Netral English Netral Mandarin
banner paskah
19:15wib
Isu reshuffle kabinet kian mengemuka pasca rencana penggabungan Kemenristek ke dalam Kemendikbud. Satgas Penanganan Covid-19 memastikan pengembangan vaksin Merah Putih tetap berjalan dan tidak terpengaruh peleburan Kemenristek dengan Kemendikbud.
Jarang yang Mengenal Tanaman Meniran, Ini Fakta Manfaatnya

Kamis, 11-Maret-2021 17:40

  Jarang yang Mengenal Tanaman Meniran, Ini Fakta Manfaatnya
Foto : Fimela
Jarang yang Mengenal Tanaman Meniran, Ini Fakta Manfaatnya
23

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Tak banyak orang yang mengenal pohon meniran, ternyata banyak mengandung manfaat kesehatan. Diantaranya adalah adalah mampu menurunkan risiko asam urat dan batu ginjall, mengatasi dan menurunkan risiko terkena hipertensi.,mencegah berbagai penyakit kulit yang dapat memicu komplikasi lain., hint engatasi rasa nyeri akibat peradangan sendi.

Rasa herba ini agak pahit, manis, bersifat sejuk, astrigen. Meniran mampu membersihkan hati, antiradang, meredakan demam (antipiretik), meluruhkan kencing (diuretik), meluruhkan dahak, meluruhkan haid, memperjelas penglihatan, dan menambah nafsu makan

Dilansir dari berbagai sumber termasuk jamudigital, Meniran (Phyllantus) adalah tanaman liar yang sudah lama digunakan sebagai ramuan obat herbal tradisional. Bagian meniran yang dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan adalah daun dan akarnya. Tanaman ini sendiri memiliki dua jenis, yaitu meniran hijau (Phyllantus niruri) dan merah (Phyllantus urinaria).

Daun meniran dapat ditemukan di negara tropis. Memiliki tinggi sekitar 50 cm dan bentuk daun yang kecil-kecil, sekilas tanaman ini terlihat seperti putri malu.

Baca Juga :

Daun meniran. (Dok: Lemonilo)

Manfaat Meniran

Tanaman meniran dipercaya mampu mencegah dan mengobati berbagai masalah kesehatan. Selain itu, meniran bermanfaat sebagai imunomodulator, yakni zat yang dapat mengoptimalkan sistem imun dan respons sel. Meniran juga diyakini efektif dalam mencegah beberapa penyakit karena adanya zat flavonoid dan alkaloid sebagai antioksidan.

Tanaman meniran bisa ditemukan dalam bentuk suplemen. Batang daun dan akar meniran ini juga bisa dikonsumsi langsung, biasanya ditambahkan ke dalam minuman seperti teh. Daun meniran yang ditumbuk dapat diaplikasikan pada luka dan ruam kulit.

Efek Samping Meniran

Pada dasarnya, konsumsi meniran secara oral dan dalam jangka waktu pendek (sekitar 3 bulan) dapat dikatakan aman. Meskipun begitu, pada beberapa orang konsumsi meniran yang berlebihan dapat menimbulkan efek samping seperti nyeri saat buang air kecil, darah pada urin, mual, sakit perut, diare, sampai reaksi alergi.

Khusus untuk wanita hamil dan menyusui, konsumsi meniran tidak dianjurkan karena dapat meningkatkan risiko berat badan bayi lahir rendah. Orang yang memiliki gangguan perdarahan atau habis menjalani operasi, serta penderita diabetes sebaiknya berhati-hati dalam mengonsumsi meniran ini karena bisa menimbulkan masalah kesehatan. Orang yang memiliki masalah autoimun juga perlu berhati-hati dalam mengonsumsi meniran.

Oleh karena itu, sebelum mengonsumsi meniran, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter Anda. Jovee bisa membantu merekomendasikan suplemen meniran sesuai dengan keluhan penyakit, riwayat kesehatan, dan gaya hidup Anda setiap harinya. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan manfaat terbaik dari menir

Reporter : Sulha
Editor : Sulha Handayani