Netral English Netral Mandarin
banner paskah
10:17wib
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberi peringatan kepada sembilan provinsi untuk bersiap siaga dari potensi hujan petir disertai angin kencang yang akan terjadi hari ini. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menambah jalur yang bakal disekat oleh kepolisian selama masa larangan mudik Lebaran pada 6 hingga 17 Mei 2021 mendatang.
Inilah Obyek Wisata Magelang yang Paling Hits Akhir Tahun Ini

Selasa, 29-December-2020 23:10

Pemandangan Punthuk Setumbu
Foto : Netralnews/Sulha
Pemandangan Punthuk Setumbu
20

MAGELANG, NETRALNEWS.COM - Masih bingung memilih tempat untuk liburan akhir tahun? Wisata Magelang perlu menjadi perhitungan. Mendengar kata Magelang, maka yang terlintas adalah candi, hawa sejuk, makanan enak, jauh dari keramaian dan kota yang bersih.

Anda tidak salah, Magelang memang menyimpan segudang kenyamanan termasuk tempat wisatanya yang ramah lingkungan.

Jika Anda ke kota Magelang hangat lewatkan mengelilingi keindahan sekitar Borobudur. Anda bakal menemukan tempat belajar membatik, galeri lukisan Dedi Paw, penginapan yang sangat terjangkau di desa wisata.Berikut inilah tempat wisata paling hits di Magelang untuk akhir tahun yang wajib Anda datangi;

Gardu Pandang Silancur

Menikmati lanskap Magelang dari ketinggian di Gardu Pandang Silancur merupakan pilihan tepat saat Anda berada di Malang. Menyeruput kopi di sini memiliki kenikmatan tersendiri.

Sebelumnya tempat ini hanya digunakan untuk menanam sayuran saja, hingga akhirnya Sujarwo memiliki anggapan kalau tempat itu memiliki daya tarik tersendiri. Sujarwo mendapatkan inspirasi dari banyaknya gardu pandang yang sudah ngetrand dan menjadi tempat favorit di kawasan Magelang yang lain seperti di daerah Borobudur, Windusari, Sawangan, dan sebagainya. Jadilah anak dari Sujarwo yang kala itu masih berumur 20 tahun, bersama dengan bapaknya berusaha mencari bambu untuk membuat sebuah menara.

Perjuangan yang sangat keras sekali, mengingat dibutuhkan ratusan batang bambu yang ditegor (dipotong) dari bawah dan dibawa ke atas bukit. Rencana menara yang akan dibuat memiliki tinggi 10 meter, yang akan diletakkan tepat di atas bukit. Menurut kabar telik sandi yang beredar, sengaja dibuat 10 meter agar ketika mata memandang dari atas menara tidak terhalang pepohonan yang ada di bawahnya

Omah Mbudur

Di Omah Mbudur, beragam kegiatan bisa diset menarik saat wisatawan datang berombongan, mulai dari menonton seni pertunjukan, menikmati kuliner khas, belajar menari dan musik, kaligrafi, sampai wisata kriya, belajar membatik, membuat miniatur candi dan aneka miniatur lain untuk gantungan kunci.

Petualangan di Omah Mbudur bisa dikemas tanpa menginap atau pun dengan menginap. Pilihan menginapnya beragam, homestay atau camping. Harga homestay yang tersebar di rumah penduduk mulai Rp150 ribu hingga Rp600 ribu. Untuk tenda Rp50 ribu per malam dengan kapasitas tiga orang. Jika menginap di Omah Mbudur, cobalah set menu masakah tradisional yang juga jadi ciri khas, di antaranya Bakmi Magelangan, Iwak (ikan) Kali, dan Sayur Lodeh yang sedap.

Desa Bahasa

Desa Bahasa Borobudur lokasinya hanya sekitar 10 menit dari Candi Borobudur. Tempat ini menawarkan belajar Bahasa Inggris dengan cara menyenangkan. Sembari belajar, anak-anak bisa melakukan wisata edukasi selama libur sekolah, sekaligus tinggal bersama ‘orangtua asuh’ di rumah-rumah penduduk..

Hani Sutrisno, pemilik dan pengelola Desa Bahasa Borobudur menerapkan metode belajar unik dan efektif tanpa meninggalkan kurikulum di sekolah. Bahasa Inggris diajarkan dengan logika dan dengan cara yang santai dalam setiap perjalanan wisata dan kegiatan sehari-hari. Hasilnya, 10 hari di Desa Borobudur dijamin menyamai belajar Bahasa Inggris selama 3 tahun di sekolah.

Petualangan Jeep

Berpetualang dengan mobil jeep bisa jadi pilihan yang memunculkan kenangan mendalam. Menikmati udara pedesaan di atas jeep terbuka, berpetualang di jalan-jalan desa, tanjakan pegunungan, menyeberang sungai, dan mampir ke berbagai objek wisata mengesankan. Tersedia beberapa paket wisata yang bisa dipilih sesuai dengan minat dan kebutuhan.

Naik VW Berkeliling Desa

Berkeliling desa menggunakan VW jadul. (NNC/Sulha Handayani)

Naik mobil jadul VW tentu memiliki keasyikan tersendiri. Apalagi mengelilingi desa-desa dan sawah hijau.

Ah, ini akan menjadi pengalaman menyenangkan, baik dilakukan bersama teman mau pun keluarga. Menikmati udara segar Magelang di atas mobil VW dengan kap terbuka atau ditutup sesuai kebutuhan. Mobil-mobil VW menawarkan beragam paket. Ada pilihan wisata edukasi belajar batik, gerabah, industri madu rumahan, membuat tahu, hingga belajar menari dan gamelan.

Ada juga Paket Jelajah Desa dan Paket Sunrise yang dimulai pukul 4.00 WIB dengan beberapa tujuan, antara lain Punthuk Setumbu, Gereja Ayam, dan Pereng Nduwet.

Delman Istimewa

Rasakan pengalaman menelusuri jalanan desa di Kecamatan Borobudur. Berhentilah di mana pun suka untuk mengambil gambar atau sekadar minum kopi, membuat keramik, membatik, melihat peternakan madu tradisional, dan masih banyak lagi. Silakan juga belanja langsung batik dan kerajinan di workshop-workshop yang dikelola penduduk.

Candi Borobudur

Tempat wisata wajib dikunjungi selama di Magelang adalah Candi Borobudur yang merupakan salah satu situs keajaiban dunia yang ada di Indonesia dan candi ini merupakan salah satu harta peninggalan. Candi Borobudur sangat bagus dan membuat Anda yang belum pernah datang ke sana harus mengunjungi tempat wisata candi ini.

Tempat Candi Borobudur ini berada di Provinsi Jawa Tengah, tepatnya di Kabupaten Magelang. Objek wisata ini menjadi sangat terkenal karena nilai sejarah yang dimilikinya.

Tidak hanya tentang struktur bangunan yang dapat dilihat secara visual saja, namun di belakangnya juga terdapat banyak cerita kerajaan. Sehingga tempat wisata ini selalu banyak dikunjungi oleh wisatawan, baik asing maupun lokal. Seiring berjalannya waktu, tempat wisata Candi Borobubudur terus melengkapi seluruh fasilitas pendukung yang diharapkan dapat dimanfaatkan oleh pengunjung.

Gunung Telomoyo

Menghabiskan waktu bersama sahabat di akhir pekan sangat menyenangkan, apalagi kalau pilihannya berwisata alam seperti ke Gunung Telemoyo. Keindahan dari Gunung Telomoyo yang berada di wilayah kota ini sangat menarik untuk dikunjungi. Gerbang masuk menuju Telomoyo berada di Dusun Dalangan, Desa Pandean, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang.

Ke Gunung Telomoyo bisa dijangkau dengan sepeda motor maupun jalan kaki, dan berwisata ke Gunung Telomoyo terbaik adalah saat pagi atau sore hari. Ketika menikmati sunrise atau sunset di sana, dijamin rasa letih dan penat sekaligus hilang seketika. Maka dari itu, gunung ini lebih sering disebut sebagai Gunung Pemancar.

Punthuk Setumbu

Bagi pecinta wisata alam tidak ada salahnya jika menghabiskan waktu di Magelang bisa mampir ke Bukit Punthuk Setumbu yang indah pemandangannya. Daerah ini merupakan salah satu spot terbaik untuk menikmati keindahan sunrise dengan latar Gunung Merapi-Merbabu.

Rumah Doa Bukit Rhema

Tak jauh dari Punthuk Setumbu ada Rumah Doa Bukit Rhema atau yang lebih dikenal dengan nama Gereja Ayam, meski sebenarnya bentuk bangunan itu dimaksudkan sebagai gambaran Burung Merpati.

Dari tempat ini, Anda juga dapat menikmati megahnya Candi Borobudur di pagi hari yang tertutup lautan kabut. Tak heran jika Punthuk Setumbu menjadikan lokasi ini sebagai tempat untuk menyaksikan sunrise bagi wisatawan asing dan juga spot favorit para fotografer. Eksotisme pemandangan mentari yang terbit di pagi hari selalu menjadi magnet yang menarik banyak wisatawan.

Gereja Ayam terletak di Dusun Gombong, Desa Kembanglimus, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Tempat ini banyak didatangi wisatawan setelah menjadi salah satu lokasi syuting film AADC 2, tepatnya di mahkota bangunan, tempat wisatawan bisa melihat pemandangan lepas dari ketinggian. Menelusuri Gereja Ayam cukup mengasyikan, memasuki lorong-lorong yang memiliki kamar-kamar doa untuk semua agama, hingga tiba di bagian atas berupa kafe, tempat menyeruput kopi, teh, atau menikmati kudapan di ketinggian. Selain itu, ada tangga menuju bangunan berbentuk mahkota terbuka yang kerap dijadikan objek foto.

Gunung Andong

Wisata Gunung Andong ini menjadi tempat pendakian favorit bagi para wisatawan tidak hanya warga Magelang sekitar namun banyak dari berbagai daerah. Keindahan panorama Gunung Andong membuat para wisatawan rela berulang kali mendaki salah satu gunung di Jawa Tengah ini.

Maka, pada akhirnya wisata Gunung Andong merupakan salah satu tempat wisata favorit akhir pekan yang sangat menyenangkan dan mengasyikan. Bila Anda sudah di puncak gunung ini, maka Anda bisa melihat pemandangan gunung yang ada di sekitar tempat ini, seperti Gunung Merbabu, Merapi, Tidar, Telomoyo, dan sebagainya.

Punthuk Kendil

Objek wisata Punthuk Kendil adalah sebuah tempat wisata di Magelang yang berada diketinggian. Destinasi wisata ini banyak menawarkan keindahan alam. Punthuk Kendil mirip dengan Punthuk Sukmojoyo dan Punthuk Mongkrong, Punthuk Kendil juga tidak lain hasil dari pengelolaan dataran tinggi.

Meskipun tujuan dari banyaknya punthuk yang ada di Magelang adalah untuk melihat keindahan sunrise, tetapi setiap punthuk-nya pasti memiliki karakter lokasi. Karakter Punthuk Kendil ini menarik wisatawan dan Punthuk Kendil ini terletak di Dusun Kamal, Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Posisi Punthuk Kendil ini masih berada satu deretan dengan spot sunrise lainnya seperti Punthuk Sukmojoyo dan Punthuk Mongkrong.

Air Terjun Grenjengan Kembar

Magelang memiliki wisata air terjun yang sangat menarik dan objek wisata air terjun ini jadi salah satu kebanggaan yang dimiliki oleh warga Magelang. Keindahan alam dan ketenangan menjadikan wisata ini menjadi tempat favorit. Lokasi air terjun ini memang berada di hutan yang didominasi oleh pohon pinus dan bambu yang rindang. Hutan tersebut masih termasuk dalam bagian Taman Nasional Gunung Merbabu.

Tak heran jika udara di sana selalu sejuk dan segar. Untuk sampai ke lokasi air terjun, Anda harus berjalan sekitar 10-20 menit dari pintu masuk, setelah masuk Anda akan disapa dengan pemandangan air terjun yang sejuk.

Air Terjun Kedung Kayang

Magelang memiliki pesona Air Terjun Kedung Kayang yang terletak di antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, berada di 950 meter di atas permukaan air laut. Lokasi Air Terjun Kedung Kayang terletak di antara Kabupaten Magelang dan Boyolali. Tinggi air terjun Kedung Kayang sekitar 40 meter, dan air terjun ini sangat deras dan cukup dingin.

Air Terjun Kedung Kayang terletak beberapa kilometer dari Ketep Pass. Untuk menuju air terjun ini tidaklah sulit, selain mudah dijangkau dan tidak terlalu jauh, kondisi jalanannya pun cukup lebar dan sudah tertata sehingga sangat bisa untuk dilalui roda 4.

Jembatan Gantung Mangunsuko

Objek wisata di Jembatan Gantung Mangunsuko ini menjadi andalan destinasi wisata yang favorit bagi masyarakat Magelang dan wisatawan luar daerah. Jembatan gantung yang memiliki panjang 120 meter tersebut menghubungkan Desa Mangunsuko dan Desa Sumber yang dipisahkan oleh Sungai Senowo. Jembatan Gantung Mangunsuko menjadi tempat yang favorit bagi para pemburu foto seperti fotografer karena di tempat inilah hasil foto bisa menjadi keren. Di tempat ini kita bisa memanfaatkan dan meng-eksplore keindahan objek wisata dengan mengabadikan foto bersama keluarga.

Bukit Grenden

Bukit Grenden merupakan hutan pinus, Bukit Grenden salah satu spot wisata hutan pinus di Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang. Bukit ini adalah tempat wisata terletak di lereng Gunung Merbabu, Grenden merupakan alternatif gerbang menuju pendakian Gunung Merbabu.

Lokasinya masih satu jalan dengan Top Selfie Kragilan. Jika Anda dari Ketep Pass, lokasinya sebelum Top Selfie Kragilan, terletak di lereng Gunung Merbabu. Tempat ini selalu menjadi tempat yang ramai dikunjungi dan menjadi tempat yang pas untuk berwisata alam terbuka di akhir pekan.

Taman Kyai Langgeng

Taman Kyai Langgeng berlokasi di Jalan Cempaka Nomor 6, Kota Magelang. Taman Kyai Langgeng tak jauh dari pusat perbelanjaan Artos Magelang. Taman ini buka setiap hari dan tempat wisata yang satu ini adalah sebuah taman rekreasi berbasis edukasi untuk buah hati dan keluarga.

Di tempat ini terdapat berbagai fasilitas dan beragam wahana permainan seru yang bisa Anda coba di objek wisata Magelang ini. Fasilitas di sini terbilang cukup lengkap memberikan kenyamanan para wisatawan yang datang berkunjung ke lokasi ini.

Reporter : Sulha
Editor : YC Kurniantoro