Netral English Netral Mandarin
banner paskah
10:10wib
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberi peringatan kepada sembilan provinsi untuk bersiap siaga dari potensi hujan petir disertai angin kencang yang akan terjadi hari ini. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menambah jalur yang bakal disekat oleh kepolisian selama masa larangan mudik Lebaran pada 6 hingga 17 Mei 2021 mendatang.
DS: Hebat nih, Jakarta Bisa Turun Salju, Ini Pasti karena Gubernurnya Seiman... 

Kamis, 18-Februari-2021 08:45

Denny Siregar sebut Hebat nih, Jakarta Bisa Turun Salju, Ini Pasti karena Gubernurnya Seiman... 
Foto : Istimewa
Denny Siregar sebut Hebat nih, Jakarta Bisa Turun Salju, Ini Pasti karena Gubernurnya Seiman... 
5

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Merasa tergelitik, Denny Siregar menanggapi foto Gunung Gede Pangrango yang konon tampak terlihat jelas dan besar dilihat dari Kemayoran, Jakarta.

"Wahhh hebat nih @dinaslhdki @aniesbaswedan..  Jakarta bisa turun salju gitu ya? Ini pasti karna Gubernurnya seiman..," kata Denny, Rabu malam (17/2/21).

Denny juga mengunggah video yang menggambarkan salju turun di foto tersebut. 

Sebelumnya diberitakan, foto Gunung Gede Pangrango yang terlihat jelas dari Kemayoran, Jakarta Pusat viral di media sosial. Banyak yang membahas, ada pula yang mempertanyakan apakah foto itu asli. Fotografernya lalu angkat bicara.

Foto yang viral itu dijepret oleh Ari Wibisono. "Pemandangan Gunung Gede Pangrango di Kemayoran Jakarta Pusat Pagi ini, menandakan kualitas udara sedang bersih Jakartans," tulis Ari Wibisono di akun Instagram-nya pada Rabu (17/2/2021).

Foto itu diunggah ulang (repost) oleh akun resmi Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, lalu membagikan unggahan Dinas LH DKI itu di Instagram Story miliknya.

Dalam keterangannya, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta Syaripudin mengklaim adanya dampak positif terhadap lingkungan dengan penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Hal itu, kata dia, ditandai kualitas udara Ibu Kota yang membaik dan kondisi langit yang biru cerah selama PSBB.

"Hal ini karena adanya peningkatan signifikan gaya hidup baru penggunaan sepeda sebagai alat transportasi ramah lingkungan dan adanya pengetatan kewajiban uji emisi bagi kendaraan bermotor," kata Syaripudin dalam keterangan tertulis, Rabu (17/2/2021).

Jepretan Ari Wibisono ini jadi lalu bahan perbincangan di media sosial karena penampakan Gunung Gede Pangrango yang terlihat sangat besar. Terkait sorotan itu, Ari Wibisono lalu memberi penjelasan.

Ari Wibisono membuat klarifikasi di Instagram. detikcom telah meminta ijin untuk mengutip klarifikasi tersebut.

"Sempat ramai dibahas bahwa foto saya adalah tempelan gunungnya. Saya jelaskan ini foto hasil real saya di Kemayoran, Jakarta Pusat," tulis Ari Wibisono.

Dia mengaku memotret dengan zoom 260mm. Foto dijepret dari Flyover Jl HBR Motik Kemayoran, Jakarta Pusat. Ari Wibisono menampilkan koordinat lokasi pemotretan.

Ari Wibisono juga memperlihatkan EXIF file fotonya. Selain itu, dia menunjukkan hasil jepretan di lokasi yang sama sebelumnya. Dia pernah memotret dengan lensa 100mm dan drone. Ari Wibisono kemudian mengunggah hasil jepretan Gunung Gede Pangrango karya fotografer lain yang juga terlihat besar.

"Sebelum mengkoreksi sebuah karya, boleh dicoba dengan tempat yang sama dan lensa yang sama ukurannya. Saya jamin di titik itu ketika udara bersih ibukota Gunung Gede Pangrango akan terlihat jelas dengan mata telanjang," tulisnya  dinukil Detik.com.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Taat Ujianto