Netral English Netral Mandarin
04:46wib
Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melarang kegiatan buka puasa bersama saat ramadan seiring dengan pandemi Covid-19. Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan melarang total operasi semua moda transportasi darat, laut, udara, kereta pada 6 Mei-17 Meri 2021.
IDI: Ada Prediksi Penyakit Covid-19 akan Hilang pada April 

Minggu, 21-Februari-2021 09:40

Ada prediksi covid-19 akan hilang pada April.
Foto : persi.or.id
Ada prediksi covid-19 akan hilang pada April.
13

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ketua Satgas Covid-19 PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof Zubairi Djoerban mengatakan ada prediksi Kolumnis kesehatan ternama Martin Makary. Prediksi menyebutkan, sebagian besar penyakit Covid-19 akan hilang pada April nanti.

Kata Prof Zubairi, opini itu dia sampaikan berdasarkan data laboratorium, matematika, literatur, dan percakapannya dengan para ahli.

"Baru prediksi. Semoga saja," kata dia, dikutip dari cuitannya, Minggu (21/2/2021).

Pernyataan ini disampaikan karena beberapa pekan terakhir, jumlah kasus harian Covid-19 dunia menurun secara dramatis. Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) mencatat, penurunan global itu sebesar 16 persen.

Bagaimana dengan musim dingin. Apakah ini memengaruhi penurunan?

Meburutnya belum jelas. Tapi, di Amerika, cuaca musim dingin menghambat beberapa negara bagian melakukan pelacakan dan testing Covid-19 kepada warganya. Di Indonesia, penurunan angka testing juga terjadi.

"Lalu, apakah penurunan kasus ini dipengaruhi program vaksinasi Covid-19 di seluruh dunia? Belum ada yang bisa menjelaskan dan perlu hitungan bulan untuk mengukur itu," jelas dia.

"Ini nyata. Beberapa pekan terakhir, jumlah kasus harian Covid-19 dunia menurun secara dramatis," kata dia.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani