Netral English Netral Mandarin
21:25wib
Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melarang kegiatan buka puasa bersama saat ramadan seiring dengan pandemi Covid-19. Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan melarang total operasi semua moda transportasi darat, laut, udara, kereta pada 6 Mei-17 Meri 2021.
Hati-hati Menyimpan Motor Tua, Jika Salah Bisa Menyebabkan Kebakaran 

Jumat, 26-Maret-2021 11:30

ilustrasi
Foto : Sidoardjo News
ilustrasi
14

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Kebakaran terjadi di permukiman padat penduduk di Jalan Pisangan Baru III, Matraman, Jakarta Timur pada Kamis (25/3/2021) dini hari. Ternyata penyebab kebakaran tersebut berasal dari kendaraan roda dua yang terbakar tepat di depan kontrakan. Menurut keterangan warga, motor tersebut adalah motor tua dan sudah tidak terpakai lagi. 

Ternyata kendaraan yang ditinggal atau ditelantarkan dalam waktu lama bisa menimbulkan bahaya. “Terutama kalau motor sudah tua, bisa timbul distrosi kelistrikkan. Maka dari itu sangat disarankan untuk mencopot aki pada motor apabila ditinggal lama,” kata Jusri Pulubuhu, pendiri dan instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) seperti dilansir dari otomotifnet, Jumat (26/3/2021).

 

Baca Juga :

(Dok:NNC/Sulha)

Bagi Anda yang punya motor yang sudah lama tidak terpakai, ada baiknya untuk segera melakukan langkah-langkah berikut ini untuk menhindari terjadinya kebakaran seperti dilansir dari berbagai sumber;

  • Tangki bensin harus full atau kosong sama sekali

Bensin pada tangki motor akan menguap dan menimbulkan korosi apabila mesin jarang dihidupkan, dampaknya akan timbul karat di dalam tangki. Jadi sebisa mungkin isi penuh tangki bensin atau benar-benar dikuras sampai kering. 

  • Cabut aki motor

Jika motor jarang dihidupkan dalam waktu yang lama, pengisian listrik ke aki tidak terjadi. Jika dicabut dari tempatnya, maka aki akan terus mengalirkakn listriknya hingga aki soak atau habis tegangannya. Tegangan ini pula yang bisa menimbulkan kebakaran jika terjadi konslet dan bersentuhan dengan uap bensin.

  • Pilih tempat menyimpan yang baik

Lokasi penyimpanan motor yang sudah tidak terpakai juga harus diperhatikan. Simpan di tempat yang teduh agar tidak terkena sorotan matahari dan terkena hujan yang bisa menimbulkan kerusakan pada cat motor atau malah membuat bensin anda menguap dan menimbulan kebakaran. 

  • Standar tengah

Agar ban motor tidak mudah kempis, gunakan standar tengah dan juga ganjal ban depan dengan kayu tipis atau kardus.

  • Ganti oli

Walaupun tidak dihidupkan dalam waktu lama, jeroan mesin tetap saja perlu perlindungan. Selain itu, hal ini bertujuan agar motor lebih mudah dihidupkan kembali saat akan digunakan. 

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Sulha Handayani