Netral English Netral Mandarin
banner paskah
02:56wib
Manchester City melewatkan kesempatan mengunci gelar juara Liga Inggris musim ini seusai menderita kekalahan dari Chelsea, Sabtu (8/5/2021) malam WIB. Potongan surat perihal penonaktifan 75 pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang tidak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK) beredar.
Gempa Malang, Laporan Sementara BPBD Jatim: 1 Orang Meninggal, 1 Luka Ringan, Rumah Warga Rusak

Sabtu, 10-April-2021 19:25

Ilustrasi gempa
Foto : Antara
Ilustrasi gempa
12

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,7 mengguncang Kabupaten Malang, Jawa Timur (Jatim) pada Sabtu (10/4/2021) sekitar pukul 14.00 WIB.

Berdasarkan laporan sementara dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur, dampak dari gempa itu mengakibatkan satu orang meninggal dunia.

"Seorang warga dilaporkan meninggal dunia tertimpa bongkahan batu di Jalur Lumajang-Malang. Sedang satu korban juga mengalami luka ringan," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pelaksana BPBD Jatim, Yanuar Rachmadi, Sabtu (10/4/2021).

Selain itu, Yanuar mengungkapkan, gempa tersebut juga membuat sejumlah fasilitas umum dan rumah warga mengalami kerusakan, salah satunya RSUD Kota Blitar.

Kerusakaan bangunan itu terjadi di beberapa daerah seperti di Malang, Pasuruan, Jember, Lumajang, Trenggalek, Blitar, Gresik, Kediri, dan lainnya.

Saat ini BPBD Jatim masih mendata berapa jumlah rumah warga yang mengalami kerusakan. "BPBD Jatim berkoordinasi dengan 38 kabupaten/kota untuk perkembangan terkait dampak yang ditimbulkan akibat gempa tersebut," ujarnya.

Lebih lanjut, Yanuar menjelaskan, BNPB Jawa Timur mencatat gempa tersebut terasa di 17 kabupaten/kota di Jatim, antara lain Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Pasuruan, Kota Blitar, Kota Malang, Kota Batu, Kabupaten Blitar, Kabupaten Sidoarjo.

Kemudian Kota Surabaya, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Sampang, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Sumenep, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Madiun dan Kabupaten Tuban.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sesmawati