Netral English Netral Mandarin
banner paskah
04:56wib
Pemerintah melalui Kementerian Agama memutuskan awal puasa atau 1 Ramadan 1442 Hijriah di Indonesia jatuh pada Selasa (13/4/2021). Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) setuju penggabungan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).
Cerita Humor Gus Dur: Perbedaan antara Dirinya, Soeharto, dan Habibie

Jumat, 19-Februari-2021 06:55

Kolase foto tiga Presiden Republik Indonesia, yaitu Soeharto, Abdurrachman Wahid atau Gus Dur, dan BJ Habibie.
Foto : indonesia.go.id
Kolase foto tiga Presiden Republik Indonesia, yaitu Soeharto, Abdurrachman Wahid atau Gus Dur, dan BJ Habibie.
24

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Presiden Republik Indonesia ke-4 yaitu KH Abdurrahman Wahid atau atau akrab disapa Gus Dur memang dikenal humoris atau penuh canda. 

Gus Dur kerap memenuhi ‘gizi kehidupan’ dengan humor. Tak jarang, ia melontarkan guyonan yang menertawakan dirinya sendiri. 

Meskipun terdengar seperti menertawakan diri sendiri, lelucon Gus Dur itu seringkali mengandung makna yang dalam, dan bahkan menggambarkan kondisi sosial-politik yang ada. 

Gus Dur melontarkan kritik dengan humor. Gus Dur yang menertawakan dirinya sendiri justru mampu menyadarkan pejabat-pejabat negara untuk juga menertawakan dirinya sendiri. 

Dalam buku “Saya Nggak Mau Jadi Presiden Kok!” karya Hamid Basyaib & Fajar W Hemawan yang terbit pada 2014, guyonan yang pernah diceritakan oleh Gus Dur sendiri adalah seperti berikut ini. 

“Pak Harto dulu presiden new order. Pak Habibie, presiden in order, boleh juga out of order," kata Gus Dur, seperti dikutip dari laman nu.or.id, Jumat (19/2/2021). 

“Lalu saya sendiri?” Saya presiden no order,” kata Gus Dur. 

Reporter : Irawan HP
Editor : Irawan HP