Netral English Netral Mandarin
banner paskah
17:36wib
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Inspektur Jenderal Istiono bakal memberi sanksi dua kali lipat kepada personelnya yang kedapatan meloloskan pemudik pada 6-17 Mei 2021 mendatang. Presiden Joko Widodo meminta semua anggota Kabinet Indonesia Maju dan pimpinan lembaga tinggi negara untuk tidak mengadakan acara buka puasa bersama di tengah pandemi virus corona (Covid-19).
Jangan Bawa HP Saat ke Toilet, Ini Dampaknya Bagi Kesehatan!

Senin, 08-Maret-2021 12:00

Main HP di toilet.
Foto : carney.co
Main HP di toilet.
18

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Apakah Anda sering membawa Hand Phone (HP) alias gawai saat ke toilet? Jika ya, sebaiknya kebiasaan itu dihentikan mulai dari sekarang. Pasalnya, menggunakan HP saat tengah berada di toilet adalah sebuah ide yang buruk.  

Kebiasaan menggunakan HP saat berada di toilet mungkin sudah menjadi hal yang biasa bagi kebanyakan orang. Di era internet yang merajalela, misalnya saja mengintip berita selebriti hingga menguntit media sosial mantan kekasih saat berada di toilet.

Meskipun menggunakan HP di toilet adalah membuang-buang waktu, itu adalah kebiasaan menjijikkan yang dapat mengacaukan fungsi tubuh dan kesehatan Anda secara keseluruhan. 

Pertama, terbukti bahwa menggunakan HP di toilet dapat mengacaukan respon tubuh Anda terhadap waktu buang air. Anda tahu, Anda seharusnya tidak duduk di toilet selama lebih dari 10 menit atau lebih. Duduk di toilet lebih dari 10 menit bisa mengganggu proses buang air besar tubuh. 

Tubuh Anda menjadi bingung tentang apa yang seharusnya dilakukan, yang dapat menyebabkan masalah medis di kemudian hari. Hal ini juga dapat menyebabkan sembelit, karena tubuh Anda terbiasa bekerja dengan jangka waktu yang sangat lama dan tidak wajar di kamar mandi. 

Selain itu, sesi menggunakan toilet dengan santai misalnya selama 30 menit dapat menyebabkan wasir. Wasir pada dasarnya adalah pembuluh darah yang meradang di dekat lubang pantat Anda yang bisa mengeluarkan darah dan akan sangat gatal dan nyeri. 

Masalah tambahan terjadi pada otot panggul Anda karena duduk di toilet terlalu lama, yang dapat membuat buang air besar jauh lebih sulit dari yang seharusnya. Jika Anda tidak ingin mengembangkan masalah buang air besar di hari tua, sebaiknya Anda menjauhi HP saat ke toilet. 

Toilet  dan terutama toilet umum adalah tempat pembuangan kotoran yang menjijikkan. Hal-hal seperti E. Coli, Salmonella, Norovirus, MRSA dan Hepatitis A semuanya dapat ditemukan di toilet umum, seperti dilansir dari laman The Rooster, Senin (8/3/2021).

Tentu saja patogen ini dapat menemukan jalannya ke HP Anda. Hal ini membuat semua orang yang menggunakan ponselnya di kamar mandi rentan terhadap beberapa penyakit yang cukup serius.

Selain itu, menyiram toilet memicu ledakan partikel kotoran yang mengirimkan kumpulan bakteri ke udara kamar mandi. Ledakan feses dari toilet yang disiram ini adalah salah satu dari banyak alasan orang mengatakan Anda tidak boleh menyimpan sikat gigi di tempat terbuka di kamar mandi Anda, karena mungkin tercakup dalam partikel tinja di udara. Jadi ada kotoran yang beterbangan di udara kamar mandi. Secara harfiah. Seperti, partikel kotoran yang sebenarnya berputar-putar di udara. 

Anda tahu apa yang terjadi dengan partikel-partikel kotoran itu? Mereka berakhir di HP Anda, yang kemudian akan Anda gunakan.

Meskipun menggunakan ponsel di kamar mandi tidak merusak usus atau menyebabkan Anda tertular virus perut, Anda mungkin akan menjatuhkan ponsel di toilet seperti orang bodoh. Menurut sebuah penelitian, 19 persen orang pernah menjatuhkan ponselnya di toilet. 

Tidak ada yang menginginkan itu. Jadi ya, berhentilah menggunakan HP Anda di kamar mandi. Ini membuat buang air besar lebih sulit untuk diri Anda sendiri, dapat menyebabkan Anda tertular virus  dan kebiasaan tersebut telah dicap menjijikkan. 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Irawan HP