Netral English Netral Mandarin
04:23wib
Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melarang kegiatan buka puasa bersama saat ramadan seiring dengan pandemi Covid-19. Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan melarang total operasi semua moda transportasi darat, laut, udara, kereta pada 6 Mei-17 Meri 2021.
Dokter Tirta Sebut Melly Goeslaw Pakai Eye Shield untuk Tembak-tembakan

Senin, 11-January-2021 15:00

dr Tirta Mandira Hudhi
Foto : Twitter dr Tirta
dr Tirta Mandira Hudhi
10

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Tirta Mandira Hudhi, akrab disapa Cipeng atau dr Tirta komentari penampilan Penyanyi Melly Goeslaw dalam sebuah pertunjukan. Saat itu, Melly hanya memakai eye shield, bagai pelindung mata untuk permainan tembak-tembakan. 

Foto Melly bahkan diunggah di Media Sosial Instagramnya. Lalu, foto itu di-take down karena dr Tirta merasa, hal itu sudah viral di Twitter sebelumnya.

"Saya mengkritisi Teh Melly karena itu bukan face shield, itu eye shield. Eye shield itu biasanya digunakan untuk tembak-tembakan, Paintball," tegas dr Tirta, dikutip dari pernyataan di unggahan Instagramnya, Senin (11/1/2021).

Tirta mengaku bahwa Melly bukan orang pertama yang dia kritisi, salah satu musisi yang dikritisi lainnya adalah Musisi Anji. Menurut dr Tirta, kritisi disampaikan agar tidak menimbulkan kesalahpahaman di tengah masyarakat. 

"Mending nggak usah pakai pakai face shield kalau perform," tegas dr Tirta.

Pernyataan ini disampaikan dr Tirta, pasalnya dia sudah memberikan keterangan sejak Bulan Juli. Bagi artis atau musisi yang tampil dalam suatu acara dan tidak mengenakan masker, itu tidak apa-apa. 

"Seharusnya tetap pakai masker, tapi kalau karena ada tujuan hiburan, nggak apa-apa. Kenapa? Yang penting jaga jarak, setelah perform pakai masker lagi," jelas dr Tirta. 

Lantas kenapa tidak boleh mengenakan face shield saja? Pasalnya face shield hanya melindungi dari percikan saja. 

"Sudah diterangkan sejak Juli, Agustus, September. Di Kemenparekraf juga ada dituliskan, kalau perform (masker) dicopot nggak apa-apa," jelas dia.

Selain itu, dr Tirta juga menuliskan kembali keterangan terkait face shield. Dirinya mengaku sudah berdiskusi dengan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat. 

Diskusi mengusulkan bahwa:

Pertama, saat tampil, silakan artis tidak menggunakan masker selama performing saja. Tapi ada edukasi 10 detik jaga jarak dan swab rutin. 

Kedua, di Kemenparekraf, lepas masker tidak masalah bagi performer asalkan jaga jarak 2 M selama perform, swab rutin mingguan, dan juga pake masker setelah perform.

"Kenapa foto beliau yg di-update, karena pake face shield dah salah, dan itu bukan face, itu eye shield yg buat paint ball. Saya bahkan dulu update foto beberapa performer di podcast @mastercorbuzier kok hehe. Kalo mash inget," jelas dr Tirta.

Apabila ada pihak yang tersinggung, dr Tirta meminta maaf. Dia mengaku orang jalanan yang kerap "nge-gas" bila berbicara.

"Caraku ngene slur," kata dia.

 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Irawan HP