Netral English Netral Mandarin
05:32wib
Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melarang kegiatan buka puasa bersama saat ramadan seiring dengan pandemi Covid-19. Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan melarang total operasi semua moda transportasi darat, laut, udara, kereta pada 6 Mei-17 Meri 2021.
Mayoritas Puas, Hanya Pemuda Jakarta yang Tak Puas Kinerja JKW, Netizen:  Jadi Warga Jakarta Puas dengan Rumah DP Rp0?

Senin, 22-Maret-2021 07:22

Presiden Joko Widodo
Foto : Kemsos
Presiden Joko Widodo
13

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Sebagian besar anak muda Indonesia yang disurvei lembaga Indikator Politik Indonesia menyatakan puas dengan kinerja Presiden Joko Widodo. Tapi, mayoritas anak muda Jakarta cenderung tidak puas dengan kerja Jokowi (61.7 persen).

Warganet pun langsung menyoroti hasil survei tersebut dan mengaitkan dengan banyak hal terkait kondisi Jakarta. Di akun FB Mak Lambe Turah, Senin 22 Maret 2021, malah ada netizen yang mengaitkan keberadaan Program Rumah DP Nol Persen.

MLT: “Ga masalah kalo cuman DKI, total penduduknya saja kan 10 jeti. yang di Jawa berkali lipatnya puas.. Santuuuy aja pakde. lagian udah 2 periode.. Next bagiannya yang muda2 yang naek...yang penting bukan yang onoh.”

Kang Hansen: “Gk salah dong rencana pindah ibukota..”

Dien Novita: “Di Jakarta khan penghuninya kebanyakan kadrun fpi212 dkk & anak2-nya muda berprofesi sebagai pendemo bayaran, mak. Wajar dunk kalau tak puas, lagipula si rijik udah dikerangkeng jadi tambah2 deh ga puasnya....”

Hadi Jimo: “Jakarta gak puas,wajarlah.”

Benz: "Jadi warga Jakarta puas dengan dp 0 ?n yang katanya di modali, warga Jakarta yang katanya berpendidikan ter nyata . . . ?

Sebelumnya diberitakan, Direktur Eksekutif IPI Burhanuddin Muhtadi menjelaskan, hasil surveinya menunjukkan 58,6 persen anak muda merasa cukup puas dan 6,8 persen merasa sangat puas.

Hasil survei terbari IPI menggambarkan tingkat kepuasan anak muda terhadap kinerja Jokowi lebih tinggi dibandingkan survei yang dilakukan bulan Februari: 57,8 persen cukup puas dan 5,1 persen sangat puas.

"Mayoritas, 65,4 persen, merasa sangat/cukup puas dengan dengan kerja Presiden Joko Widodo. Kepuasan ini relatif berimbang dengan opini publik pada survei Februari lalu." kata Burhanuddin, Minggu (21/3/2021).

Survei juga menemukan kebanyakan anak muda Jakarta merasa tidak puas, sementara daerah-daerah lain menyatakan cukup puas dan sangat puas.

"Anak muda di DKI mayoritas tidak puas. Kepuasan berimbang pada anak muda di Sulawesi, etnis Minang, dan berpendidikan SD ke bawah," kata dia.

Survei menggunakan pendekatan survei simple random sampling sebanyak 206.983 responden secara acak pada Maret 2018-2020 di seluruh Indonesia dan pernah diwawancarai secara tatap muka langsung dalam rentang 2 tahun terakhir. Toleransi kesalahan (margin of error) sekitar 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Total survei sampel yang berhasil diwawancara sebanyak 1.200 responden warga negara Indonesia berusia 17-21 tahun.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Taat Ujianto