Netral English Netral Mandarin
banner paskah
14:27wib
Pemerintah melalui Kementerian Agama memutuskan awal puasa atau 1 Ramadan 1442 Hijriah di Indonesia jatuh pada Selasa (13/4/2021). Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) setuju penggabungan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).
Gus Sahal: Tindakan Kekerasan Dengan Dalil Membela Agama Adalah Pintu Masuk Terorisme

Kamis, 08-April-2021 07:20

Akhmad Sahal
Foto : Twitter
Akhmad Sahal
3

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pengurus Cabang Istimewa NU (PCINU) Amerika Akhmad Sahal mengatakan kalau Ormas-Ormas yang bertindak sendiri adalah awal mula terorisme tumbuh.

Untuk itu, kata dia jangan pernah membiarkan mereka mengambil alih fungsi petugas hukum.

"Kalo yg kek gini dibiarkan, jangan kaget kalo faham agama yg pro terorisme tumbuh sumbur," tulisnya seperti dilansir di Jakarta, Kamis (8/4/2021)

Sahal menambahkan sikap menuding orang lain kafir dan musyrik serta mengintimidasi adalah pintu masuk bagi terorisme dengan dalil membela agama.

"Pintu masuk bagi terorisme adalah sikap mudah menuduh musyrik/ kafir, dan benarkan intimidasi dan kekerasan dgn dalih membela kemurnian agamanya," tulisnya lagi.

Seperti diketahui, sebuah acara pertunjukan seni Jaranan atau biasa disebut Jaran Kepang (mirip pertunjukan kuda lumping) di Medan, Sumatra Utara, dibubarkan sekelompok orang yang mengaku ormas Islam. 

Dalam video yang beredar, terlihat sekelompok orang yang memakai baret merah dan seragam hitam bertuliskan ‘Laskar Khusus Umat Islam FUI DPD Medan’ itu membubarkan aksi pertunjukan seni yang hendak digelar warga. 

Reporter : PD Djuarno
Editor : Sesmawati