Netral English Netral Mandarin
17:45wib
Hasil survei Indonesia Political Opinion (IPO) menunjukkan bahwa lebih dari 90 persen masyarakat setuju sekolah dan rumah ibadah dibuka kembali meski masih di tengah kondisi pandemi corona. Data pengguna Facebook yang mencapai 533 juta, baru-baru ini dikabarkan telah dicuri hacker. Facebook menyatakan, tak akan memberi tahu data siapa saja yang telah dicuri.
HNW: Alhamdulillah Sidang Eksepsi Habib Rizieq Berjalan Lancar, Tapi...

Sabtu, 27-Maret-2021 21:30

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid (HNW)
Foto : Istimewa
Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid (HNW)
8

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid (HNW) menyampaikan sejumlah catatan terhadap sidang kasus kerumunan di Petamburan dan Megamendung serta kasus tes swab di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur, Jumat (26/3/2021) kemarin.

Pertama, HNW mengucap syukur karena sidang pembacaan nota keberatan (eksepsi) oleh terdakwa Habib Rizieq Shihab (HRS) yang digelar offline atau tatap muka itu berjalan lancar.

"Sidang eksepsi HRS yang digelar offline Alhamdulillah, Lancar," tulis HNW di akun Twitternya, @hnurwahid, Sabtu (27/3/2021).

Kedua, ia menyoroti sidang yang digelar tertutup dan tak bisa diliput media. Menurut HNW, sesuai prinsip sidang terbuka, seharusnya wartawan diizinkan untuk meliput langsung jalannya persidangan.

Karenanya, Wakil Ketua MPR itu meminta Pengadilan Negeri Jakarta Timur untuk tidak melarang wartawan meliput sidang HRS selanjutnya.

"Tapi sesuai prinsip sidang terbuka, wartawan mestinya boleh hadir. Agar tak diskriminasi hukum lagi, karena persidangan-persidangan yang lain bisa dihadiri wartawan dan demi keadilan,  wartawan jangan dilarang lagi," kata HNW.

Seperti diberitakan, Pengadilan Negeri Jakarta Timur menggelar sidang lanjutan kasus kerumunan di Petamburan dan Megamendung serta kasus tes swab dengan terdakwa Habib Rizieq, Jumat (26/3/2021) kemarin.

Pada sidang dengan agenda pembacaan nota keberatan atau eksepsi oleh terdakwa itu, para awak media tidak diperbolehkan masuk untuk meliput sidang di PN Jaktim oleh petugas yang berjaga di gerbang utama pengadilan.

Sementara di sisi lain, pihak PN Jaktim juga tak menyiarkan jalannya sidang secara daring di kanal YouTube resminya seperti sidang-sidang kasus Habib Rizieq sebelumnya digelar secara virtual atau online.

 

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Nazaruli