Netral English Netral Mandarin
21:34wib
Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melarang kegiatan buka puasa bersama saat ramadan seiring dengan pandemi Covid-19. Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan melarang total operasi semua moda transportasi darat, laut, udara, kereta pada 6 Mei-17 Meri 2021.
Ini yang Harus dan Tidak Boleh Dilakukan Sebelum dan Sesudah Vaksinasi

Rabu, 10-Februari-2021 09:46

Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof dr Zubairi Djoerban SpPD
Foto : RS kramat128
Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof dr Zubairi Djoerban SpPD
10

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof dr Zubairi Djoerban SpPD ungkap, lima mitos dan fakta terkait "sebelum dan sesudah vaksinasi".

Pernyataan ini disampaikan, pasalnya ada beberapa pendapat yang salah tapi dianggap benar tentang pelaksanaan Vaksin Covid-19. Dia lantas memberi penjelasan terkait apa yang sebenarnya harus dan tidak boleh dilakukan sebelum dan sesudah divaksin.

"PENDAPAT: Setelah divaksinasi seseorang tidak akan menyebarkan virus korona, karena tubuhnya tidak mengandung virus yang bisa ditularkan.

YANG BENAR: Masih mungkin untuk menyebarkan virus," kata Prof Zubairi, dikutip dari cuitannya, Rabu (10/2/2021).

Ada pula pendapat bahwa sebelum divaksin sebaiknya mengonsumsi obat pereda nyeri agar rasa sakit akibat suntikan berkurang.

Kebenarannya, beberapa obat penghilang rasa sakit itu adalah antiperadangan, yang justru berpotensi mengurangi keefektifan suntikan.

"PENDAPAT: Seseorang tidak boleh olahraga sebelum divaksin.

YANG BENAR: Justru olahraga teratur itu sangat penting. Jangan salah kaprah," tegas dia.

Ada pendapat tentang penting mengonsumsi vitamin A, C dan D3, probiotik, sebelum divaksin, yang akan meningkatkan respons kekebalan tubuh terhadap vaksin.

Kebenarannya, respons kekebalan itu terjadi tak dalam waktu dekat. Pun, menjaga nutrisi kan sudah seharusnya karena bagus untuk tubuh.

Ada pula pendapat bahwa orang harus tidur nyenyak sebelum divaksin. Kebenarannya memang tidur nyenyak itu selalu bermanfaat. Jadi menurutnya istirahat cukup itu adalah ide bagus sebelum divaksin. 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Nazaruli