Netral English Netral Mandarin
banner paskah
09:34wib
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberi peringatan kepada sembilan provinsi untuk bersiap siaga dari potensi hujan petir disertai angin kencang yang akan terjadi hari ini. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menambah jalur yang bakal disekat oleh kepolisian selama masa larangan mudik Lebaran pada 6 hingga 17 Mei 2021 mendatang.
Dikonsumsi Para Atlet Dunia, Inilah Manfaat Buah Pisang

Sabtu, 06-Februari-2021 15:20

Pisang banyak memberi manfaat kesehatan.
Foto : Dietku
Pisang banyak memberi manfaat kesehatan.
2

JAKARTA, NETRALNEWSLCOM - Suatu kali ada pertandingan tenis tingkat dunia antara Andre Agassi melawai rivalnya Pete Sampras. Di tengah pertandingn saat break, Agassi maupun Sampras terlihat mengonsumsi buah pisang.

Di lain kesempatan, saat pertandingan sepakbola, almarhum Maradona juga terlihat mengonsumsi pisang saat istirahat. Mengapai atelet kelas dunia kerap disarankan mengonsumsi pisang?

Ternyata begitu banyak manfaat buah pisang ini yang perlu Anda ketahui. Dilansir dari berbagai laman, termasuk laman manfaat bah dan lainnya, disebutkan pisang mengandung tiga gula alami - sukrosa, fruktosa dan glukosa yang dikombinasikan dengan serat.

Buah Pisang memberikan dorongan instan pada pecernaan secara berkelanjutan dan energi substansial. Penelitian telah membuktikan bahwa dengan hanya dua buah Pisang akan memberikan energi yang cukup untuk sebuah latihan berat selama 90 menit.

Tidak heran mengapa Pisang adalah buah nomor satu bagi kebanyakan atlet terkemuka di dunia. Supply energi bukan satu-satunya yang didapat dari Pisang tetapi Pisang dapat membantu kita agar tetap fit.

Hal ini juga dapat membantu mengatasi atau mencegah dan mengatasi sejumlah besar penyakit dan kondisi badan yang kurang fit, sehingga Pisang merupakan suatu keharusan untuk melengkapi diet harian.

DepresiMenurut survei yang dilakukan oleh MIND diantara pasien penderita Depresi, banyak orang merasa lebih baik setelah makan Pisang. Hal ini terjadi karena Pisang mengandung tryptophan, sejenis protein yang akan diubah oleh tubuh menjadi serotonin, yang akan membuat anda menjadi relax, memperbaiki suasana hati (mood) dan secara umum akan membuat seseorang merasa lebih nyaman. Bagi Penderita DiabetesMakanlah Pisang setiap hari. Karena Vitamin B6 terkandung dalam Pisang akan mengontrol tingkat glukosa darah anda dan akan mempengaruhi suasana hati Anda.

Bagi Penderita AnemiaPisang mengandung Zat Besi Tinggi, Pisang juga dapat merangsang produksi hemoglobin dalam darah dan banyak membantu dalam berbagai kasus anemia (kurang darah). 

Bagi Penderita Tekanan Darah Tinggi:Buah tropis yang unik ini sangat tinggi kalium namun rendah garam, sehingga sempurna untuk mengalahkan tekanan darah. Begitu banyak gunanya sehingga US Food and Drug Administration (Departemen Pengawasan Obat dan Makanan Amerika) baru saja mengizinkan perkebunan Pisang untuk melakukan klaim resmi mengenai kemampuan buah ini untuk menurunkan resiko tekanan darah dan stroke.

Menambah Kemampuan Otak200 siswa di sekolah Twickenham (Middlesex) sangat terbantu dalam ujian mereka tahun ini karena memakan Pisang pada saat sarapan, saat istirahat dan saat makan siang, dalam upaya untuk meningkatkan kekuatan otak mereka.Penelitian telah membuktikan bahwa buah dengan kandungan kalium tinggi dapat membantu siswa dalam belajar dan juga membantu siswa menjadi semakin peka dalam berpikir.

SyarafPisang mengandung Vitamin B dalam kadar tinggi yang sangat membantu dalam menenangkan sistem saraf.

Bagi Penderita Obesitas Yang Bekerja ?Studi pada Institut Psikologi di Austria menemukan bahwa tekanan pada saat kerja menyebabkan orang sering meraih makanan dan camilan seperti, snack, coklat dan keripik. Setelah meneliti 5.000 pasien di rumah sakit, para peneliti menemukan bahwa kebanyakan orang yg menderita kegemukan lebih sering berada  dalam tekanan kerja yang tinggi.

Banyak Laporan yang menyimpulkan bahwa untuk menghindari panik akibat tekanan kerja yang berlebihan dan nafsu yang tinggi untuk memakan makanan apapun, kita perlu mengendalikan kadar gula darah kita dengan mengemil makanan tinggi karbohidrat setiap dua jam untuk menjaga agar kadar gula darah menjadi stabil.

 

Reporter : Sulha
Editor : Sulha Handayani