Netral English Netral Mandarin
banner paskah
14:02wib
Pemerintah melalui Kementerian Agama memutuskan awal puasa atau 1 Ramadan 1442 Hijriah di Indonesia jatuh pada Selasa (13/4/2021). Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) setuju penggabungan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).
Gara-gara Diskon PPnBM, Penjualan Mobil di Februari 2021 Menurun

Sabtu, 13-Maret-2021 20:00

Suasana di dealer mobil Toyota
Foto : PT Toyota Astra Motor
Suasana di dealer mobil Toyota
15

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Kebijakan insentif PPnBM 0 persen di bulan Maret membuat penjualan mobil baru di bulan Februari mengalami penurunan. Sebabnya konsumen lebih memilih menunda pembelian mobil demi mendapatkan potongan diskon PPnBM.

Akibatnya, penjualan mobil di Indonesia mengalami penurunan di Februari 2021, jika dibandingkan pencapaian di Januari 2021.

Berdasarkan data retail sales Gabungan Indsutri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan di Februari hanya sebanyak 46.943 unit.

Angka itu turun jika dibandingkan Januari, yang penjualannya tercatat sebanyak 53.996 unit.

Menurut Kukuh Kumara, Sekertaris Jendral Gaikindo, Selain karena penundaan beli dari konsumen, penurunan juga diakibatkan karena jumlah hari di bulan Februari lebih sedikit ketimbang bulan lainnya.

"Pertama, di Februari itu kan jumlah harinya lebih sedikit ketimbang bulan lainnya. Kedua, konsumen cenderung menunda pembelian karena adanya isu relaksasi PPnBM," ucap Kukuh seperti dilansir GridOto, Sabtu (13/3/2021).

Namun, ia menambahkan, sampai pertengahan Maret 2021 pembelian mobil sudah mulai meningkat.

Meski tak menyebutkan detail jumlahnya, Kukuh berujar peningkatan tersebut disebabkan oleh mulai diberlakukannya relaksasi PPnBM 0 persen.

Ia berharap, relaksasi PPnBM 0 persen ini bisa mendongkrak penjualan mobil di Tanah Air.

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Irawan HP