Netral English Netral Mandarin
banner paskah
00:46wib
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Inspektur Jenderal Istiono bakal memberi sanksi dua kali lipat kepada personelnya yang kedapatan meloloskan pemudik pada 6-17 Mei 2021 mendatang. Presiden Joko Widodo meminta semua anggota Kabinet Indonesia Maju dan pimpinan lembaga tinggi negara untuk tidak mengadakan acara buka puasa bersama di tengah pandemi virus corona (Covid-19).
Ini Daftar Mobil yang Dapatkan Insentif PPnBM 0 Persen, Mobil Impianmu Masuk Daftar Gak?

Senin, 01-Maret-2021 12:30

Mobil Avanza masuk dalam insentif ppnnbm.
Foto : Carmudi
Mobil Avanza masuk dalam insentif ppnnbm.
18

JAKARTA,  NETRALNEWS.COM – Regulasi pemberian insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) 0 persen mulai berlaku hari ini per 1 Maret 2021. Dengan adanya aturan tersebut, konsumen akan mendapatkan diskon harga karena pajak PPnBM nya otomatis ditanggung pemerintah.

Namun, tidak semua mobil berhak mendapatkan diskon PPnBM 0 persen karena ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi antara lain harus memenuhi kandungan komponen buatan lokal. Di mana pemenuhan jumlah penggunaan komponen berasal dari hasil produksi dalam negeri yang dimanfaatkan dalam kegiatan kendaraan bermotor paling sedikit 70 persen.

Setelah diterapkan syarat dan ketentuan tersebut, total ada 21 mobil baru yang berhak mendapatkan insentif ini. Ke-21 mobil tersebut adalah produksi dari enam merek yaitu Toyota, Daihatsu, Mitsubishi, Honda, Suzuki, dan Wuling.

Ada satu merek lagi yang sebenarnya mendapatkan insentifi ini yaitu Nissan, untuk tipe Livina. Tapi karena insentif PPnBM ini dikarenakan pada Harga Pokok Penjualan (HPP) alias harga pabrik, maka brand Nissan Livina tercantum di bawah payung Mitsubishi.

Selain persyaratan memenuhi kandungan komponen lokal setidaknya 70 persen, insentif ini juga hanya berlaku bagi mobil dengan kubikasi mesin 1500 cc ke bawah termasuk di dalamnya mobil kategori sedan dan kendaraan berpenggerak 4x2.

Berikut daftar mobil yang mendapatkan insentif pajak PPnBM 0 persen:

- Toyota: Yaris, Vios, Sienta, Avanza, Rush, Raize

- Daihatsu: Xenia, Luxio, Gran Max (minibus), Terios, Rocky

- Mitsubishi: Xpander, Xpander Cross, Nissan Livina

- Honda: Brio RS, Mobilio, BR-V, HR-V

- Suzuki: New Ertiga, XL-7

- Wuling: Confero

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Sulha Handayani