Netral English Netral Mandarin
banner paskah
14:18wib
Pemerintah melalui Kementerian Agama memutuskan awal puasa atau 1 Ramadan 1442 Hijriah di Indonesia jatuh pada Selasa (13/4/2021). Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) setuju penggabungan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).
Soal Ucapan Natal Menag, Dewi Tanjung Sebut Natalius Pigai Golongan "Kadrun"

Selasa, 29-December-2020 18:20

Politiisi PDIP Dewi Tanjung.
Foto : PDIP
Politiisi PDIP Dewi Tanjung.
18

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Politisi PDIP Dewi Tanjung mengatakan, umat Kristiani menyambut ucapan Natal dari Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut dengan penuh sukacita dan senang. 

Namun, lanjut Dewi, hanya aktivis HAM Natalius Pigai yang memiliki sikap berbeda dengan umat Kristiani lainnya. 

Hal itu disampaikan Dewi mengomentari pernyataan Pigai yang mengaku tidak butuh ucapan Natal yang 'tidak tulus' ataupun 'berlebihan' ketika merespon ucapan Natal 2020 dari Menteri Agama. 

"Yang Nyai Tau selama ini Teman-teman yang Beragama Kristen itu penuh cinta kasih dan Senang di Ucapin Selamat Natal apalagi dari Menteri agama. Eeehh ada yang katanya kristen Ngga mau Terima Ucapan Selamat Natal," tulis Dewi di akun Twitter-nya, @DTanjung15, Selasa (29/12/2020). 

Karena sikap Natalius yang demikian, Dewi menyebut mantan Komisioner Komnas HAM itu termasuk golongan "kadrun". Diketahui, istilah kadrun sering disematkan pihak yang pro pemerintah kepada kelompok yang kerap 'menyerang' pemerintah. 

"Kalau di Islam si Natalius Pigai ini masuk golongan Kadrun, tapi ini versi Kristen," sindir Dewi Tanjung. 

Sebelumnya, Natalius Pigia di akun Twitter-nya mengunggah tangkapan layar pemberitaan media soal ucapan selamat Natal 2020 dari Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. 

Dalam cuitannya, Natalius menyebut bahwa dirinya tidak butuh ucapan Natal yang 'tidak tulus' ataupun 'berlebihan' dari non Kristiani. 

"Ayahku Protestan Kingmi & Ibu Katolik. Saya tegas! tidak butuh ucapan Natal, baik “tidak tulus” juga “berlebihan” dari luar Kristiani. Jalankan saja agamamu dengan benar," tulis Natalius di akun Twitter-nya, Minggu (27/12/2020). 

Natalius juga mengaku jarang merespon ucapan Natal dari non Kristiani. Pasalnya, Natalius menilai perayaan Natal masuk dalam forum internum, bukan eksternum.

"Tiap ucapan Natal dari non kristiani jarang saya respons karena itu forum internum (urusan kami), bukan forum externum (urusan kita)," kata @NataliusPigai2.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sulha Handayani