Netral English Netral Mandarin
banner paskah
18:27wib
Seorang anggota TNI AD berinisial DB luka-luka dan anggota kepolisian berinisial YSB tewas setelah diduga menjadi korban pengeroyokan oleh orang tak dikenal. Sebuah survei yang diinisiasi Lembaga Survei Indonesia (LSI) menemukan mayoritas pegawai negeri sipil (PNS) menilai tingkat korupsi di Indonesia meningkat.
Heboh DPC Gerindra Minta Gubernur Anies Mundur, AA: Pendukung Kini Sadar Memang Tak Berkualitas

Senin, 25-January-2021 09:10

DPC Gerindra Minta Gubernur Anies Mundur, Ade Armando sebut Pendukung Kini Sadar Memang Tak Berkualitas
Foto : Kolase Tribunnews
DPC Gerindra Minta Gubernur Anies Mundur, Ade Armando sebut Pendukung Kini Sadar Memang Tak Berkualitas
14

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra Jakarta Timur Ali Lubis yang minta Anies Baswedan mundur. Pernyataan tersebut langsung viral di sosial media.

Dosen Universitas Indonesia (UI), Ade Armando ikut menimpali, katanya: "Bahkan pendukung Anies pun kini sadar bahwa sang Gubernur memang tidak berkualitas."

Sementara sebelumnya diberitakan, Pemuda Muhammadiyah juga memberikan tanggapan keras kepada Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra Jakarta Timur Ali Lubis yang meminta Anies mundur sebagai gubernur.

Pemuda Muhammadiyah menilai pernyataan Ali Lubis itu sebagai pelanggaran etika politik.

Adapun alasan Ali mengeluarkan pernyataan itu sebagai kritik penanganan Covid-19 di DKI Jakarta oleh Anies.

"Ini menunjukkan bahwa saudara Ali Lubis gagal memahami politik relasi yang beretika dan beradab, dikarenakan Gerindra adalah partai pengusung utama Anies Baswedan-Sandiaga Uno pada Pilkada DKI Jakarta 2017," ujar Ketua Bidang Hikmah dan Hubungan Antar Lembaga Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah DKI Jakarta Ristan Alfino dalam keterangan tertulis, Ahad, 24 Januari 2021.

Ristan mengatakan sebagai ketua DPC Gerindra Jakarta Timur, Ali Lubis seharusnya memiliki kedekatan dan komunikasi yang mudah dengan Anies. Jalur personal ini seharusnya dioptimalkan oleh Ali untuk menyampaikan saran dan kritik tentang penanganan Covid-19.

Apa lagi saat ini jabatan Wakil Gubernur DKI Jakarta ditempati oleh Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. Selama menjabat, Wagub DKI Riza Patria turut mendampingi Anies dalam penanganan Covid-19.

"Jadi secara tidak langsung, Ali Lubis sedang menjalankan peran yang ambigu sebagai ketua DPC Gerinda Jakarta TImur," kata Ristan.

Ristan  mengatakan pendapat Ali Lubis tersebut akan menimbulkan tanya di masyarakat soal hubungan Gerindra dengan Anies. Apa lagi pada 2022, Pilkada DKI Jakarta akan kembali digelar.

"Apakah ini design internal partai untuk mendown grade Anies Baswedan secara personal?" ujar Arifin.

Ia berharap kegaduhan serupa tidak kembali terjadi dan etika dalam berpolitik khususnya di ruang publik harus dikedepankan. Ristan, yang mewakili Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah DKI Jakarta, meminta kepada ketua DPD Gerindra DKI Jakarta untuk memecat Ali Lubis dari jabatannya karena meminta Anies Baswedan mundur.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Taat Ujianto