Netral English Netral Mandarin
banner paskah
08:44wib
Presiden Joko Widodo mengingatkan jajaran kepala daerah untuk berhati-hati menghadapi potensi pandemi Covid-19 gelombang kedua. Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengungkapkan pemerintah masih memiliki utang penugasan sebesar Rp1,27 triliun kepada perusahaan.
Ini 7 Masakan dan Kuliner Favorit RA Kartini yang Wajib Dicoba Milenial

Rabu, 21-April-2021 12:20

Patung RA Kartini di Jepara, Jawa Tengah.
Foto : perpus.jatengprov.go.id
Patung RA Kartini di Jepara, Jawa Tengah.
6

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Setiap tanggal 21 di Bulan April, masyarakat Indonesia memperingati Hari Kartini. Peringatan ini dilakukan untuk mengingat perjuangan pahlawan perempuan Indonesia, Raden Ajeng Kartini atau dikenal RA Kartini. 

Salah satu kegemaran RA Kartini adalah memasak. RA Kartini bahkan diketahui menggunakan memasak sebagai sarana diplomasi dan memperkenalkan peradaban Jawa. 

Berbagai masakan dan kuliner juga terdokumentasi dalam sebuah buku “Kisah dan Kumpulan Resep Putri Jepara” karya Suryatini N Ganie.

Berikut ini tujuh masakan dan kuliner favorit RA Kartini yang wajib dicoba milenial dan bisa jadi rekomendasi makan Anda:

Ayam Besengek

Kuliner satu ini khas Jepara yang jadi kota kelahiran RA Kartini. Ayam ini adalah ayam panggang dimasak denga rempah seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas, cabai merah, ketumbar, jinten, terasi , air asam jawa, gula merah, daun jeruk, sereh, dan santan.

Makanan ini diketahui mirip dengan gulai, tetapi bercita rasa manis khas masakan Jawa. Masakan ini cocok disajikan dalam keadaan hangat bersama dengan nasi putih.

Sup Pangsit Jepara

Sup Pangsit Jepara adalah makanan khas Jepara yang merupakan paduan kuliner lokal dan asing. Salah satu contoh yang tersaji adalah pangsit yang tidak tampak seperti pangsit yang dikenal, tetapi justru berupa sup bening dengan dadar gulung udang yang cantik. 

Sup ini hampir serupa dengan pagsit pengantin yang berbahan utama pangsit goreng. Kuah yang segar dan hangat, cocok dimakan saat suasana dingin.

Nasi Liwet Ayam

Selain suka menyantapnya, RA Kartini juga suka memasak nasi liwet. Nasi liwet adalah nasi gurih yang mirip degan nasi uduk, disajikan dengan sayur dan berbagai lauk.

Rasanya gurih, disiram sayur labu dan topping ayam suir. Selain itu nasi liwet bisa juga ditambahkan dengan tahu telur, areh alias santan kental dan telur tim yang khas.

Pecel Daun Semanggi

Makanan yang satu ini merupakan jajanan keliling favorit RA Kartini selama bersekolah di Europeesche Lagere School. Sebagian penjual pecel khas ini merupakan penjual keliling dan dagangannya dibawa dengan pikulan.

Seperti namanya, makanan yang satu ini terbuat dari daun semanggi yang dikukus kemudian dinikmati dengan sambal pedas yang khas. Pecel ini juga diberi campuran kecambah, kangkung, kerupuk uli yang terbuat dari beras.

Nasi Bogana

Nasi bogana adalah nasi dengan lauk ayam suir, telur pindang dan serundeng yang khas rasanya. Perpaduan kelapa dan daging terlihat menyerupai abon dan dimodifikasi dengan tambahan sambel goreng ati ampela ataupun udang.

Penyajian nasi bogana biasanya dibungkus dalam daun pisang dan ditambah dengan berbagai lauk. Aroma yang dikeluarkan dari daun pisang juga menambah cita rasa dan menggugah selera.

Bebek Betutu

RA Kartini juga diketahui suka makanan khas Bali, tetapi masakan Jawa cenderung manis dibanding bebek betutu di Bali yang pedas. Betutu sendiri dikenal sebagai lauk yang terbuat dari bahan ayam atau bebek yang utuh dan berisi bumbu.

Uniknya, pengolahan ayam atau bebek dilakukan dengan cara dipanggang dalam api sekam. Makanan yang satu ini lantas populer sebagai terkenal sebagai menu tradisional Bali.

Ketep Antep atau Asem-asem

Makanan yang satu ini biasanya berkuah bening dan memiliki cita rasa asam dan pedas menyegarkan. 

Membuat kuahnya adalah dengan cara kaldu sapi direbus dengan asam jawa dan daun salam. Beberapa cabai hijau utuh juga jadi isiannya dan daging sapi lembut mampu menggoyang lidah dengan tambahan nasi putih. 

 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Irawan HP