Netral English Netral Mandarin
05:01wib
Hasil survei Indonesia Political Opinion (IPO) menunjukkan bahwa lebih dari 90 persen masyarakat setuju sekolah dan rumah ibadah dibuka kembali meski masih di tengah kondisi pandemi corona. Data pengguna Facebook yang mencapai 533 juta, baru-baru ini dikabarkan telah dicuri hacker. Facebook menyatakan, tak akan memberi tahu data siapa saja yang telah dicuri.
Deretan Wisata Kaliangkrik yang Wajib Didatangi, Serasa Liburan di Luar Negeri

Rabu, 10-Februari-2021 22:35

Dusun Butuh Kaliangkrik
Foto : instagram @nepalvanjava
Dusun Butuh Kaliangkrik
11

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Apakah Anda punya impian liburan ke luar negeri? Menikmati udara dingin, pesona pegunungan, dan pemandangan yang memesona? Eits, jangan pergi jauh-jauh dahulu, pasalnya Indonesia memiliki destinasi wisata yang tidak kalah cantiknya bagaikan ada di luar negeri, salah satunya yang ditawarkan oleh wisata Kaliangkrik.

Kaliangkrik adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Kecamatan ini berjarak sekitar 34 km dari Kota Mungkid, Ibu Kota Kabupaten Magelang, ke arah Barat Laut. Pusat pemerintahannya ada di Desa Kaliangkrik.

Kecamatan Kaliangkrik sendiri berada di lereng Gunung Sumbing, sehingga berhawa sejuk. Kawasan ini terkenal dengan sentra sayuran terbesar kedua di Kabupaten Magelang. Selain itu, kawasan ini juga terkenal memiliki banyak pondok pesantren. Di sisi lain, ada berbagai wisata alam yang menyuguhkan panorama bak ada di negeri lain.

Berikut ini empat wisata Kaliangkrik yang bisa Anda jadikan sebagai rekomendasi perjalanan liburan. Apabila sedang ke Jawa Tengah, tidak ada salahnya Anda untuk membuktikan keindahan wisata bagai di luar negeri berikut ini:

1. Dusun Butuh Kaliangkrik

Dusun Butuh Kaliangkrik (instagram @nepalvanjava)

Wisata Kaliangkrik yang bisa Anda coba untuk kunjungi adalah Dusun Butuh Kaliangkrik. Uniknya, lokasi wisata yang satu ini menawarkan pesona pemandangan alam bagaikan ada di luar negeri. Sesampainya di wisata Kaliangkrik ini, Anda akan merasakan sensasi sedang berada di Nepal, lengkap dengan Gunung Everest-nya.

Bagaimana tidak, pasalnya di wisata Kaliangkrik ini, rumah-rumah penduduk seolah bertumpuk-tumpuk di lereng Gunung Sumbing. Tak heran, ini menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan untuk datang ke wisata Kaliangkrik yang memiliki julukan Nepal van Java ini.

Wisata Kaliangkrik yang satu ini tentu sangat cocok bagi Anda yang gemar dengan dunia fotografi. Anda akan disajikan objek pemandangan yang siap untuk dipotret dan dibagikan keindahannya ke media sosial. Siap-siap akan ada banyak orang yang bertanya dan keheranan dengan keindahannya hingga menduga Anda sedang berada di luar negeri.

Terletak di ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut (mdpl), wisata Kaliangkrik ini bisa dibilang sebagai desa tertinggi yang ada di Magelang. Berada di ketinggian, tentu Anda juga akan disapa dengan udara sejuk dan panorama bagai lukisan yang mampu mencuci mata. Sekali lagi, mirip dengan di Nepal, tepatnya di Namche Bazaar.

Anda juga tidak perlu khawatir dengan lokasinya, pasalnya wisata Kaliangkrik yang satu ini terbilang mudah untuk dijangkau. Jalan menuju wisata Kaliangkrik ini terbilang sudah bagus, sehingga bisa dilewati oleh kendaraan, baik roda dua maupun roda empat, dengan medan cenderung menanjak.

Apabila datang ke wisata Kaliangkrik yang satu ini, jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan, baik di rumah penduduk, di lereng pegunungan, ataupun saat duduk santai dan piknik di rumput yang hijau. Jangan pula melakukan vandalisme atau perusakkan alam, seperti mencabut tanaman.

2. Silancur Highland

Silancur Highland (dolan yuk)

Wisata Kaliangkrik lainnya yang wajib Anda kunjungi adalah Silancur Highland, yang berlokasi di Dadapan, Mangli, Kaliangkrik, Magelang, Jawa Tengah. Anda bisa datang ke wisata Kaliangkrik ini setiap hari dan buka 24 jam. Jadi, Anda bisa lebih fleksibel mengatur jadwal perjalanan saat liburan. Harga tiket masuknya juga murah, yakni Rp10 ribu saja.

Wisata Kaliangkrik ini berada di lereng Tenggara Gunung Sumbing dan menawarkan panorama alam yang luar biasa indah. Di wisata Kaliangkrik yang satu ini, Anda akan menjumpai sebuah bukit dengan beberapa atraksi wisata. Beberapa di antaranya seperti taman bunga dan berbagai spot foto yang instagramable dan berlatar belakang pegunungan.

Di wisata Kaliangkrik yang memiliki ketinggian 1.300 mdpl ini, Anda bisa melihat hamparan tanaman hijau, kebun sayuran, bunga warna-warni yang amat indah dan gunung yang megah. Sungguh pemandangannya mencuci mata dan membuat Anda akan berdecak kagum.

Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan, di antaranya menikmati kopi panas dan teh hangat, menikmati matahari terbit dan matahari terbenam, hingga berkemah dan menikmati malam di puncak ketinggian. Apabila cuaca sedang bagus dan beruntung, Anda bisa merasakan sensasi seperti berada di negari di atas awan. Membuat penasaran bukan?

Apabila berkemah dan bermalam di wisata Kaliangkrik ini, Anda bisa menikmati Magelang di malam hari yang mengagumkan. Pasalnya, keadaan Magelang di malam hari dan dilihat dari ketinggian, bagaikan gugusan bintang yang berkerlap-kerlip. Sungguh romantis.

3. Air Terjun Mangli

Air Terjun Mangli (info borobudur)

Bagi Anda yang suka berburu air terjun, di wisata Kaliangkrik ada yang namanya Air Terjun Mangli. Air terjun yang satu ini lokasinya ada di lereng Gunung Sumbing, Desa Mangli, Kaliangkrik, Magelang. Apabila datang ke wisata Kaliangkrik yang satu ini, Anda tidak perlu khawatir takut tersasar. Langsung saja buka aplikasi penunjuk arah atau bertanya pada penduduk setempat yang ramah.

Menuju wisata Kaliangkrik ini, Anda akan disambut dengan jalan setapak yang masih alami. Bagaimana tidak, sekelilingnya terdapat pohon pinus yang menjulang tinggi. Udaranya sejuk dan suasananya masih asri, jauh dari polusi kendaraan dan gedung pencakar langit pastinya.

Meski terbilang wisata alam, tetapi Air Terjun Mangli ini mudah dijangkau lho. Tiket masuk yang ditawarkan juga murah meriah, yakni hanya Rp5.000 saja. Tetapi bagi Anda yang merasa tak sanggup berjalan, ada pula jasa ojek tetapi akan dikenakan biaya tambahan.

Apabila datang ke wisata Kaliangkrik yang satu ini, jangan lupa membawa minuman untuk melepas dahaga di tengah perjalanan. Anda juga bisa membawa serta bekal untuk mengganjal perut, sambil menikmati pemandangan. Tapi perlu diingat, para pengunjung agar menjaga kebersihan dengan tidak membuang kemasannya secara sembarangan selama perjalanan atau di kawasan wisata Kaliangkrik tersebut.

Disarankan juga, sebaiknya datang ke wisata Kaliangkrik yang satu ini saat cuaca sedang cerah. Keadaan tersebut akan memudahkan perjalanan Anda menuju ke lokasi. Selain itu, bawa juga baju cadangan, karena Anda tentu akan bermain basah-basahan di wisata Kaliangkrik yang satu ini. Setelah melalui perjalanan, basuh wajah, lengan, kaki bahkan tubuh Anda dan bisa membuat diri Anda lebih rileks.

4. Mangli Sky View

Mangli Sky View (instagram @wisata semarang)

Jelajahi juga wisata Kaliangkrik lainnya yang bernama Mangli Sky View. Lokasinya ada di area hutan/sawah, Mangli, Kaliangkrik, Magelang, Jawa Tengah. Anda juga bisa datang ke wisata Kaliangkrik ini setiap hari dan buka selama 24 jam nonstop. Jadi Anda tidak perlu khawatir dalam mengatur waktu perjalanan.

Wisata Kaliangkrik yang satu ini sangat cocok menjadi spot untuk menikmati keindahan dari Gunung Sumbing. Tidak heran, apabila wisata Kaliangkrik ini menjadi spot terbaik untuk menyaksikan panorama saat matahari terbit dan matahari terbenam. Tentu suasana ini paling cocok dilewatkan bersama keluarga, kerabat, dan orang tersayang.

Di wisata Kaliangkrik ini tersedia aneka gardu pandang, sebagai salah satu spot berfoto ria yang instagramable. Tentunya spot ini amat digemari para pengunjung untuk berswafoto, pasalnya panorama alam di belakangnya sangat indah. Gunung Sumbing pun terlihat gagah dan memesona, sayang apabila tidak didokumentasikan dan diunggah di akun media sosial Anda.

Jangan heran apabila wisata Kaliangkrik yang satu ini jauh dari polusi udara dan suara. Lokasi wisata ini amat tenang dan udaranya sejuk, karena berada di ketinggian sekitar 1.570 mdpl.

Harga tiket masuk wisata Kaliangkrik yang satu ini juga sangat terjangkau. Anda hanya dikenakan biaya sebesar Rp5.000 saja per orang. Apabila ingin menikmati wisata Kaliangkrik ini saat malam, juga bisa dilakukan dengan berkemah dan membayar tiket seharga Rp10 ribu per orang. Bila berkemah, siap-siap Anda akan menikmati dinginnya malam ditemani dengan bintang-bintang di langit dan lampu-lampu dari pemukiman penduduk setempat.

Bagi Anda yang ingin berkemah tidak mau repot, tenang saja, karena wisata Kaliangkrik yang satu ini menyediakan berbagai fasilitasnya. Tapi tidak gratis ya, Anda akan dikenakan biaya tambahan untuk berbagai kebutuhan, seperti tenda yakni Rp35 ribu sampai dengan Rp50 ribu. Ada pula sleeping bag, matras, kompor, hingga tabung gas dengan harga sewa sekitar Rp5.000 sampai dengan Rp12 ribu. Tentu harganya masih sangat terjangkau di kantong Anda.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : YC Kurniantoro