Netral English Netral Mandarin
banner paskah
10:39wib
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberi peringatan kepada sembilan provinsi untuk bersiap siaga dari potensi hujan petir disertai angin kencang yang akan terjadi hari ini. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menambah jalur yang bakal disekat oleh kepolisian selama masa larangan mudik Lebaran pada 6 hingga 17 Mei 2021 mendatang.
Gempa Berkekuatan 7,7 Guncang Kawasan Ini, Sistem Peringatan Tsunami Menyala

Rabu, 10-Februari-2021 23:46

Gempa di kawasan Kepulauan Loyalty
Foto : Theweathernetwork
Gempa di kawasan Kepulauan Loyalty
9

LOYALTY ISLANDIA, NETRALNEWS.COM - Gempa besar berkekuatan skala 7,7 melanda kawasan di dekat Kepulauan Loyalty, Kamis (11/2). 

Kendati demikian, theweathernetwork merilis bahwa setelah evaluasi lebih lanjut, ditentukan tidak ada bahaya tsunami di Pantai Barat AS, British Columbia, atau Alaska setelah gempa besar di Pasifik barat.

"Gempa besar berkekuatan skala 7,7 melanda tenggara Kepulauan Loyalty pada Kamis, 11 Februari 2021," kata Survei Geologi AS.

Menurut USGS, pusat gempa berada 424 km di timur Tadine, Kaledonia Baru, dan berada di kedalaman 10 km. Itu terjadi tepat setelah tengah malam, waktu setempat.

Sistem Peringatan Tsunami AS pada awalnya mengeluarkan pemantauan tsunami untuk Samoa Amerika, dengan potensi tsunami terjadi di wilayah lain termasuk Vanuatu, Fiji, Selandia Baru. Namun, pengumuman itu kemudian dibatalkan untuk area tersebut karena risikonya menurun.

Pernyataan tsunami juga dikeluarkan untuk British Columbia, Alaska, Washington dan California, karena gempa bumi sebesar ini diketahui menghasilkan tsunami yang berpotensi membahayakan pantai di luar wilayah sumber gempa.

Gempa, yang telah ditingkatkan dari skala sebelumnya 7,1 diikuti setidaknya tiga gempa bumi lain di wilayah tersebut dengan kekuatan mulai dari skala 5,7 hingga skala 6,1 dalam rentang waktu lebih dari satu jam.

Reporter :
Editor : Tommy Satria