Netral English Netral Mandarin
banner paskah
05:35wib
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem mulai Rabu (14/4) hingga Kamis (15/4). Cuaca ekstrem ini diakibatkan Siklon Tropis Surigae. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyebut semua komponen utama yang digunakan dalam pengembangan Vaksin Nusantara diimpor dari Amerika Serikat.
Gairahkan Mal, Pengelola Bikin Program Menarik bagi Konsumen, Penasaran?

Sabtu, 20-Februari-2021 00:00

Mal cari cara gairahkan belanja masyarakat.
Foto : Belanja
Mal cari cara gairahkan belanja masyarakat.
17

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan pemerintah berusaha meningkatkan kepercayaan konsumen untuk kembali berbelanja agar perekonomian nasional dapat kembali bergerak. Hal tersebut disampaikan Mendag Lutfi saat memberi pidato kunci dalam Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (Rakernas APPBI) 2021.

“Saat ini konsumen menahan diri untuk berbelanja dan mengajukan kredit. Pemerintah berupaya menggenjot tingkat konsumsi masyarakat untuk mendukung berbagai sektor agar dapat terus berjalan. Pemerintah juga berupaya agar konsumen memilikikepercayaan untuk berbelanja dan mengajukan kredit sehingga dapat menggerakkan perekonomian,” kata Mendag Lutfi, dalam siaran persnya, Jumat, (19/2/2021).

Di masa pandemi Covid-19 saat ini, masyarakat cenderung mengurangi atau menahan diri mengunjungi pusat perbelanjaan untuk mengurangi risiko tertular Covid-19. Untuk itu, Pemerintah akan terus berupaya menggerakkan aktivitas konsumsi.Bank Indonesia memperkirakan pertumbuhan ekonomi tahun 2021 berada di kisaran 4,3 sampai 5,3 persen. Perkiraan ini lebih rendah dari perkiraan sebelumnya yang ada di kisaran 4,8 hingga 5,8 persen.

Dalam Rakernas tersebut, Mendag Lutfi juga mengajak APPBI untuk sama-sama membahas permasalahan yang dihadapi pusat perbelanjaan. Pusat-pusat perbelanjaan termasuk salah satu sektor yang terdampak cukup dalam akibat pandemi Covid-19.

“Saya persilakan APPBI untuk datang ke kantor saya, duduk bersama-sama. Dialog dan kerja sama antara pemerintah dan dunia usaha diperlukan untuk dapat melalui dan mengatasi masa sulit ini,” ungkap Mendag Lutfi.

 

Reporter : Sulha
Editor : Sulha Handayani