Netral English Netral Mandarin
banner paskah
23:36wib
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Inspektur Jenderal Istiono bakal memberi sanksi dua kali lipat kepada personelnya yang kedapatan meloloskan pemudik pada 6-17 Mei 2021 mendatang. Presiden Joko Widodo meminta semua anggota Kabinet Indonesia Maju dan pimpinan lembaga tinggi negara untuk tidak mengadakan acara buka puasa bersama di tengah pandemi virus corona (Covid-19).
Dukung Inovasi Pariwisata Berbasis Otomotif, Sandiaga: Semoga Berkontribusi untuk Pertumbuhan Pariwisata

Selasa, 02-Maret-2021 23:00

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno.
Foto : Setkab
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno.
20

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Sektor Pariwisata di Indonesia kini tengah lesu menyusul adanya pandemi Covid-19. Padahal sebelumnya, sektor ini jadi salah satu andalan pemerintah mendapatkan devisa. Karena itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno langsung memberikan dukungan begitu ada gagasan baru yang berpotensi menumbuhkan pariwisata di Indonesia.

Dukungan Sandi diberikan untuk Perkumpulan Wisata Otomotif Indonesia (PWOI) dalam mengembangkan pariwisata berbasis otomotif di Indonesia.

Salah satu program yang digagas PWOI adalah "Wonderful Ride Indonesia", sebuah gerakan untuk mendorong pemberdayaan wisata berbasis otomotif di Tanah Air.

"Saya hari ini menerima Ketua Umum PWOI yang menggagas 'Wonderful Ride Indonesia'. Bagaimana wisata berbasis otomotif ini bisa berkontribusi terhadap pertumbuhan pariwisata di Indonesia," kata Sandiaga dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (2/3/2021).

Sandiaga mendorong PWOI untuk berinovasi dan beradaptasi, termasuk berkolaborasi dengan berbagai pihak, terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini untuk dapat mendorong bangkitnya pariwisata dan ekonomi kreatif.

Dilihat dari tren pariwisata ke depan, Sandiaga mengatakan bahwa para wisatawan akan lebih memilih wisata berkonsep personalized, localized, dan smaller in size, di mana wisata berbasis otomotif ini sangat sejalan dan juga memberikan alternatif pengalaman berwisata bagi wisatawan.

"Kita akan mendukung pengembangan pariwisata berbasis otomotif ini di Indonesia," kata Sandiaga.

Ketua Umum PWOI Rezza Artha menjelaskan, melalui gerakan ini pihaknya ingin masyarakat otomotif Indonesia berpartisipasi lebih jauh dengan dunia pariwisata. Dia melihat korelasi yang kuat antara dunia otomotif dengan pariwisata Indonesia, di mana pariwisata yang maju perlu didukung dengan masyarakat otomotif yang juga maju.

"Kita melihat di beberapa lokasi akan kesuksesan event-event otomotif, bagaimana mereka dapat sampai meningkatkan okupansi hotel, rumah makan, dan sebagainya. Itu yang mau kita dukung ke depan bagaimana penggemar otomotif Indonesia semakin berkontribusi positif terhadap perekonomian terutama di bidang pariwisata," kata Rezza.

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Widita Fembrian