Netral English Netral Mandarin
banner paskah
18:51wib
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem mulai Rabu (14/4) hingga Kamis (15/4). Cuaca ekstrem ini diakibatkan Siklon Tropis Surigae. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyebut semua komponen utama yang digunakan dalam pengembangan Vaksin Nusantara diimpor dari Amerika Serikat.
Ini Bagian Mobil yang Harus Dicek sebelum Perjalanan Jauh

Senin, 15-Februari-2021 08:00

Ilustrasi pengecekan mobil sebelum perjalanan jarak jauh.
Foto : Istimewa
Ilustrasi pengecekan mobil sebelum perjalanan jarak jauh.
8

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Memasuki liburan Tahun Baru Imlek 2572 atau akhir pekan setelahnya, kiranya penting untuk memastikan kendaraan dalam kondisi prima sebelum melakukan perjalanan jauh bersama keluarga ataupun para sahabat. Hal ini lantaran untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Misalnya, saat mobil mogok di tengah jalan. Maka dari itu, ada baiknya kita mengecek komponen-komponen mobil terlebih dahulu.

Berikut adalah komponen-komponen mobil yang harus dicek sebelum bepergian jauh versi PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance):

Filter

Filter pada mobil berfungsi untuk mencegah dan menyaring kotoran dan debu agar tidak masuk ke mesin kendaraan. Cek filter pada mobil secara menyeluruh mulai dari filter oli, filter udara hingga filter bensin. Membersihkan filter AC juga tidak kalah penting agar perjalanan tetap nyaman.

Wiper

Di musim hujan seperti sekarang, wiper menjadi salah satu komponen yang wajib dicek. Saat hujan turun deras, pandangan di sekitar mobil menjadi terbatas. Wiper ini berfungsi untuk membersihkan kaca bagian depan mobil dari air hujan agar pengemudi tetap bisa berkendara dengan mudah.

Oli

Ada baiknya untuk mengganti oli sebelum menggunakan mobil untuk menempuh jarak jauh. Hal ini dilakukan untuk memastikan performa mesin tetap maksimal selama perjalanan.

Aki

Diketahui, aki berfungsi untuk menyimpan dan menyuplai daya listrik bagi komponen lainnya. Jika terdapat masalah pada aki tentu akan menghambat perjalanan.

Lampu

Jangan sampai lampu pada mobil sudah redup apalagi saat ingin bepergian jauh di malam hari. Pastikan lampu sein berfungsi dengan baik karena lampu ini bisa meminimalisir risiko kecelakaan saat mobil berbelok.

Ban

Meski ada ban cadangan, perlu juga untuk mengecek tapak dan tekanan angin pada ban mobil. Umumnya, ban mobil diganti setiap 3 tahun. Segera ganti ban jika kondisi tapak ban sudah melewati tread wear indicator (TWI).

Rem

Rem blong menjadi penyebab kecelakaan yang umum. Diketahui, rem blong adalah saat sistem pengereman tidak berfungsi tidak baik atau bahkan tidak sama sekali. Cek sistem pengereman dan minyak rem terlebih dahulu sebelum memulai perjalanan.

Cairan Radiator

Selalu cek air radiator pada tangki reservoir. Cairan radiator memastikan agar mesin tidak mengalami overheat atau saat mesin mengalami panas berlebihan.

Jangan lupa untuk mengecek komponen-komponen ini sebelum bepergian jauh. Tetapi jika mobil mendadak mogok di tengah jalan, jangan khawatir dan hubungi layanan derek mobil yang dapat diandalkan. 

Dengan memiliki asuransi t drive dari Tugu Insurance, telah tersedia layanan derek T Rex 24 jam dengan menghubungi Call TIA 1500-458 dan mobil derek akan segera tiba di lokasi Anda. 

Reporter : Widita Fembrian
Editor : Widita Fembrian