Netral English Netral Mandarin
13:41wib
Hasil survei Indonesia Political Opinion (IPO) menunjukkan bahwa lebih dari 90 persen masyarakat setuju sekolah dan rumah ibadah dibuka kembali meski masih di tengah kondisi pandemi corona. Data pengguna Facebook yang mencapai 533 juta, baru-baru ini dikabarkan telah dicuri hacker. Facebook menyatakan, tak akan memberi tahu data siapa saja yang telah dicuri.
Ini Tips Cantik Alami Tanpa Harus Bayar Mahal

Sabtu, 02-January-2021 18:00

Ilustrasi
Foto : Istimewa
Ilustrasi
10

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Setiap perempuan pasti mendambakan paras cantik alami. Selain enak dipandang juga akan meningkatkan kepercayaan diri seorang kaum hawa.

Bagi mereka yang mempunyai dompet tebal bisa melakukan perawatan di salon kecantikan, namun jangan khawatir perawatan pun bisa dilakukan di rumah.

Penasaran apa saja? Yuk simak caranya seperti yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Perbanyak  minum air putih

Minum air putih dapat menjaga kesehatan tubuh dan membuat kulit menjadi lebih sehat. Pasalnya, air mengandung oksigen yang diperlukan oleh kulit. Namun, bukan berarti minum air berlebih bisa jadi cara untuk menghilangkan keriput atau garis halus.

Dehidrasi (kekurangan cairan) membuat kulit Anda terlihat lebih kering dan keriput. Jadi minum air putih dapat meningkatkan kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini.

Usahakan untuk minum 8-10 gelas air putih dalam sehari. Tidak perlu memaksakan diri untuk minum sampai berliter-liter. Selain itu, minum air putih juga dapat meningkatkan kesehatan ginjal Anda.

Saat cairan tubuh tercukupi, urine akan mengalir banyak, berwarna kuning jernih, dan tidak berbau. Ketika cairan tubuh tidak cukup, konsentrasi urine menjadi lebih pekat, warna menjadi kuning pekat, dan berbau karena ginjal harus menyerap cairan ekstra untuk menjalankan fungsinya.

2. Membersihkan wajah secara rutin 

Langkah ini sangat penting dilakukan. Biasakan untuk membersihkan wajah dengan sabun pembersih khusus wajah yang minim kandungan paraben, baik itu setelah bangun tidur, maupun sebelum tidur. 

Terutama jika baru pulang dari luar rumah dengan make up yang masih menempel, wajib sekali dibersihkan agar pori-pori wajah tidak tersumbat dan menghindari dari penumpukan bakteri akibat jerawat. 

3. Konsumsi buah dan sayur 

Buah-buahan yang mengandung vitamin A dan C seperti alpukat, jeruk, jambu, apel, serta masih banyak lagi, jika dikonsumsi secara rutin bisa membuat kulit menjadi tampak lebih cerah dan halus. 

4. Tidur yang teratur 

Tidur cukup  teratur setiap hari membantu sel-sel kulit beregenerasi dengan baik. Kulit juga akan terasa lebih cerah dan kencang. Biasakan tidur maksimal 7 jam setiap hari.

Kurangi aktivitas yang cenderung tidak penting menjelang tidur. Saat Anda sulit untuk tidur, susu bisa menjadi salah satu pilihan agar lebih mudah terlelap. 

Jangan takut gemuk, karena Anda juga bisa menggantinya dengan susu low fat atau nabati seperti susu almond. Hindari minuman berkafein seperti teh atau kopi yang membuat Anda menjadi susah tidur. 

5. Olahraga

Olahraga tentunya dapat menjaga kesehatan tubuh. Olahraga teratur dapat membuat kita memiliki lebih banyak energi dan tetap bugar. Sebuah penelitian melaporkan bahwa olahraga ketahanan dapat membantu melawan, bahkan membalikkan tanda-tanda penuaan seperti kebotakan, rambut beruban, dan kulit menipis serta mengeriput.

Latihan ketahanan adalah aktivitas aerobik, seperti jalan cepat, berlari atau bersepeda. Olahraga ini dapat meningkatkan kesehatan jantung dan pernapasan. Semakin lama Anda bisa melakukan latihan aerobik, semakin kuat daya tahan yang Anda miliki.

6. Bersihkan makeup sebelum tidur

Pastikan wajah sudah bersih dari makeup sebelum tidur. Tidak membersihkan wajah sebelum tidur dapat membuat pori-pori tersumbat make-up, kotoran, dan keringat yang tersisa.

Akibatnya kulit menjadi kusam dan keriput. Jika tidak dibersihkan, saat tidur riasan mata juga dapat menyebabkan iritasi mata dan rontoknya bulu mata.

7. Lembapkan Kulit

​​​Jangan berpikir untuk menghemat krim pelembap karena alasan kamu hanya di rumah dan tidak membutuhkannya. Meski di rumah, tetaplah aplikasi krim pelembap siang dan malam karena kulit membutuhkannya. Justru ini waktu yang baik untuk krim pelembap bekerja secara maksimal, karena krim pelembap tidak terintervensi dengan polusi atau cahaya matahari terlalu lama.

8. Perawatan dengan Masker

Jika selama ini kamu tidak ada waktu untuk maskeran, inilah saatnya kamu bisa merawat wajah dengan tambahan masker. Kamu bisa menggunakan masker bubuk maupun sheet mask. Kamu bahkan bisa menggunakannya sembari bekerja di depan laptop. 

9. Gunakan tabir surya

Sebelum beraktivitas di luar ruangan, pastikan untuk menggunakan lotion atau krim wajah yang mengandung tabir surya. Gunakan sunblock dengan SPF 30 atau lebih untuk mencegah kulit terkena efek sinar matahari, yang berisiko memicu penuaan dini.

Beberapa produk perawatan wajah juga sudah dilengkapi dengan tabir surya. Pastikan Anda memilih produk yang cocok di kulit serta tidak menyumbat pori-pori.

10. Konsumsi makanan mengandung antioksidan

Zat antioksidan yang bisa kamu dapat dari makanan dan minuman dapat membantu kulitmu untuk menangkal serangan radikal bebas.

Mengapa serangan radikal bebas harus ditangkal? Karena radikal bebas dapat menghancurkan struktur kulitmu, menyebabkan dehidrasi, dan juga penuaan dini. Untuk kamu yang ingin tetap cantik hingga tua nanti, pasti tidak mau jika kulitmu harus merasakan hal-hal tersebut.Kandungan antioksidan dapat ditemui pada ikan, kacang, teh hijau, sayur berwarna gelap, cokelat hitam, dan apel.

Konsumsi makanan dan minuman berantioksidan dapat membantu tubuhmu melawan serangan radikal bebas dan membuat kulitmu menjadi lebih cantik dengan meningkatkan produksi kolagen.

Reporter : Nazaruli
Editor : Nazaruli