Netral English Netral Mandarin
banner paskah
15:13wib
Isu reshuffle kabinet kian mengemuka pasca rencana penggabungan Kemenristek ke dalam Kemendikbud. Satgas Penanganan Covid-19 memastikan pengembangan vaksin Merah Putih tetap berjalan dan tidak terpengaruh peleburan Kemenristek dengan Kemendikbud.
IDI: Nyata, Jumlah Kasus Harian Covid-19 Dunia Menurun Dramatis

Minggu, 21-Februari-2021 09:20

 Beberapa pekan terakhir, jumlah kasus harian Covid-19 dunia menurun secara dramatis.
Foto : WHO
Beberapa pekan terakhir, jumlah kasus harian Covid-19 dunia menurun secara dramatis.
16

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ketua Satgas Covid-19 PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof Zubairi Djoerban mengatakan, Beberapa pekan terakhir, jumlah kasus harian Covid-19 dunia menurun secara dramatis.

Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) mencatat, penurunan global itu sebesar 16 persen. Menurut dia, angka ini cukup signifikan.

"Ini nyata. Beberapa pekan terakhir, jumlah kasus harian Covid-19 dunia menurun secara dramatis," kata dia, dikutip dari cuitannya, Minggu (21/2/2021).

Lantas, ada apa sebenarnya di balik penurunan kasus ini?

Dia jelaskan, penurunan kasus Covid-19 bisa dikaitkan dengan banyak hal. Tapi yang utama adalah perilaku baik masyarakat dunia dan kepatuhan terhadap penguncian (lockdown), yang di Indonesia disebut Pembatan Sosial Berskala Besar (PSBB) atau Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Memang, di berbagai belahan dunia, konsep lockdown itu tidak disukai, tapi telah terbukti berhasil. Masyarakat akan melihat kasus Covid-19 itu turun di wilayah dunia yang menerapkan kebijakan penguncian. "Bisa dicek," sambung dia.

Faktor lain adalah kebiasaan memakai masker dan menjaga jarak, apalagi di dalam ruangan. Menurutnya, itu amat membantu menurunkan kasus baru Covid-19.

"Anda bisa lihat di beberapa acara televisi Indonesia saat ini. Kesadaran memakai masker sudah terbentuk. Begitu pun di berbagai negara," kata dia.

Selain itu ada dugaan para ahli tentang kekebalan populasi pada tingkat tertentu, yang cukup membuat penyebaran virus korona melambat.

"Ini terjadi di India. Lihat saja angka kasus Covid-19 di sana. Turun dari 100 ribu kasus per hari menjadi hanya 11 ribu," jelas dia.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani