Netral English Netral Mandarin
banner paskah
13:54wib
Ketua PP Muhammadiyah Bidang Hukum dan HAM Busyro Muqqodas menyebut riwayat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tamat di tangan pemerintahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengingatkan anak buahnya untuk mengawasi pergerakan orang di Hari Raya Idul Fitri. Khususnya mengantisipasi kerumunan akibat silaturahmi.
Dimulai dari Bandara, Begini Persiapan Bali Sambut Wisatawan

Sabtu, 10-April-2021 09:50

Bali siap membuka diri kembali untuk wisatawan.
Foto : Kemenparekraf
Bali siap membuka diri kembali untuk wisatawan.
9

DENPASAR, NETRALNEWS.COM -Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meninjau pelayanan GeNose C19 yang baru beroperasi di kawasan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali.

"Hadirnya testing GeNose C19 di bandara dapat membangkitkan rasa percaya diri atau confidence dari para wisatawan dan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif," ujar Sandiaga Uno, dalam siaran persnya, Sabtu, (10/4/2021).

Ia mengatakan pelayanan GeNose C19 tersebut juga dapat membangkitkan harapan untuk menekan laju penularan pandemi COVID-19.

"Kita harus tingkatkan dan perluas testing, dan testing GeNose C19 ini sudah menggunakan produk hasil anak bangsa yang juga membuka peluang usaha dan peluang ekonomi agar mobilitas terjaga, denyut nadi terutama Bali sebagai destinasi wisata juga bisa segera bangkit dan pulih kembali dalam bingkai protokol kesehatan yang ketat dan disiplin," katanya.

Di Bandara Ngurah Rai, saat ini terdapat delapan unit alat GeNose C19 dengan kapasitas pemeriksaan per unit alat mencapai 15 hingga 20 orang setiap jamnya.

"Kapasitas ini tentunya masih belum maksimal, kita mendorong terus dari sisi produksinya, agar industrialisasi dari proses menghadirkan dan memproduksi GeNose ini bisa ditingkatkan," ungkap Sandiaga Uno.

Sementara itu, General Manager Kantor Cabang PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Herry A.Y Sikado mengatakan, layanan GeNose C19 dihadirkan sebagai salah satu upaya dalam memberikan kemudahan terhadap pengguna jasa bandara dalam melengkapi persyaratan penerbangan di masa adaptasi kebiasaan baru.

"Pada penerbangan masa Adaptasi Kebiasaan Baru, pengguna jasa bandara wajib melakukan tes kesehatan untuk memastikan diri bebas COVID-19, tentunya kami berupaya memberikan kemudahan bagi mereka untuk memperoleh layanan tes kesehatan yang relatif murah dengan menghadirkan fasilitas layanan GeNose C19," katanya.

Layanan tersebut beroperasi setiap hari pada pukul 09.00-19.00 Wita di area publik keberangkatan domestik Bandara Ngurah Rai dengan harga Rp40 ribu bagi setiap calon penumpang yang melakukan tes kesehatan GeNose C19.

Sementara Dewan Pengurus Wilayah Nawa Cita Pariwisata Indonesia (DPW NCPI) Bali terus berupaya memulihkan pariwisata dengan berbagai kegiatan di tengah pandemi COVID-19.

"Kami bersama pemangku kepentingan pariwisata dan pemerintah terus berupaya memulihkan sektor pariwisata yang menjadi andalan pendapatan masyarakat Bali, termasuk juga Indonesia," kata Ketua DPW NCPI Bali Agus Maha Usadha.

Ia mengatakan untuk mendukung langkah-langkah pemulihan pariwisata tersebut maka diperlukan skenario khusus bagi Bali.

Ia mengatakan dalam membangkitkan sektor pariwisata diperlukan perhatian juga terhadap bidang pertanian dalam arti luas yang wajib menjadi prioritas untuk dikembangkan pada masa mendatang.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan melalui webinar mengatakan pihaknya mendukung langkah-langkah yang dilakukan NCPI Bali, seperti menggelar seminar tersebut.

Dalam membangkitkan kembali pariwisata, khususnya di Bali, pihaknya mendukung gerakan vaksinasi massal sehingga kepercayaan wisatawan meningkat dan mereka merasa aman mengunjungi "Pulau Dewata" itu.

"Saya mendukung gerakan para pemangku kepentingan pariwisata untuk memulihkan sektor pariwisata di Bali. Langkah-langkah yang telah dilakukan dengan melakukan vaksinasi COVID-19 secara massal sesuai dengan program pemerintah adalah langkah tepat untuk membangkitkan semua sektor agar roda perekonomian kembali normal," ucapnya.

Ia mengatakan saat ini pemerintah terus berupaya melakukan program vaksinasi kepada masyarakat Indonesia, termasuk di Bali.

Dengan langkah ini, diharapkan pada Juni mendatang sudah menjadi zona hijau sehingga seluruh objek wisata yang vital di Bali aman dikunjungi wisatawan.

"Jika semua masyarakat sudah divaksinasi, maka optimisme mendatangkan wisatawan lebih terjamin. Begitu juga wisatawan akan merasa aman berkunjung ke objek-objek wisata," katanya.

Dalam seminar sehari tersebut juga menghadirkan pembicara kunci lewat webinar, yakni Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Ia mengatakan anggaran program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) 2021 akan meningkat hingga total menjadi Rp619 triliun dari sebelumnya pemerintah menganggarkan Rp533,1 triliun. 

Reporter : Sulha
Editor : Sulha Handayani