Netral English Netral Mandarin
banner paskah
01:51wib
Manchester City melewatkan kesempatan mengunci gelar juara Liga Inggris musim ini seusai menderita kekalahan dari Chelsea, Sabtu (8/5/2021) malam WIB. Potongan surat perihal penonaktifan 75 pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang tidak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK) beredar.
Jadi Official Partner Country Hannover Messe 2021, Menperin: Indonesia-Jerman Ibarat Nakula-Sadewa

Sabtu, 10-April-2021 22:45

Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perindustrian (Menperin).
Foto : Kemenperin
Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perindustrian (Menperin).
9

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Indonesia menjadi official partner country Hannover Messe 2021: Digital Edition yang digelar pada 12-16 April 2021. Peluang strategis ini tak lepas dari kerja sama yang terjalin antara Indonesia dengan Jerman.

“Jerman merupakan salah satu mitra ekonomi terpenting Indonesia di Eropa. Hubungan diplomatik kedua negara telah ada sejak 1952,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Sabtu (10/4/2021).

Ia mengibaratkan Indonesia dan Jerman sebagai tokoh kembar pewayangan Nakula-Sadewa dalam pelaksanaan Hannover Messe 2021: Digital Edition ini.

Kedua tokoh tersebut mencerminkan “kekembaran” kedua negara, Indonesia dan Jerman, yang aktif menjalin kerja sama erat dan komprehensif. “Karakter ini juga menyimbolkan kerja sama yang sangat baik. Mereka juga merupakan karakter berintelektual tinggi, dan yang tidak kalah penting, andal di bidangnya (mahir memanah),” jelasnya.

Menperin optimistis, penguatan sinergi Indonesia dan Jerman, khususnya di sektor industri, akan memacu pemulihan ekonomi nasional saat ini di tengah dampak pandemi Covid-19.

“Kolaborasi kedua negara ini salah satunya diwujudkan melalui pelaksanaan Hannover Messe sebagai ajang pameran teknologi industri ternama di dunia,” terangnya.

Sementara itu, pada tahun 2023 nanti, Indonesia kembali dipercaya menjadi official partner country pada perhelatan tersebut. “Harapannya, kondisi pada 2023 sudah kembali seperti semula sehingga pameran bisa diselenggarakan di Hannover. Hal ini merupakan hasil dari hubungan diplomatik yang kuat, dan tentunya hasil dari kerja keras seluruh pihak, seperti Kementerian Luar Negeri melalui Duta Besar RI di Jerman,” papar Agus, dalam siaran pers Kemenperin.

Rencananya, Presiden RI Joko Widodo dan Kanselir Jerman Angela Merkel akan meresmikan secara live pada pembukaan Hannover Messe 2021 Digital Edition, tanggal 12 April 2021.

Saat ini, terdapat sekitar 252 proyek investasi Jerman di Indonesia dengan nilai sekitar 128 juta dolar AS. Proyek investasi Jerman di Indonesia tersebut masih didominasi sektor-sektor perdagangan, pendidikan, hotel dan restoran, industri logam dasar, barang logam, mesin dan elektronik, serta industri kimia dasar, barang kimia dan farmasi.

 

Reporter :
Editor : Irawan HP