Netral English Netral Mandarin
banner paskah
17:05wib
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem mulai Rabu (14/4) hingga Kamis (15/4). Cuaca ekstrem ini diakibatkan Siklon Tropis Surigae. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyebut semua komponen utama yang digunakan dalam pengembangan Vaksin Nusantara diimpor dari Amerika Serikat.
Cerita Indro Warkop Sempat Ditolak Ikut Vaksin COVID-19 Meski Datang Pagi-pagi, Beruntung Dibantu Rekomendasi Dokter Ini  

Senin, 01-Maret-2021 23:10

Komedian Indrodjojo Kusumonegoro alias Indro Warkop ikut vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Menteng.
Foto : Instagram @indrowarkop_asli
Komedian Indrodjojo Kusumonegoro alias Indro Warkop ikut vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Menteng.
22

JAKARTA, NETRALNEWS.COM -  Komedian Indrodjojo Kusumonegoro alias Indro Warkop mengikuti program vaksinasi COVID-19 untuk lansia di Puskesmas Menteng, di Jakarta. Namun, meski sudah datang ke lokasi, Senin (1/3/2021) pagi, Indro sempat ditolak untuk menerima vaksin. 

Dikutip dari akun instagram @indrowarkop_asli, ia mengatakan, "Kemarin sudah siap dg hasil lab HBA1C sesuai arahan Dr. @rossana_nako_barack sebagai Dokter Jantung saya. Sudah aman hasilnya disuruh GO untuk vaksin hari ini. Tapi jam 7 pagi tadi ditolak! Kenapa? Baca sampai habis ya."

Ternyata, penolakan oleh petugas Puskesmas Menteng itu disebabkan Indro tidak membawa surat rekomendasi dari dokter yang memeriksa ia sebelumnya di RS MMC. Beruntung, ia tak kesulitan mendapat surat itu dan tak terkendala lagi untuk menerima vaksin. 

"Sangat prosedural dan baik sekali tujuannya. Tidak asal vaksin! Kebetulan RS saya di @mmchospital jadi dekat langsung urus surat izin. Karena sudah dikordinir dan dapet nomor antrian, jadi bisa divaksin langsung begitu surat sampai," cuitnya.

Lebih lanjut, ia pun mengingatkan untuk para lansia dengan komorbid atau penyakit bawaan sebaiknya membawa surat rekomendasi dari dokter agar tak menemui kendala saat akan menerima vaksin. 

Sebagai penutup postingan di akun instagram pribadinya itu, Indro menyampaikan ucapan terima kasih kepada presiden dan menyampaikan harapannya agar dampak pandemi OVID-19 ini segera tertangani dengan baik.

"Terima kasih Pak Presiden @jokowi , saya yakin kendala ada di sana sini. Tetap semangat, semoga masa sulit segera berlalu,".

Sementara itu, seperti dikutip dari Antara, Wali Kota Jakarta Pusat Dhanny Sukma membenarkan hal yang dialami oleh komedian Indro Warkop itu pun sudah sesuai dengan prosedur yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan.

Bagi orang lanjut usia yang memiliki penyakit komorbid atau penyakit penyerta memang harus membawa surat rekomendasi dari dokter untuk mendapatkan vaksin COVID-19.

“Memang tadi Pak Indro sempat tidak ada rekomendasi dokoter. Kalau ada rekomendasi dokter baru bisa dilakukan vaksinasi," ujar Dhany saat dikonfirmasi.

Prosedur serupa juga diterapkan kepada seluruh lansia yang akan menerima vaksin dan memiliki penyakit bawaan seperti penyakit jantung, diabetes, kolestrol, atau pun penyakit penyerta lainnya. 

Reporter : Irawan HP
Editor : Irawan HP