Netral English Netral Mandarin
banner paskah
18:39wib
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem mulai Rabu (14/4) hingga Kamis (15/4). Cuaca ekstrem ini diakibatkan Siklon Tropis Surigae. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyebut semua komponen utama yang digunakan dalam pengembangan Vaksin Nusantara diimpor dari Amerika Serikat.
Coba, Ini 6 Cara Berhenti Mendengkur

Jumat, 19-Maret-2021 10:50

Ilustrasi gangguan orang tiour ngorok.
Foto : excellasmiles.com
Ilustrasi gangguan orang tiour ngorok.
10

JAKARTA, NETRALNEWS.COM − Mendengkur tidak menyenangkan bagi siapa pun. Selain mengganggu, mendengkur dapat dikaitkan dengan kondisi kesehatan yang serius, seperti sleep apnea.

Jika Anda mengalami sleep apnea, Anda mungkin berulang kali berhenti bernapas sebentar saat tidur, karena otot tenggorokan Anda rileks dan memungkinkan saluran napas Anda menyempit atau tersumbat. Seiring waktu, sleep apnea dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, stroke, dan serangan jantung.

Bahkan jika Anda hanya bernapas dengan keras dan tidak menderita sleep apnea, mendengkur dapat membahayakan kesehatan dan kenyamanan Anda, menurut Direktur Medis Drexel Sleep Center, Joanne Getsy di Philadelphia, seperti dilansir dari laman Everyday Health, Jumat (19/3/2021).

Jika mendengkur mengganggu Anda atau orang-orang di sekitar Anda, mulailah melakukan perubahan ini untuk menikmati tidur yang lebih nyenyak di malam hari:

Menurunkan berat badan

Getsy menekankan pentingnya mengurangi berat badan jika Anda kelebihan berat badan, karena banyak orang mendengkur karena berat badan mereka. Menurut National Institutes of Health, lemak berlebih di sekitar leher Anda dapat menyebabkan saluran napas Anda menyempit dan kecil kemungkinannya untuk tetap terbuka. Khususnya saat pria menambah berat badan, area yang cenderung membesar adalah leher, catat Getsy.

Hindari alkohol sebelum tidur

"Alkohol akan menekan aktivitas yang kami sebut otot dilator jalan napas, ini adalah otot yang dimaksudkan untuk menjaga jalan napas Anda tetap terbuka. Jadi, jika Anda minum kapan saja dalam waktu empat jam sebelum tidur, kemungkinan besar Anda akan mendengkur atau mendengkur lebih keras,” jelas Getsy.

Hindari obat-obatan

Pil tidur, obat penenang, dan pelemas otot hanyalah beberapa obat yang menyebabkan otot-otot yang menjaga jalan napas Anda terbuka menjadi kendur, dia memperingatkan, yang dapat menyebabkan mendengkur.

Tidur yang cukup

"Kurang tidur juga memiliki efek yang sama pada otot-otot saluran napas, jadi semakin lelah Anda, semakin Anda akan mendengkur," kata Getsy.

Tidur miring

Saat Anda tidur telentang, gravitasi menarik jaringan di jalan napas Anda ke bawah, yang bisa membuat dengkuran semakin parah. Berbaring miring sebelum tidur untuk mengurangi gejala mendengkur.

Tinggikan posisi kepala

“Terkadang, tidur agak miring akan membuat dengkuran lebih baik,” kata Getsy. 

Dia sarankan untuk mempatkan kepala di atas beberapa bantal atau bantalan tidur busa atau gunakan tempat tidur yang dapat disesuaikan.

 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Irawan HP