Netral English Netral Mandarin
08:46wib
Hasil survei Indonesia Political Opinion (IPO) menunjukkan bahwa lebih dari 90 persen masyarakat setuju sekolah dan rumah ibadah dibuka kembali meski masih di tengah kondisi pandemi corona. Data pengguna Facebook yang mencapai 533 juta, baru-baru ini dikabarkan telah dicuri hacker. Facebook menyatakan, tak akan memberi tahu data siapa saja yang telah dicuri.
Habib Rizieq Akan Sidang Offline, Mardani: Harapan Publik Dikabulkan Hakim

Kamis, 25-Maret-2021 15:50

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera
Foto : Istimewa
Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera
6

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengucap syukur karena Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim) mengabulkan permohonan terdakwa kasus kerumunan Habib Rizieq Shihab (HRS) dan tim kuasa hukumnya terkait pelaksanaan sidang secara offline.

"Mengucapkan puji syukur, harapan publik sidang Habib Rizieq dilaksanakan secara offline dikabulkan hakim," kata Mardani dalam video yang diunggah di akun Twitternya, Rabu (24/3/2021).

Mardani berharap, dikabulkannya permohonan HRS untuk sidang offline menjadi tanda bahwa pengadilan benar-benar menerapkan asas persamaan di depan hukum (equality before the law).

Mardani juga menghimbau agar sidang kasus-kasus yang menjerat Habib Rizieq diawasi dan dikawal supaya proses hukum berjalan sebagaimana mestinya dan keadilan bisa diwujudkan di pengadilan.

"Ini insya Allah menjadi salah satu tanda equality before the law, bahwa semuanya sama di mata hukum. Dan kita juga harus pastikan due process of law, hukum yang betul-betul menegakkan keadilan dapat diwujudkan di pengadilan nanti," jelasnya.

Seperti diberitakan, Majelis Hakim PN Jaktim mengabulkan permohonan Habib Rizieq dan tim kuasa hukumnya agar sidang kasus kerumunan digelar secara offline. Majelis hakim mencabut penetapan sidang online Rizieq Shihab melalui penetapan nomor 221/Pidsus/2021.

Dengan demikian, maka Habib Rizieq akan dihadirkan langsung di ruang sidang PN Jaktim dalam agenda persidangan selanjutnya.

"Menetapkan, mengabulkan permohonan pemohon dan mencabut tentang penetapan sidang secara online. Memerintahkan penuntut umum hadirkan dalam persidangan pada setiap hari," kata Hakim Ketua, Suparman dalam sidang online di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Selasa (23/3/2021).

Adapun tim kuasa hukum HRS menjamin akan mengikuti protokol kesehatan dalam sidang yang bakal digelar secara offline. Hal itu tertuang dalam surat jaminan yang mereka serahkan kepada majelis hakim dan dibacakan oleh salah satu anggota tim kuasa hukum Rizieq, Alamsyah Hanafiah.

"Bersama ini kami selaku kuasa hukum Muhamamd Rizieq alias Muhammad Rizieq Shihab menjamin pelaksanaan sidang dengan nomor register 221/Pid.B/2021/PN.Jkt.Tim secara offline dengan menghadirkan klien kami atas nama Muhammad Rizieq alias Muhammad Rizieq Shihab akan berlangsung mengikuti protokol kesehatan, antara lain memakai masker, menjaga jarak dan tidak menimbulkan kerumunan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur," kata Alamsyah di persidangan.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sesmawati