Netral English Netral Mandarin
banner paskah
15:23wib
Isu reshuffle kabinet kian mengemuka pasca rencana penggabungan Kemenristek ke dalam Kemendikbud. Satgas Penanganan Covid-19 memastikan pengembangan vaksin Merah Putih tetap berjalan dan tidak terpengaruh peleburan Kemenristek dengan Kemendikbud.
Emrus: Saya Menyerukan Kepada SBY, AHY dan Moeldoko Segera Islah

Selasa, 09-Maret-2021 21:40

Pengamat komunikasi politik Emrus Sihombing
Foto : Media Indonesia
Pengamat komunikasi politik Emrus Sihombing
39

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pengamat komunikasi politik Emrus Sihombing menyarankan agar Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Moeldoko untuk segera islah guna menyelesaikan konflik di Partai Demokrat.

"Mengamati wacana yang muncul terkait konflik di Demokrat, saya menyerukan kepada SBY, AHY dan Moeldoko agar segera menempuh jalur islah," kata Emrus melalui keterangan tertulis yang diterima netralnews.com, Selasa (9/2/2021).

Emrus berpendapat, jika SBY, AHY dan Moeldoko tidak segera islah, maka kisruh yang terjadi di Demokrat akan semakin tajam dan sulit untuk diselesaikan, karena masing-masing pihak bakal saling 'serang' dan membuka kelemahan satu sama lain di ranah publik.

"Jika tidak, dari aspek komunikasi saya berhipotesa, semakin tajam dan lama konflik tidak terselesaikan, maka semakin terjadi saling membuka kelemahan satu dengan lain yang dikemas dalam bentuk pendapat, argumentasi dan atau diksi sehingga berpotensi saling serang dan membuka pembicaraan bersifat privat  (internal) di Demokrat yang terjadi selama ini, untuk disampaikan ke ruang publik," ungkap Emrus.

"Dengan kata lain, pembicaraan teritorial privat yang selama ini mereka lakukan, bisa mengemuka dan menjadi konsumsi publik," jelasnya.

Apabila ini terjadi, lanjut Emrus, maka tentu tidak produktif bagi Partai Demokrat dalam rangka kerja-kerja politik ke depan.

Kongres Luar Biasa (KLB) juga semakin mengemuka.

Seperti diketahui, konflik di Partai Demokrat kian memanas setelah sejumlah kader yang dipecat DPP Demokrat pimpinan AHY menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) di Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut) pada Jumat (5/3/2021) menetapkan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko sebagai Ketum Demokrat periode 2021-2025.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Taat Ujianto