Netral English Netral Mandarin
03:22wib
Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melarang kegiatan buka puasa bersama saat ramadan seiring dengan pandemi Covid-19. Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan melarang total operasi semua moda transportasi darat, laut, udara, kereta pada 6 Mei-17 Meri 2021.
Ini Ragam Cara Membuka Pintu Mobil Saat Terkunci dari Dalam

Kamis, 08-April-2021 20:55

Ilustrasi membuka pintu mobil.
Foto : iStock
Ilustrasi membuka pintu mobil.
6

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Membuka pintu mobil yang terkunci dari dalam membutuhkan trik khusus agar tidak merusak pintu atau bagian mobil lainnya seperti rumah kunci. Kejadian ini sebenarnya bisa juga terjadi tidak hanya karena anak kuncinya tertinggal di dalam, namun juga karena lupa menaruhnya.

Untuk bisa membuka pintu mobil yang terkunci dari dalam, memang merepotkan. Hal ini dikarenakan beberapa teknik yang kerap dilakukan hanya untuk keadaan darurat, sehingga potensi merusak akan tetap ada.

Saat menyadari bahwa pintu mobil terkunci dari dalam, pastinya akan membuat kesal para pemiliknya. Namun sikap yang dibutuhkan saat mengalami insiden ini adalah sabar dan tidak panik, meskipun sulit untuk dijalani.

Saat ini banyak mobil telah menggunakan sistem keyless dan smart entry, sehingga untuk kasus ini terbilang lebih sulit penanganannya. Sementara untuk kendaraan yang masih menggunakan sistem kunci konvensional alias masih ada anak kunci dan rumah kunci, akan lebih mudah.

Ragam Cara Buka Pintu Mobil Terkunci

Di bawah ini seperti dilansir dari Mobil 123 akan membahas beberapa teknik pintar cara buka pintu mobil terkunci dari dalam. Tentunya cara yang kami sajikan cukup mudah dilakukan sendiri di rumah tanpa melibatkan bantuan dari ahlinya.

Menggunakan Bola Tenis

Saat mendengar bola tenis yang dijadikan alat membuka pintu mobil rasanya terdengar cukup aneh. Namun alat ini cukup efektif sebagai cara buka pintu mobil terkunci pada sistem kunci konvensional.

Pertama-tama siapkan bola tenis berwarna hijau yang dimaksud. Lalu langkah selanjutnya adalah melubangi bola, dengan menggunakan benda tajam seperti pisau atau obeng yang sudah dipanasi.

Lubang pada bola tenis tadi berfungsi sebagai pompa untuk mendorong udara bertekanan pada lubang kunci. Oleh karena itu, lubangnya tidak perlu berukuran besar, usahakan sesuai dengan besaran lubang pada rumah kunci.

Caranya adalah mensejajarkan lubang pada bola dengan lubang kunci dan menekannya sekuat tenaga. Dorongan udara yang dihasilkan harus dipastikan mendorong celah-celah di dalamnya, sehingga pintu bisa terbuka sempurna.

Langkah ini tidak selamanya mulus, pada beberapa kasus harus dicoba berulang-ulang hingga benar-benar sukses. Pada intinya, sistem kunci konvensional terdapat komponen mekanis yang masih bisa digerakkan, asalkan tidak terdapat karat.

Mencongkel Pengait Pintu Tengah

Cara buka pintu mobil terkunci selanjutnya, bisa juga dipraktikkan pada sistem kunci konvensional, adalah dengan menggunakan mencongkel pengait pintu. Teknik ini tidak melulu dilakukan pada pintu paling depan, Anda bisa menyiasatinya dengan pintu yang lebih mudah.

Pada umumnya teknik ini digunakan untuk membuka pintu Toyota Avanza maupun Xenia keluaran lawas. Dua mobil kembar ini masih menggunakan sistem kunci konvensional dan memiliki sistem pengait berbahan plastik.

Langkah pertama adalah dengan membuka karet sekat pintu kanan belakang. Dalam prosesnya usahakan karet tersebut jangan sampai terlipat karena bisa menimbulkan kerusakan.

Setelah dibuka, intip bagian sela kaca dan bodi kendaraan. Di dalamnya akan terdapat besi yang terkait pada plastik. Posisinya persis di bawah tombol pengait kunci (door lock).

Untuk membukanya, Anda akan membutuhkan kawat kecil yang pada bagian ujungnya dibengkokkan. Hal ini berguna sebagai pengait dan gunakan kawat bekas gantungan baju yang memiliki material lebih baik.

Artinya dengan menggunakan kawat yang lebih baik, bisa meminimalisir insiden patah saat tengah mencongkel. Adapun panjang kawat untuk mencongkel memiliki panjang minimal 20 cm.

Lalu masukkan kawat tersebut melalui bagian yang telah disebutkan di atas. Kemudian geser kawat hingga menyentuh tuas pengait yang dipakai untuk membuka pintu mobil.

Langkah selanjutnya adalah mengangkat pengait tersebut di atas secara perlahan. Jangan pernah memaksakan untuk membuka pengait, karena dikhawatirkan bisa merusak sistem pengaitnya yang terbuat dari material plastik.

Saat melakukan teknik ini, Anda perlu menggunakan perasaan yang halus untuk mendengar suara klik. Dengan adanya tanda tersebut dan tuas kunci sudah bergerak dari posisi awal, artinya pintu sudah tidak lagi terkunci.

Salah satu tanda keberhasilan dari teknik ini seluruh prosesnya bisa dilakukan tanpa menggunakan tenaga penuh. Sehingga jika terasa kerasa dalam prosesnya, maka dipastikan benda yang Anda tarik bukanlah yang dimaksud.

Cara Buka Pintu Mobil Terkunci Pakai Penggaris

Membuka pintu mobil yang terkunci dari dalam menggunakan penggaris sebenarnya merupakan trik lawas.Cara satu ini biasanya mengandalkan penggaris besi dan masih berfungsi pada kendaraan yang belum menerapkan sistem keyless.

Menggunakan penggaris besi sebenarnya tidak terlalu dianjurkan karena bisa melukai kaca hingga baret atau mencederai tangan. Anda juga harus waspada saat memasukkan penggaris agar tidak terkena kabel yang melintang di dalamnya.

Metode yang digunakan sebenarnya cukup sederhana, terlebih dahulu Anda harus melepas karet diantara kaca dan bodi mobil. Karet yang bertugas untuk menjaga pergerakkan kaca tersebut cukup mudah untuk dibuka dan dipasang kembali.

Langkah selanjutnya adalah memasukkan penggaris ke dalam celah pintu kurang lebih 60 cm sampai 80 cm. Geser dan rasakan pergerakkan pada panel kunci, lalu tekan di bagian handle pintu.

Cari semacang batang di celah tersebut yang memiliki ruang gerak naik dan turun layaknya pegas saat ditekan. Bagian tersebut harus ditekan sambil menarik handle pintu.

Trik ini juga membutuhkan kesabaran tingkat tinggi karena harus presisi dalam proses menekannya. Jika belum berhasil, coba beberapa kali lagi dan lakukan dengan perlahan. Pada umumnya penggaris berbahan besi yang digunakan untuk mendorong batang yang juga berbahan besi agak sedikit licin.

Teknik Pakai Bantal Berpompa

Teknik ini bisa untuk semua jenis mobil baik masih menerapkan kunci konvensional maupun keyless. Adapun trik ini telah dipraktikkan oleh seorang tukang derek mobil asal Kanada.

Aksi terampil ini direkam dan diunggah melalui kanal Youtube ViralHogs dan mendapatkan reaksi beragam dari para netizen.Dengan bermodalkan alat yang cukup sederhana tersebut, banyak orang terperangah karena caranya cukup mudah.

Ia menggunakan bantal berpompa, kemudian dibantu dengan sebuah stik yang dirancang khusus untuk membuka pintu mobil yang terkunci dari dalam. Bantal tersebut dijejalkan ke selah pintu, kemudian mempompanya dan pada akhirnya stik tersebut dimasukkan, untuk membuka pintu mobil yang terkunci.

Menggunakan Seutas Tali

Cara ini juga merupakan salah satu teknik lawas yang kerap dilakukan banyak orang dan berhasil. Namun cara ini mutlak hanya berguna untuk kendaraan lawas yang masih menggunakan pengunci punti model tombol dan bertempat di atas trim.

Teknik jenis ini jelas tidak berfungsi atau sangat sulit diaplikasikan pada mobil yang tuas penguncinya berada di tengah-tengah trim pintu. Anda bisa mencoba cara-cara seperti telah dijabarkan di atas sebelumnya.

Adapun dengan menggunakan seutas tali yang dibuatkan simpul, Anda bisa memasukkan tali tersebut seacra perlahan melalui sudut pintu bagian atas. Lakukan secara perlahan hingga simpul tersebut masuk ke dalam tombol kunci.

Setelah masuk ke dalam tombol kunci, tarik tali dari kedua arahnya secara perlahan hingga terikat denga sempurna. Lalu lanjutkan menarik tali tersebut hingga kunci pintu terbuka dan handle bisa ditarik dengan baik.

Menggunakan Selotip

Ini juga merupakan cara yang lumayan ampuh dalam mengatasi masalah tersebut di atas. Selotip bening yang biasanya digunakan untuk merekatkan dua bagian terpisah, bisa juga dimanfaatkan sebagai penyelamat.

Teknik ini dibongkar oleh salah seorang pemilik akun Twitter yang sempat viral. Dengan menggunakan beberapa lembar selotip, Ia bisa membuka kaca kendaraan yang terkunci dari dalam.

Caranya adalah dengan menempelkan beberapa baris selotip dari bagian atas kaca hingga bawah. Setelah dirasa cukup banyak, maka bagian bawah selotip ditarik dan dengan bantuan seorang teman.

Teknik ini cukup efektif rasanya untuk kendaraan yang masih menggunakan sistem keyless maupun konvensional. Namun pada kendaraan yang telah menggunakan sistem power window, motornya kemungkinan terdapat kerusakan karena kacanya dipaksa untuk terbuka dengan cara ditarik.

Cara Buka Pintu Mobil Terkunci Pada Sistem Keyless

Insiden pintu mobil terkunci dari dalam sejatinya sulit terjadi pada kendaraan yang telah menggunakan sistem keyless atau smart entry. Karena dengan menggunakan teknologi mutakhir tersebut, konsumen tidak perlu memegang anak kunci yang umumnya berukuran kecil.

Mobil modern hanya mengandalkan sebuah kotak berbahan plastik yang berguna untuk membuka dan menurunkan kunci pintu. Kotak tersebut bahkan cukup ditempatkan di dalam kantung celana, karena proses keluar masuk kendaraan tidak lagi menggunakan anak kunci.

Pemiliki mobil hanya perlu memencet tombol hitam di dekat handle pintu untuk membuka dan mengunci pintu. Bahkan pada mobil yang lebih canggih, sensor yang terdapat di kotak tersebut akan langsung membuka kunci saat diketahui mendekati kendaraan.

Adapula yang telah menggunakan sensor sentuhan tangan yang dimanfaatkan untuk membuka atau mengunci pintu mobil. Semua kecanggihan tersebut diciptakan untuk memudahkan konsumen dalam menggunakan mobil.

Bahkan terkini beberapa pabrikan mobil menciptakan aplikasi yang bisa menggantikan fungsi kotak remote kunci mobil. Sehingga para pemilik mobil bisa keluar masuk kendaraan dengan mengandalkan smartphone mereka.

Sistem keyless yang paling sederhana sendiri dikatakan tidak akan mengunci pintu secara otomatis saat kotak kuncinya masih berada di dalam. Namun hal ini tentunya meningkatkan risiko dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Kelemahan lain dari mobil yang telah menggunakan sistem keyless antara lain adalah saat baterai remote mulai melemah. Kondisi ini akan membuat para pemilik kesusahan dalam proses keluar masuk kendaraan.

Lalu setelah membaca beberapa tips membuka pintu mobil yang terkunci dari dalam di atas. Maka langkah antisipatifnya adalah menyiapkan bola tenis yang telah dibolongi, seutas tali, penggaris besi dan kawat. 

Reporter : Widita Fembrian
Editor : Widita Fembrian