Netral English Netral Mandarin
banner paskah
06:15wib
KontraS menyatakan selama 100 hari kepemimpinan Jenderal Listyo, kondisi penegakan hukum dan HAM yang dilakukan oleh kepolisian tak kunjung membaik. Pemerintah Nepal tengah kelabakan karena jumlah kasus infeksi virus corona di negara itu melonjak 57 kali lipat, akibat penyebaran virus jenis mutasi dari India.
Hujan Lebat Disertai Kilat Diprakirakan akan Terjadi di Beberapa Wilayah Ini

Jumat, 23-April-2021 09:00

Ilustrasi Hujan
Foto : Istimewa
Ilustrasi Hujan
5

JAKARTA, NETRALNEWS.COM  - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan lebat disertai kilat dan angin kencang terjadi di sebagian wilayah Sumatera dan Kalimantan pada Jumat (23/4/2021). 

Dalam informasi yang dikutip dari situs BMKG, Jumat (23/4/2021), sirkulasi siklonik terpantau di perairan barat Bengkulu dan di Teluk Carpentaria yang membentuk daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari perairan barat Lampung hingga perairan barat Bengkulu serta dari Australia bagian timur hingga Teluk Carpentaria. 

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari perairan barat Aceh hingga Selat Malaka serta dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Barat. 

Kondisi itu mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut mulai dari Aceh, Bengkulu, Jambi, Lampung, Riau, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara.

Selain itu, kondisi serupa juga berpotensi terjadi di Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur.

Kemudian, Jawa Barat, Maluku, Papua, Riau, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara.

BMKG juga memberikan catatan, hujan dengan intensitas lebat di wilayah perairan berpotensi terjadi di perairan utara Aceh, perairan barat Aceh-Bengkulu, Selat Malaka, Laut Sulawesi bagian barat, Laut Maluku, Laut Banda, Teluk Cendrawasih, dan Laut Arafuru.

Reporter : Nazaruli
Editor : Nazaruli