Netral English Netral Mandarin
banner paskah
16:00wib
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem mulai Rabu (14/4) hingga Kamis (15/4). Cuaca ekstrem ini diakibatkan Siklon Tropis Surigae. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyebut semua komponen utama yang digunakan dalam pengembangan Vaksin Nusantara diimpor dari Amerika Serikat.
Ingin Punya Plat Nomor Cantik? Begini Langkah-langkah Mengurus dan Besaran Biayanya

Minggu, 21-Maret-2021 21:32

Ilustrasi plat nomor cantik.
Foto : moladin.com
Ilustrasi plat nomor cantik.
7

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Plat kendaraan bernomor khusus yang unik dan gampang diingat atau plat nomor cantik boleh dimiliki oleh siapa saja. Tentu saja, ada syarat dan biaya untuk mengurusnya.

Bagi yang berkantong tebal, silahkan dicoba. Tapi kalau Anda berpenghasilan pas-pasan sebaiknya tak usah karena lumayan besar biayanya.

Jika ingin mengurusnya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Seperti dikutip dari tunastoyota.com, langkah pertama yang diperlukan adalah menyiapkan dokumen kendaraan seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), bukti pembelian kendaraan, dan dokumen lampiran dari dealer lainnya.

Kemudian, datang ke SAMSAT di wilayah terdekat atau loket khusus yang mengurus Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) pilihan di Gedung Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya (jika di Jakarta).

Pemilik harus datang sendiri sebagai pemilik kendaraan, sebab dalam proses pembuatannya tidak boleh diwakilkan oleh siapa pun.

Langkah selanjutnya adalah mengisi formulir permohonan dengan lengkap sesuai kolom yang diberikan. Perlu diingat, jenis formulir NRKB (khusus) berbeda dengan formulir TNKB (umum).

Formulir TNKB merupakan formulir umum untuk proses pengurusan plat nomor biasa, sementara formulir NRKB merupakan formulir khusus yang ditujukan untuk proses pengurusan plat nomor cantik.

Selanjutnnya, isikan nomor pilihan untuk plat kendaraan yang diinginkan pada formulir dan serahkan formulir yang sudah diisi lengkap kepada petugas yang ada di loket.

Petugas loket akan langsung memberitahu Anda tentang kesediaan plat nomor kendaraan yang diajukan. Jida ternyata sudah terpakai, Anda harus menuliskan pilihan alternatif lainnya.

Pembayaran dan Pemesanan DiprosesTahapan terakhir yaitu melakukan pembayaran. Setelah membayar, plat nomor yang diajukan akan langsung diproses oleh petugas loket.

Anda akan menerima sertifikat mengenai plat nomor mobil cantik sesuai dengan yang diajukan. Sertifikat ini merupakan bukti bahwa plat dengan nomor seri tersebut sudah resmi menjadi milik Anda selama beberapa tahun ke depan.

Unutk biaya pembuatan plat nomor cantik, bisa dicek di bawah ini

Nomor 1 DigitApabila plat hanya terdiri dari 1 digit angka tanpa tambahan huruf satupun di belakangnya, maka akan dikenakan biaya sebesar Rp20 juta. Namun, jika ada tambahan huruf di belakang 1 digit angka, maka dikenakan biaya Rp15 juta.

Nomor 2 DigitPlat nomor terdiri dari 2 digit angka tanpa tambahan huruf satupun di belakangnya, akan dikenakan biaya sekitar Rp15 juta. Sedangkan apabila terdapat penambahan huruf di belakang 2 digit angka, biayanya sekitar Rp10 juta.

Nomor 3 DigitJika menginginkan plat mobil dengan 3 digit angka tanpa penambahan huruf setelahnya, maka dikenakan biaya Rp10 juta. Namun, jika setelah 3 digit angka terdapat penambahan huruf, harganya hanya sekitar Rp7,5 juta.

Nomor 4 DigitPilihan plat dengan 4 digit angka ini kurang lebih sama seperti yang dimiliki oleh sebagian besar pengendara kendaraan bermotor.

Namun, jika tidak ingin ada tambahan huruf setelahnya, akan dikenakan biaya senilai Rp7,5 juta. Dan, jika setelah 4 digit angka terdapat tambahan huruf, harganya menjadi Rp 5 juta saja.

Reporter :
Editor : Irawan HP