Netral English Netral Mandarin
banner paskah
01:44wib
Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan menggunakan 17 titik periksa yang sebelumnya disiapkan untuk pengamanan mudik sebagai pos pemeriksaan Surat Izin Keluar-Masuk. Dua hari ke depan diperkirakan akan terjadi lonjakan masyarakat yang nekat mudik Idulfitri 2021.
Catat! Ini Waktu yang Tepat Berolahraga saat Puasa

Kamis, 15-April-2021 15:15

Jogging dibolehkan setelah berbuka pausa.
Foto : Sport Colour
Jogging dibolehkan setelah berbuka pausa.
10

JAKARTA, NETRALNEWS.COM -  Selama menjalankan ibadah puasa, bolehkah kita berolahraga? Jika boleh, jenis olahraga apa saja yang diperkenankan, dan kapan waktu yang tepat untuk melakukannya.

Olahraga di waktu puasa mungkin terasa berat saat dilakukan. Tubuh yang tidak terisi makanan dan minuman di siang hari tentu terasa lemas jika diajak berolahraga. Dilansir dari halosehat, berikut waktu yang tepat dan olahraga yang pas saat berpausa.

1. Berolahraga di waktu yang salahHal pertama yang harus dihindari adalah berolahraga di waktu yang salah. Waktu olahraga yang tidak tepat untuk Anda yang sedang berpuasa adalah di pagi hari karena akan langsung menguras energi dalam satu hari. Olahraga di waktu seperti ini hanya akan membuat energi terkuras dan tidak dapat menjalankan ibadah puasa dengan sempurna.

Sebagai gantinya, Anda bisa berolahraga 2-3 jam setelah berbuka puasa. Pada waktu-waktu tersebut, tubuh sudah mendapatkan cukup asupan nutrisi dan Anda tidak rentan terhadap risiko dehidrasi. Jika Anda merasa kuat, olahraga di sore hari menjelang waktu berbuka juga bisa dilakukan. Udara relatif lebih sejuk di sore hari sehingga tubuh tidak akan terlalu banyak berkeringat dan memunculkan gejala dehidrasi.

2. Memilih jenis olahraga yang salah   

Tidak semua jenis olahraga cocok dilakukan saat berpuasa. Ada beberapa olahraga yang terlalu berat dan dapat menghabiskan energi jika dilakukan saat sedang berpuasa. Misalnya latihan angkat beban karena bisa menghasilkan gula glikogen yang membuat tubuh cepat merasa lelah. Lalu, apa saja olahraga yang bisa dilakukan saat sedang berpuasa?

Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti jogging dan bersepeda statis. Meski ringan, keduanya merupakan latihan kardio yang baik untuk melatih sistem kerja organ jantung. Kamu juga bisa menentukan tingkat kesulitannya sehingga jika sudah merasa lelah pun bisa langsung mengakhiri sesi olahraga.

3. Olahraga secara mendadakKesalahan olahraga saat sedang berpuasa lainnya adalah olahraga secara mendadak. Mendadak di sini maksudanya adalah olahraga yang tidak diawali dengan pemanasan. Padahal pemanasan dalam olahraga berfungsi untuk mempersiapkan tubuh. Melewatkan pemanasan hanya akan membuat kamu rentan terkena cedera.

Untuk itu, lakukanlah pemanasan sebelum berolahraga. Jika kamu memutuskan untuk jogging, lakukan stretching terlebih dulu. Jogging pun sebaiknya dilakukan secara perlahan dengan menambah tempo secara bertahap. Anda juga sebaiknya melakukan olahraga secara teratur agar tubuh terbiasa.

4. Tidak didukung dengan asupan yang tepatSelain karena salah memilih jenis olahraga, asupan nutrisi yang tidak tepat ternyata juga bisa memengaruhi kualitas olahraga Anda saat berpuasa. Terlebih saat berpuasa, waktu makanmu berkurang sehingga ada kemungkinan jumlah asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh tidak sesuai dengan kebutuhan.

Padahal tanpa adanya nutrisi yang cukup, tubuh akan terasa lemas saat berolahraga. Untuk itu, Anda sebaiknya mengonsumsi karbohidrat kompleks dan juga serat karena indeks glikemiknya rendah. Di waktu sahur, Anda bisa mengonsumsi makanan dengan kadar lemak tinggi untuk mencegah rasa lapar timbul lebih cepat.

5. Kurang istirahatIstirahat juga sedikit banyak mempengaruhi kualitas olahragamu saat berpuasa. Dengan durasi yang tepat, istirahat akan membuat tubuhmu tetap fit sehingga kuat untuk berolahraga. Pastikan kamu memenuhi waktu tidur yang diperlukan, yakni 7-9 jam setiap harinya.

Anda juga bisa menambahnya dengan istirahat berdurasi singkat di siang hari. Rilekskan tubuh selama 30 menit di siang hari, maka akan merasa segar kembali. Intinya, usahakan untuk selalu memenuhi kebutuhan istirahat tubuh, ya!

 

Reporter : Sulha
Editor : Sulha Handayani