Netral English Netral Mandarin
banner paskah
11:11wib
Manchester City resmi menjadi juara Liga Inggris musim ini setelah pesaing terdekat mereka, Manchester United, kalah dari Leicester City dalam laga pada pekan ke-36 di Stadion Old Trafford, Rabu (12/5 Program vaksinasi gotong royong akan dimulai setelah Idul Fitri, tepatnya pada 17 Mei 2021.Pengadaan vaksin untuk program ini dilakukan oleh pemerintah melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara.
Harganya Terjangkau, Inilah Manfaat Asuransi Belanja Online di Platform E-Commerce

Rabu, 14-April-2021 20:20

Ilustrasi belanja online
Foto : e-millennium com
Ilustrasi belanja online
4

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Bagi Sobat yang sering melakukan transaksi belanja secara online di e-commerce tentunya pernah menemukan opsi tambahan berupa proteksi/perlindungan barang yang akan dibeli, hal ini merupakan salah satu bentuk asuransi pada layanan e-commerce.

Seperti asuransi pada umumnya, asuransi di e-commerce melindungi jiga terjadi kerugian yang dialami pembeli misalnya karena musibah atau barang yang diterima rusak.

Jika demikian, konsumen cukup mengajukan klaim untuk bisa mendapatkan penggantian kerugian finansial atas barang yang dibeli.

Asuransi juga memberikan jaminan perlindungan pada proses pengiriman barang yang dibeli konsumen.

Selain menjamin keamanan produk pada proses pengiriman, asuransi juga memberikan perlindungan dari kerusakan akibat kelalaian dalam penggunaan pada barang yang telah dibeli bahkan beberapa manfaat lainnya.

Konsumen bisa mendapatkan beragam manfaat perlindungan dalam jangka waktu tertentu sesuai jenis barang yang dibeli. Misalnya, barang elektronik yang dibeli tidak sengaja terjatuh atau terkena tumpahan air.

Selama masa proteksi aktif, konsumen bisa mengajukan klaim atas kerusakan barang tersebut kepada penyedia asuransi.

Kabar baiknya, semua manfaat asuransi itu bisa kamu temukan saat berbelanja pada beberapa layanan e-commerce.

Lalu, apa sebenarnya fungsi dari asuransi saat berbelanja secara online di e-commerce? Seperti dikutip dari laman sikapiauangmu.ojk.go,id, Rabu (14/4/2021), berikut ini adalah ulasannya.

1. Mengurangi potensi kerugian akibat risiko kehilangan

Asuransi pada pembelian barang umumnya akan menjamin barang anda dari kehilangan. Dengan itu, Sobat akan bisa sedikit tenang karena jika terjadi risiko kehilangan maka akan ditanggung oleh perusahaan asuransi yang dipilih ketika melakukan transaksi pembelian. Sobat bisa melakukan klaim ketika kehilangan barang yang dipesan secara daring melalui aplikasi penyedia layanan e-commerce tersebut.

2. Mengurangi potensi kerugian akibat risiko kerusakan barang

Selain itu, asuransi barang pada saat belanja daring umumnya juga melindungi barang dari risiko kerusakan. Sering kali, kerusakan akibat pengiriman bisa terjadi terutama pada barang elektronik dan gadget. Dengan jaminan asuransi, Sobat tidak perlu khawatir akan kerusakan selama pengiriman karena sepenuhnya ditanggung oleh perusahaan asuransi selama memenuhi ketentuan klaim.

3. Mencegah potensi kerugian jika barang yang dibeli/diterima tidak sesuai dengan deskripsi produk

Perlindungan yang diberikan oleh perusahaan asuransi akan otomatis mengurangi potensi kerugian finansial yang mungkin terjadi pada setiap transaksi pembeli. Dengan berkurangnya potensi kerugian, setiap pembeli akan semakin diuntungkan dengan jaminan keamanan dari asuransi. Untuk itu, asuransi cukup penting bagi setiap Sobat yang berbelanja di platform online.

4. Jaminan dengan harga terjangkau

Dengan banyaknya jaminan keamanan yang diberikan, harga asuransi barang pada umumnya tidaklah mahal. Biaya asuransi pengiriman umumnya tergantung dari jenis dan berat barang yang akan dikirimkan sehingga harganya cukup bervariasi. Lalu, biaya asuransi standar juga bisa ditambah sesuai dengan tingkat keamanan yang diinginkan.

 

Reporter :
Editor : Irawan HP