Netral English Netral Mandarin
banner paskah
09:09wib
Pemerintah melalui Kementerian Agama memutuskan awal puasa atau 1 Ramadan 1442 Hijriah di Indonesia jatuh pada Selasa (13/4/2021). Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) setuju penggabungan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).
Destinasi Keren di Garut

Selasa, 23-Maret-2021 19:00

Pemandangan di sekitar Gunung  Papandayan.
Foto : PR
Pemandangan di sekitar Gunung Papandayan.
8

GARUT, NETRALNEWS.COM - Kota Garut banyak menyimpan destinasi wisata yang belum banyak orang ketahui. Sebut saja wisata Domba, Anda bisa melihat langsung bagaiamana satu desa memiliki tırnak domba dengan kualitas prima di Cilopang atau Wanaraja.

Selain alamnya yang mendukung yakni hawa sejuk, Garut juga memiliki kontur tanah yang baik sehingga sepanjang kita dan kawasan wisata sejauh mata memandang hanyalah tanaman dan pepohonan hijau menyejukkan.

Tempat wisata seperti Candi Cangkuang sangat menarik untuk dikunjungi. Candi cangkuang, situ cangkuang, dan kampung pulo terletak di kecamatan Leles. letaknya sebelum memasuki kota Garut tidak jauh dari jalan raya sehingga tempat wisata ini bisa menjadi tempat wisata pertama yang Anda kunjungi.

 

(Dok: Kemenparekraf)

Daerah Cipanas garut menawarkan objek wisata air panas. Disini anda bisa menikmati air panas yang bersumber langsung dari gunung api aktif, Gunung guntur. Anda bisa menikmati berendam air panas, berenang, dan juga bermain water boom di berbagai pemandian yang tersedia disana. Terdapat banyak hotel yang bisa jadi pilihan menginap untuk anda di cipanas garut.

Anda juga bisa mampir ke Kampung Sampireun yang hawanya dijamin Anda bakal membuat nafsu makan jadi tinggi. Belum lagi ada kawah Talaga Bodas, Kawah Kamojang dan tak ketinggalan Gunung Papandayan yang treknya bisa dilintasi anak-anak.

Temukan domba yang prima di Kampung Domba, Garut.( Dok PR)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, berkomitmen untuk mengembangkan desa wisata di Kabupaten Garut, Jawa Barat, sebagai upaya menggarap salah satu potensi pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Hal ini disampaikan Sandiaga dalam Focus Group Discussion (FGD) dengan Pemerintah Kabupaten Garut. "Garut ini mempunyai kekayaan alam yang luar biasa dengan sumber air panas dan pegunungannya yang sangat instagrammable serta industri kreatifnya yang sangat eksis," kata Sandiaga.

Sandiaga mengatakan ketiga potensi ini dapat dipadukan dalam desa wisata. Terlebih, Garut memiliki banyak desa yang berpotensi menjadi desa wisata.

Suasana desa wisata. (Dok: Kemenparekraf)

"Di Garut ada sekitar 20 desa yang berpotensi menjadi desa wisata. Indonesia memiliki 75 ribu desa dan saat ini ada 244 desa wisata yang sedang dikembangkan dalam suatu program yang terintegrasi," katanya.

Sandiaga menyebutkan Jawa Barat memiliki 11 desa wisata. Ia berharap di masa yang akan datang akan lebih banyak desa wisata yang berkembang di Garut.

"Mari sama-sama kita kembangkan desa wisata di Garut. Mulai dari profiling-nya hingga sertifikasinya," ucap Sandiaga.

Sementara itu, Bupati Garut, Rudi Gunawan mengatakan Garut merupakan kabupaten yang mendapat perhatian dari Presiden Joko Widodo. Perhatian tersebut diperlihatkan melalui pembangunan pusat pariwisata berkelas internasional di Situ Bagendit.

"Kami di Garut mempunyai beberapa objek wisata seperti laut, gunung berapi, dan pusat-pusat pariwisata lainnya dengan industri kreatif yang sangat luar biasa. Kami juga mempunyai tempat-tempat kuliner yang mengesankan," kata Rudi.

 

Reporter : Sulha
Editor : Sulha Handayani