Miyagi pada pukul 18.26 waktu setempat dan memiliki kekuatan 7,2 magnitudo pada kedalaman 60 km, kata Badan Meteorologi Jepang.

Perusahaan Tohoku Electric Power menghentikan kegiatan pembangkit nuklir Onogawa dan sedang memeriksa gangguan lainnya, lapor NHK. 

Sementara itu, perusahaan Tokyo Electric Power sedang memeriksa kondisi pembangkit listrik Fukushima Dai-Ichi, yang hancur akibat gempa dahsyat Maret 2011 hingga menyebabkan krisis nuklir dan evakuasi massal.

Tayangan video NHK dari biro Sendai memperlihatkan sebuah plakat yang menggantung di langit-langit bergoyang selama sekitar 30 detik akibat gempa. 

Gempa dapat dirasakan hingga ke Tokyo, yang berjarak 400 km bagian selatan dari pusat gempa.

NHK memperingatkan masyarakat agar menjauhi pantai.

Reporter : Nazaruli
Editor : Nazaruli