Netral English Netral Mandarin
banner paskah
18:34wib
Seorang anggota TNI AD berinisial DB luka-luka dan anggota kepolisian berinisial YSB tewas setelah diduga menjadi korban pengeroyokan oleh orang tak dikenal. Sebuah survei yang diinisiasi Lembaga Survei Indonesia (LSI) menemukan mayoritas pegawai negeri sipil (PNS) menilai tingkat korupsi di Indonesia meningkat.
Mendadak Spiritual, Manusia Suka Salah Memahami Tuhan, DS: Kejahatan Itu Tidak Ada, yang Ada adalah...

Jumat, 12-Februari-2021 11:05

Mendadak Spiritual, Manusia Suka Salah Memahami Tuhan, Denny Kejahatan Itu Tidak Ada, yang Ada adalah...
Foto : Istimewa
Mendadak Spiritual, Manusia Suka Salah Memahami Tuhan, Denny Kejahatan Itu Tidak Ada, yang Ada adalah...
6

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pegiat media sosial Denny Siregar mengucapkan selamat Tahun Baru Imlek kepada semua yang merayakannya. Uniknya, tiba-tiba ia kembali unggah kata-kata berbau spiritual. Jumat (12/2/21), ia membuat catatan renungan berjudul "Ilmu Paham".

Menurutnya, Manusia itu suka salah memahami maksud Tuhan. Ketika seseorang diberi kesempitan rejeki, dia menganggapnya itu cobaan. Padahal itu bagian dari rencanaNya, supaya orang itu beralih pekerjaan.

Oleh sebab itu ia menyarankan agar kita merubah sudut pandangterhadap keberadaan Tuhan, maka kita akan melihat betapa semua yang ada di dekatmya adalah peluang.

"Bukan peluang itu tidak ada, engkaulah yang selama ini membutakan matamu dengan keluhan, sehingga tidak dapat melihatnya," kata Denny.

Berikut catatan lengkap Denny Siregar:

ILMU PAHAM

Manusia itu suka salah memahami maksud Tuhan..

Ketika seseorang sakit keras, dianggapnya itu musibah. Padahal itu bagian dari kasih sayangNya untuk menggugurkan dosa. Ketika seseorang diberi kesempitan rejeki, dia menganggapnya itu cobaan. Padahal itu bagian dari rencanaNya, supaya orang itu beralih pekerjaan.

Ketika seseorang ditipu temannya, dia menganggap itu sebagai ujian. Padahal itu bagian dari caraNya supaya manusia itu belajar.

Begitu mudah kita menyimpulkan, tanpa mau berfikir lebih keras apa makna dari sebuah peristiwa yang dihadirkan. Seandainya kita mau sedikit saja menggeser sudut pandang kita dari sisi yang biasanya, maka kita akan bisa melihat sesuatu yang berbeda.

Yang biasa kita lihat masalah, ternyata disana ada peluang. Yang biasa kita lihat sebagai cobaan, ternyata itu bagian dari pembelajaran.

Yang biasa melihat bahwa itu ujian, ternyata itu bagian dari melatih kaki-kaki kita, supaya kuat menghadapi nikmatnya rejeki di depan.

Itulah kenapa kita wajib berprasangka baik padaNya. Karena memang Ia adalah pusat dari segala kebaikan..

"Jika Dia adalah pusat kebaikan, lalu kenapa ada kejahatan ?" Tanya temanku.

Kejahatan itu sebenarnya tidak ada, yang ada adalah hilangnya kebaikan. Gelap itu sejatinya tidak ada, yang ada adalah hilangnya cahaya.

Kebaikan itu adalah wujud seperti halnya cahaya. Kita sendiri yang menghilangkannya, lalu kita mengeluh bahwa kita kehilangan..

Rubah sudut pandangmu terhadap keberadaan Tuhan, maka engkau akan melihat betapa semua yang ada didekatmu adalah peluang.

Bukan peluang itu tidak ada, engkaulah yang selama ini membutakan matamu dengan keluhan, sehingga tidak dapat melihatnya.

Kalau mulai paham, saatnya seruput kopi dulu, kawan..

"Kamu kok sekarang suka bicara tentang spiritual ?"

Aku ketawa, "Soalnya penjahatnya sudah banyak yang dipenjara. Aku jadi gak ada bahan tulisan tentang kejahatan mereka.."

Selamat merayakan Imlek untuk saudara2ku yang sedang merayakan..

Denny Siregar

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Taat Ujianto