Netral English Netral Mandarin
banner paskah
08:37wib
Pemerintah melalui Kementerian Agama memutuskan awal puasa atau 1 Ramadan 1442 Hijriah di Indonesia jatuh pada Selasa (13/4/2021). Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) setuju penggabungan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).
Duka dan Kemarahan, Perasaan BTS mengenai Asian Hate

Rabu, 31-Maret-2021 15:50

Boyband asal Negeri Ginseng, BTS.
Foto : USA Today
Boyband asal Negeri Ginseng, BTS.
41

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Gerakan #StopAsianHate mulai bermunculan setelah seorang pria berkulit putih di Amerika melepas tembakan secara membabi buta di tiga panti pijat di Cherokee County, Amerika Serikat.

Penembakan yang dilakukan oleh Robert Aaron Long tersebut menewaskan 8 orang dan 6 orang di antaranya adalah wanita keturunan Asia.

Melalui media sosial, boyband asal Negeri Ginseng, BTS menyatakan dukungannya untuk gerakan #StopAsianHate ini.

"Kami mengirimkan belasungkawa yang terdalam kepada mereka yang telah kehilangan orang yang mereka cintai," pernyataan itu diposting oleh BTS dalam bahasa Korea maupun Inggris. 

“Kami merasakan kesedihan dan kemarahan. Kami ingat saat-saat dimana kami menghadapi diskriminasi sebagai orang Asia.” kata BTS.

Dalam pernyataan itu, BTS juga menyampaikan bagaimana pengalaman mereka sendiri dengan rasisme. BTS menerima kata-kata kotor dan ejekan dikarenakan oleh penampilan mereka. Bahkan, mereka mendapat banyak pertanyaan mengapa orang Asia dapat berbicara dalam bahasa Inggris.

Tidak berdaya dan merasa harga dirinya dijatuhkan, itulah yang dirasakan oleh para anggota BTS saat menerima aksi diskriminasi sebagai orang Asia.

"Kami tidak bisa mengungkapkan dengan kata-kata rasa sakit menjadi subjek kebencian dan kekerasan karena alasan seperti itu," lanjut BTS dalam pernyataan yang mereka posting ke media sosial.

Menurut BTS, apa yang mereka rasakan ini sama sekali tidak penting dibandingkan dengan peristiwa penembakan yang terjadi di Cherokee County. 

BTS menjelaskan bahwa mereka membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memutuskan bagaimana sebenarnya mengkomunikasikan pesan yang sangat penting ini.

BTS mengutuk dan menentang Asian Hate. “Kami menentang diskriminasi rasis. Kami mengutuk kekerasan. Anda, saya dan kita semua memiliki hak untuk dihormati. Kami akan berdiri bersama.” kata BTS mengakhiri pernyataan mereka dalam mendukung gerakan #StopAsianHate."

Reporter : Viska Gabrila
Editor : Irawan HP