Netral English Netral Mandarin
banner paskah
16:38wib
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberi peringatan kepada sembilan provinsi untuk bersiap siaga dari potensi hujan petir disertai angin kencang yang akan terjadi hari ini. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menambah jalur yang bakal disekat oleh kepolisian selama masa larangan mudik Lebaran pada 6 hingga 17 Mei 2021 mendatang.
Ini Tips Menghilangkan Jerawat dengan Bahan Alami

Jumat, 01-January-2021 18:30

Ilustrasi wanita berjerawat.
Foto : Istimewa
Ilustrasi wanita berjerawat.
15

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Memiliki kulit wajah yang sehat tanpa jerawat merupakan dambaan banyak orang.

Jerawat bukanlah penyakit kulit yang berbahaya. Namun wajah yang berjerawat akan menurunkan tingkat kepercayaan diri baik wanita maupun pria.

Selain wajah, jerawat dapat tumbuh atau timbul di bagian tubuh lain, seperti bahu, lengan atas, dada, hingga punggung.

Untuk penanganan jerawat ini perlu kehati-hatian karena salah dalam penanganannya bisa membuat wajah menjadi kusam dan bahkan diwarnai noda hitam, termasuk bopeng-bopeng.

Sebenernya perawatan jerawat secara konvensional bisa dilakukan, tapi terkadang mahal dan seringkali memiliki efek samping yang tidak diinginkan, seperti kulit kering, kemerahan, dan iritasi.

Hal itu pun telah mendorong banyak orang untuk mencari cara mengobati jerawat secara alami.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami yang yang ada di sekitar kita.

1. Kompres dengan es batu

Penggunaan es batu selama ini dipercaya sebagian orang sebagai metode alami menghilangkan jerawat. Caranya pun cukup sederhana. Anda cukup mengompres bagian kulit berjerawat dengan es batu.

Dimana es batu mampu mengurangi peradangan pada kulit akibat wajah berjerawat. Lakukan cara ini hingga beberapa kali.

2. Oleskan cuka apel

Cuka sari apel dapat membantu menekan produksi minyak berlebih yang bisa menyebabkan jerawat.

Berikut cara menggunakan cuka apel untuk menghilangkan jerawat:

Campurkan 1 sendok makan cuka apel dengan 3 sendok air (gunakan lebih banyak air untuk kulit sensitif)

Setelah wajah dibersihkan, oleskan campuran cuka apel dan air tersebut ke kulit dengan lembut menggunakan bola kapas

Diamkan selama 5-20 detik, bilas dengan air dan keringkan

Ulangi proses ini 1-2 kali per hari, sesuai kebutuhan

Penting untuk dicatat bahwa mengoleskan cuka apel ke kulit dapat menyebabkan luka bakar dan iritasi, sehingga harus selalu digunakan dalam jumlah kecil dan diencerkan dengan air.

3. Lidah Buaya

Salah satu bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan jerawat adalah lidah buaya. Dimana kandungan Polifenol yang berperan sebagai pembasmi jerawat pada kulit ini mampu menghilangkan jerawat secara menyeluruh jika digunakan secara teratur. Caranya, Anda bisa mengambil gel yang terdapat di dalam lidah buaya, kemudian gunakan seperti masker. Diamkan selama 20 - 30 menit setelah itu bilas wajah dengan air bersih.

4. Masker Tomat

Jika kamu mengalami jerawat yang parah, coba gunakan masker yang terbuat dari tomat, karena mengandung asam salisilat yang dapat membantu menyerap minyak berlebih pada kulit wajah dan mengecilkan pori-pori. Kamu bisa membuat masker tomat sendiri dengan cara menghaluskan 1 buah tomat. 

Lalu, tempelkan tomat yang sudah halus ke wajah, dan diamkan selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu, bilas wajah dengan air hangat sampai bersih. Selain dengan cara itu, kamu juga bisa membeli produk masker tomat yang tersedia di apotik, tetapi harus mengikuti aturan pemakaiannya, ya. Kalau bingung, kamu bisa download aplikasi Halodoc dan gunakan untuk bertanya pada dokter kulit, kapan dan di mana saja. 

Selain dijadikan masker, ada juga teknik lain yang sering dilakukan sebagai cara menghilangkan jerawat dengan tomat, yaitu menggosok-gosokkan tomat langsung ke wajah. Meski belum ada bukti ilmiah yang memadai, diketahui bahwa kulit tomat memiliki kandungan antioksidan karotenoid yang dapat melindungi kulit dari kerusakan dan proses penuaan dini, serta mengurangi risiko terjadinya kanker kulit.

5. Madu dan Kayu Manis

Studi telah menemukan bahwa menerapkan antioksidan pada kulit lebih efektif dalam mengurangi jerawat daripada benzoil peroksida dan retinoid.

Antioksidan yang diteliti adalah vitamin B3, asam lemak linoleat (omega-6) dan natrium ascorbyl fosfat (SAP), yang merupakan turunan vitamin C.

Antioksidan spesifik ini tidak ditemukan dalam madu dan kayu manis, tetapi ada kemungkinan bahwa antioksidan lain yang terkandung di dalam dua bahan alami tersebut memiliki efek yang sama.

Madu dan kayu manis juga memiliki sifat antibakteri dan dapat mengurangi peradangan, yang merupakan dua faktor yang memicu jerawat.

Meski madu dan kayu manis terbukti memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan antibakteri yang bermanfaat bagi kulit berjerawat, tapi memang belum tersedia penelitian mengenai kemampuan dua bahan tersebut dalam mengobati jerawat.

Oleskan masker madu dan kayu manis, caranya:

Campurkan 2 sendok makan madu dan 1 sendok teh kayu manis bersama untuk membentuk bahan masker

Setelah wajah dibersihkan, oleskan masker ke wajah dan biarkan selama 10-15 menit

Bilas masker sampai bersih dan tepuk-tepuk wajah Anda sampai kering

6. Masker mentimun

Mentimun terbukti memiliki fungsi sebagai anti-inflamasi.

Itu sebabnya banyak orang telah menggunakan irisan mentimun untuk memerangi mata bengkak.

Mentimun juga dapat bekerja dengan baik untuk memerangi jerawat dan akan membantu mengurangi kemerahan.

Berikut cara menghilangkan jerawat dengan mentimun:

Kupas setengah mentimun dan potong-potong kecil

Blender mentimun

Tambahkan 2 sendok makan gel lidah buaya segar

Tambahkan 1/2 sendok teh sari lemon segar

Oleskan campuran tersebut pada kulit Anda dan biarkan selama 10-15 menit

Bilas dengan air hangat

7. Oleskan teh hijau

Teh hijau mengandung antioksidan yang sangat tinggi, dan meminumnya dapat meningkatkan kesehatan.

Memang belum ada penelitian yang mengungkap manfaat dari minum teh hijau ketika timbul jerawat, tetapi menerapkannya langsung ke kulit telah terbukti bia membantu.

Hal ini terjadi kemungkinan karena flavonoid dan tanin dalam teh hijau diketahui membantu melawan bakteri dan mengurangi peradangan, yang merupakan dua penyebab utama jerawat.

Antioksidan utama dalam teh hijau, yakni epigallocatechin-3-gallate (EGCG) telah terbukti bisa mengurangi produksi sebum, melawan peradangan dan menghambat pertumbuhan bakteri P. acnes pada individu dengan kulit yang cenderung berjerawat.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa menerapkan ekstrak teh hijau 2-3 persen pada kulit secara signifikan bisa mengurangi produksi sebum dan jerawat pada mereka yang berjerawat.

Berikut cara menghilangkan jerawat dengan teh hijau:

Seduh teh hijau dalam air mendidih selama 3-4 menit

Biarkan teh menjadi dingin

Menggunakan bola kapas, oleskan teh ke kulit atau tuangkan ke dalam botol semprot untuk disemprotkan

Biarkan mengering, lalu bilas dengan air dan keringkan

Anda juga bisa menambahkan sisa daun teh ke madu dan membuat masker

Meskipun tidak ada bukti bahwa minum teh hijau dapat melawan jerawat, beberapa penelitian menunjukkan itu mungkin masih bermanfaat.

Sebagai contoh, minum teh hijau telah terbukti menurunkan kadar gula darah dan insulin, yang merupakan faktor yang dapat berkontribusi pada pengembangan jerawat.

8. Putih Telur

Kandungan enzim lysonzim yang terdapat di dalam putih telur ternyata mampu digunakan sebagai bahan untuk menghilangkan jerawat secara ampuh. Caranya, Anda bisa pisahkan putih telur dari kuningnya. Anda bisa menambahkan air perasan lemon, kemudian oleskan secara merata pada wajah. Diamkan selama 15 - 20 menit kemudian bilas dengan air bersih.

9. Oleskan baking soda

Baking soda adalah obat alami yang terkenal untuk jerawat.

Sifat antiseptik yang dimiliki baking soda atau soda kue dapat membuatnya efektif dalam menghancurkan bakteri di kulit yang terkena jerawat.

Selain itu, baking soda memiliki fungsi pemulihan karena merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru.

Berikut cara menghilangkan jerawat secara alami dengan baking soda:

Campurkan soda kue dengan air dalam porsi yang sama untuk membentuk masker kental

Oleskan pasta pada kulit selama 30 menit

Bilas dengan air hangat

10. Air Lemon

Buah lemon yang memiliki kandungan asam askorbat ini sangat ampuh digunakan untuk menghilangkan jerawat membandel pada kulit Selain itu, buah ini juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat pada kulit. Caranya, ambil peras 1 buah lemon. Kemudian airnya bisa langsung dioleskan pada muka yang berjerawat. Tunggu 10 - 15 menit kemudian bilas dengan air bersih.

Demikianlah cara menghilangkan jerawat secara alami dengan bahan alami, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Reporter : Nazaruli
Editor : Nazaruli