Netral English Netral Mandarin
banner paskah
01:09wib
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Inspektur Jenderal Istiono bakal memberi sanksi dua kali lipat kepada personelnya yang kedapatan meloloskan pemudik pada 6-17 Mei 2021 mendatang. Presiden Joko Widodo meminta semua anggota Kabinet Indonesia Maju dan pimpinan lembaga tinggi negara untuk tidak mengadakan acara buka puasa bersama di tengah pandemi virus corona (Covid-19).
Inilah Cara Tepat Membeli Mobil Bekas dalam 10 Langkah

Rabu, 24-Maret-2021 13:30

Ilustrasi membeli mobil bekas.
Foto : freepik.com
Ilustrasi membeli mobil bekas.
16

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Membeli mobil bekas yang tepat bisa dianggap sebagai sebuah tantangan. Apalagi jika melakukannya untuk yang pertama kalinya dan bahkan anda tidak mengerti soal mesin mobil sama sekali.

Tentu Anda tidak ingin akhirnya menyesal karea "salah beli". Anda butuh panduan untuk beli mobil bekas.

Nah, berikut ini ada sejumlah cara yang bisa membantu Anda untuk menemukan mobil bekas yang tepat, sesuai kebutuhan, dan tak akan membuat Anda menyesal atas keputusan yang telah diambil.

Dikutip dari laman edmunds.com, Rabu (24/3/2021), inilah 10 langkah dalam membeli mobil bekas, yaitu:

1. Berapa Banyak Mobil Yang Bisa Anda Miliki?

Aturan praktis: Jika Anda mengambil pinjaman untuk membayar mobil Anda, pembayaran mobil Anda tidak boleh lebih dari 20?ri gaji yang dibawa pulang. Jika Anda berpegang pada anggaran yang ketat, Anda mungkin ingin membelanjakan lebih sedikit.

Ketahui bahwa mobil bekas akan membutuhkan perhatian ekstra dari waktu ke waktu: ban baru, perawatan dan sejenisnya.

Dan kemudian ada biaya kepemilikan lainnya yang terkadang dilupakan pembeli, seperti bahan bakar dan asuransi.

Jika mobil yang akan Anda beli tidak bergaransi, mungkin ada baiknya untuk menyisihkan dana "untuk berjaga-jaga" untuk menutupi perbaikan yang tidak terduga.

2. Buat Daftar Target Kendaraan Bekas

Ada mobil merek tertentu yang mungkin harganya lebih mahal dari merek lain meski memiliki spesifikasi sebanding. Untuk itulah anda perlu menentukan target.

Jika Anda ingin menghemat uang, pertimbangkan lebih dari satu merek. Edmunds menyarankan untuk membuat daftar tiga mobil yang memenuhi kebutuhan Anda dan sesuai dengan anggaran Anda.

3. Periksa HargaHarga didorong sebagian oleh tempat Anda berbelanja. Anda akan menemukan mobil bekas di bagian mobil bekas di dealer mobil baru, tempat mobil bekas independen, pengecer mobil bekas, dan juga situs web.

Dari keempatnya, mobil pribadi biasanya memiliki harga jual paling rendah. Mobil bekas dari dealer resmi biasanya paling mahal.

4. Cari Mobil Bekas untuk Dijual di Daerah AndaUntuk menemukan mobil yang diinginkan dengan tepat, Anda dapat memfilter pencarian berdasarkan banyak faktor, termasuk jarak tempuh pada odometer mobil, harga dan fiturnya, serta jarak dealer dari Anda. Gunakan situs web untuk pasar mobil bekas lainnya yang disebutkan untuk menghemat waktu.

5. Periksa Laporan Sejarah KendaraanKecuali Anda membeli mobil dari teman dekat atau anggota keluarga yang dapat menjamin sejarahnya, rencanakan untuk mendapatkan laporan riwayat kendaraan.

Langkah awal ini penting. Jika mobil yang Anda lihat memiliki laporan sejarah yang buruk, semakin cepat Anda mengetahuinya semakin baik.

6. Hubungi PenjualBegitu Anda menemukan mobil prospektif yang bagus, jangan sampai kehabisan untuk melihatnya. Hubungi penjualnya terlebih dahulu. Langkah ini adalah cara terbaik untuk menjalin hubungan dengan penjual dan memverifikasi informasi tentang mobil.

Anda dapat bertanya kepada penjual pihak swasta mengapa mereka berpisah dengan mobil atau apakah ada masalah mekanis.

Dan jika Anda membeli dari dealer, lewat telepon adalah cara terbaik untuk memastikan stok mobil masih ada.

Terkadang penjual menyebutkan sesuatu yang tidak ada di iklan yang mungkin mengubah keputusan Anda untuk membeli mobil.

Meski banyak yang tergoda untuk bernegosiasi bahkan sebelum melihat mobilnya, lebih baik menunggu. Begitu Anda melihatnya, Anda dapat mengaitkan tawaran Anda dengan kondisinya.

Jika semuanya berjalan dengan baik, buatlah janji untuk menguji coba mobil itu. Jika memungkinkan, lakukan pada siang hari. Sehingga memudahkan untuk melihat kondisi mobil.

7. Lakukan uji coba mengendarai MobilMenguji mobil bekas adalah cara terbaik untuk mengetahui apakah ini merek dan model mobil yang tepat untuk Anda.

Ini juga cara yang baik untuk menilai kondisi mobil khusus ini. Jadi singkirkan gangguan dan fokus pada mobil.

Berikut ini adalah daftar periksa Anda:Apakah mudah untuk keluar-masuk mobil tanpa membungkuk atau membenturkan kepala? Apakah ada cukup ruang kepala, ruang pinggul, dan ruang kaki? Ingatlah untuk juga memeriksa ruang di kursi belakang. Apakah posisi mengemudinya nyaman? Apakah Anda duduk terlalu rendah, terlalu tinggi atau pas di dalam mobil? Dapatkah Anda memiringkan atau men-teleskop roda kemudi agar lebih pas? Apakah kursinya nyaman? Apakah mudah disesuaikan? Apakah ada penyesuaian penyangga pinggang untuk pengemudi? Bagaimana dengan penumpang kursi depan?Apakah lampu mesin pemeriksa menyala? Jika demikian, periksalah masalah itu sebelum membeli.Bagaimana visibilitasnya? Periksa kaca spion dan kaca spion samping. Cari kemungkinan titik buta.Gunakan hidungmu. Apakah Anda mencium bau gas, minyak terbakar, atau apa pun yang salah?Periksa bannya. Berapa umur mereka? Apakah ada cukup tapak tersisa?Bagaimana remnya? Apakah mereka melakukan tugas menghentikan mobil? Apakah mereka mencicit?Buka kap mobilnya. Anda tidak perlu tahu banyak tentang mobil untuk melihat apakah ada yang salah. Jika ada sesuatu yang bocor, menguap, atau berlumuran minyak, inilah saatnya mengajukan pertanyaan.Apakah AC-nya dingin? Apakah lampu depan, lampu rem, dan indikator belok berfungsi? Uji mereka untuk memastikannya.Setelah test drive, tanyakan kepada pemilik atau dealer apakah Anda dapat melihat catatan servis. Ini akan menunjukkan kepada Anda apakah mobil telah melakukan pemeliharaan terjadwal tepat waktu.

8: Minta Mobilnya DiperiksaJika Anda menyukai mobil tersebut, pertimbangkan untuk meminta mekanik memeriksanya sebelum Anda membelinya. Pemeriksaan pra-pembelian dapat mengingatkan Anda akan masalah yang mungkin tidak Anda temukan sendiri. Ini investasi yang cerdas.

Penjual swasta mungkin akan mengizinkan Anda melakukan ini. Kebanyakan dealer mengizinkan Anda meminjam mobil untuk diperiksa oleh mekanik luar. Anda akan membayar untuk ini, tentu saja.

9. Negosiasikan Kesepakatan yang BaikApakah gagasan tentang "berbicara tentang angka" membuat Anda ketakutan? Seharusnya tidak. Negosiasi tidak harus menjadi pengalaman traumatis yang berlarut-larut.

Jika Anda beralasan dan memiliki rencana, kemungkinan besar Anda dapat membuat kesepakatan dengan cukup cepat dan mudah:

Tentukan sebelumnya berapa banyak yang akan Anda keluarkan untuk membeli mobil. Tetapi jangan mulai dengan nomor ini dalam diskusi Anda.

Buatlah penawaran pembukaan yang lebih rendah dari harga maksimum Anda, tetapi secara kasarnya berdasarkan penelitian harga rata-rata Anda yang dibayarkan pada Langkah 3.

Jelaskan bahwa Anda telah melakukan riset, sehingga Anda memiliki fakta untuk mendukung penawaran Anda.

Jika Anda dan penjual tiba pada harga yang menurut Anda bagus dan mendekati harga rata-rata yang dibayarkan, kemungkinan Anda dalam kondisi yang baik.

10. Selesaikan DokumenJika Anda membeli mobil dari pemilik perorangan, pastikan penjual menyerahkan tanda hak milik dengan benar kepada Anda. Penting untuk menutup kesepakatan dengan benar untuk menghindari kerepotan purna jual.

 

Reporter :
Editor : Irawan HP