Netral English Netral Mandarin
banner paskah
18:38wib
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem mulai Rabu (14/4) hingga Kamis (15/4). Cuaca ekstrem ini diakibatkan Siklon Tropis Surigae. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyebut semua komponen utama yang digunakan dalam pengembangan Vaksin Nusantara diimpor dari Amerika Serikat.
Catat, Ini 20 Wisata Tegal Terbaru dan Paling Hits di 2021!

Sabtu, 23-January-2021 14:00

Wisata Tegal, Danau Beko
Foto : Jejak Piknik
Wisata Tegal, Danau Beko
8

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Apa yang ada dibenak Anda ketika mendengar kata “Tegal”? Mungkin salah satunya adalah Warung Tegal alias Warteg. Tapi tahukah Anda, selain terkenal dengan kuliner Warteg, ternyata ada banyak lho objek wisata di Tegal. 

Tegal sendiri merupakan salah satu wilayah otonom di Provinsi Jawa Tengah (Jateng). Kota Tegal berbatasan dengan Kabupaten Brebes di sebelah Barat, Laut Jawa di sebelah Utara, dan Kabupaten Tegal di sebelah Selatan dan Timur.

Tegal juga jadi salah satu wilayah yang ramah bagi para wisatawan yang membawa keluarga, baik orang tua maupun anak−anak. Tidak hanya itu, objek wisata yang memacu adrenalin bersama rekan sejawat juga ada.

Berikut 20 daftar objek wisata Tegal terbaru dan paling hits di 2021. Wisata Tegal ini bisa menjadi rekomendasi dan panduan bagi Anda yang ingin berlibur sejenak bersama keluarga dan kerabat:

1. Batu Agung

Batu Agung (Inibaru.id)

Di Bukit Batu Agung ini terdapat dua puncak, yakni Puncak Semar dan Puncak Bendera. Puncak Semar merupakan bukit yang di puncaknya terdapat batu yang sangat besar. Uniknya, puncak batu tersebut bila diperhatikan berbentuk kepala manusia. Bedanya dengan kepala manusia, tentu karena ukuran batu yang sangat besar.

Ada pula yang namanya Puncak Bendera. Seperti namanya, tentu di lokasi tersebut biasanya dibentangkan sebuah Bendera Merah Putih, bendera kebangsaan Indonesia. Tetapi medan menuju Puncak Bendera ini terbilang cukup terjal, sehingga jarang dilalui oleh para wisatawan. Para wisatawan yang datang ke wisata Tegal ini biasanya hanya mendaki ke Puncak Semar saja.

Meski tidak bisa menggapai puncak yang lain, Anda tidak perlu kecewa, pasalnya wisata Tegal satu ini tetap menyajikan keindahan alam yang sayang bila dilewatkan. Apalagi, bagi Anda dan keluarga yang menyukai sedikit adrenalin dan tidak takut akan ketinggian.

Apabila tertarik dengan wisata Tegal yang satu ini, Anda bisa langsung mengunjungi Desa Balapulang, Kabupaten Tegal, Provinsi Jateng. Soal transportasi, Anda juga tidak perlu bingung karena objek wisata Tegal ini bisa diakses dengan kendaraan pribadi baik kendaraan roda dua maupun moda transportasi roda empat. Tidak ada kendaraan pribadi? Tenang saja, masih ada kendaraan umum lain yang tersedia dan mau mengantarkan Anda menikmati sensasi baru wisata Tegal di Batu Agung.

Wisata Tegal ini ternyata dikelola oleh para penduduk di sekitar yang ramah kepada para wisatawan. Jadi selain berwisata, Anda juga bisa membantu meningkatkan perekonomian penduduk setempat yang berprofesi sebagai pengelola wisata, menjajakan makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau. Tiket masuk wisata Tegal ini juga sangat terjangkau, hanya Rp5.000 saja.

2. Agrowisata Loco Antik

Agrowisata Loco Antik (ihategreenjello)

Cari wisata Tegal yang ramah keluarga? Tenang, ada Agrowisata Loco Antik. Lokasi Agrowisata ini ada di Jalan Raya Slawi−Pangkah, Bogares Kidul, Pangkah, Area Sawah/Kebuh, Pangkah, Kecamatan Pangkah, Tegal, Jateng.

Di daerah ini ternyata dikenal memiliki banyak bangunan peninggalan bersejarah, salah satunya adalah bangunan−bangunan yang bercorak Belanda. Berbagai bangunan yang berusia ratusan tahun itu lantas menjadi saksi bisu sejarah yang pernah terjadi di Indonesia, salah satu bangunannya adalah Pabrik Gula Pangkah.

Ya, wisata Tegal ini merupakan Pabrik Gula Pangkah yang dikelola oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Tegal. Pabrik ini lantas dikelola menjadi tempar rekreasi dan juga edukasi yang kekinian.

Lantas, apa saja yang bisa dilakukan di lokasi wisata Tegal satu ini? Anda dan keluarga tentu bisa menikmati Loco Antik, berupa kereta api kuno yang menjadi ikon dari wisata Tegal yang satu ini. Anda dan keluarga juga bisa menikmati berbagai macam spot selfie, tempat bermain, bahkan kolam renang.

Tidak usah khawatir bawa anggota keluarga yang banyak, pasalnya di wisata Tegal yang satu ini, harga tiket masuknya sangat terjangkau. Hanya dengan Rp3.000 saja, Anda dan keluarga bisa liburan dengan pengalaman naik kereta dengan gerbong kayu di area pabrik tebu.

3. Taman Rakyat Slawi Ayu

Taman Rakyat Slawi Ayu (wisatategal)

Mau cari wisata Tegal dengan paket lengkap? Taman Rakyat Slawi Ayu atau disingkat Trasa inilah tempatnya. Di wisata Tegal yang satu ini, Anda dan keluarga bisa melakukan berbagai macam aktivitas, sebut saja aktivitas sosial, pentas seni, olah raga, dan sebagainya. Wah, banyak bukan?.

Ditelusuri, wisata Tegal yang satu ini ternyata terbagi menjadi tiga bagian utama atau disebut dengan shelter. Di shelter Utara, ada bagian untuk para penjual produk dan oleh−oleh khas Tegal. Di shelter tengah, ada bagian yang diperuntukkan untuk melakukan berbagai macam kegiatan−kegiatan masyarakat.

Adapun berbagai macam kegiatan masyrakat yang dimaksud yakni tempat yang disediakan untuk menampilkan berbagai macam pertunjukan. Tidak heran kalau di shelter tengah ini ada panggung dan alas yang menggunakan lantai khusus.

Shelter terakhir adalah shelter Selatan. Di bagian ini, Anda bisa menjumpai para pedagang kaki lima alias PKL yang menjajakan berbagai macam makanan siap saji. Jadi cocok bagi Anda yang berwisata, sambil kulineran apalagi kuliner yang disajikan adalah khas Tegal.

Bagi Anda yang tertarik dengan wisata Tegal yang satu ini, Anda bisa langsung meluncur ke Jalan Banjaranyar−Tegal, Mingkrik, Procot, Kecamatan Slawi, Tegal, Jateng. Akses medannya dijamin mudah ditemui dan berbagai harga yang ditawarkan dibandrol dengan harga yang ramah kantong.

4. Rita Park Tegal

Rita Park Tegal (tempatwisataseru)

Ada lagi nih, wisata Tegal yang menawarkan Taman hiburan sederhana dengan fasilitas wahana, arena bermain indoor/outdoor hingga kedai camilan. Wisata Tegal satu ini berada di Jalan Kolonel Sugiono, Nomor 155, Pesurungan Kidul, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal, Jateng.

Dikenal sebaga Dunia Fantasi atau Dufannya Jateng, wisata Tegal satu ini membandrol tiket masuk berkisar Rp15.000 sampai dengan Rp100.000. Dengan membayar Rp15.000, Anda bisa mendapatkan Tiket Ic Card; Membayar Rp80.000, Anda bisa mendapatkan Tiket Terusan Weekday; Membayar Rp100.000, Anda bisa mendapatkan Tiket Terusan Weekend.

Datanglah ke lokasi ini pada pukul 10.00 dan akan akan tutup pada 18.00 WIB. Sepanjang jam operasional, Anda bisa bersenang-senang bersama keluarga di wahana permainan terbesari di Provinsi Jateng yang satu ini.

Wisata Tegal yang satu ini menyajikan tempat yang nyaman dan wahana permainan yang beragam. Hingga kini, tercatat ada sebanyak 28 wahana permainan yang bisa dijelajahi para wisatawan. Di sisi lain, Anda tidak perlu khawatir degan keamanan permainannya, karena wahana permainan di wisata Tegal satu ini amat canggih.

Beberapa wahana yang bisa Anda dan keluarga coba adalah Mino Coaster, Flying Tiger, Circus Travel, Pulau Hiu, dan Kincir−Kincir. Tidak hanya itu, ada juga 5D Cinema, Sky Drop, Circle 360, Mini ATV, Space Travel, dan masih banyak lagi!.

5. Wisata Prabalintang

Wisata Prabalintang (wisatakaka)

Bagi Anda yang ingin mencari wisata bernuansa alam, mencari pemandangan hijau pepohonan, dan udara sejuk, wisata Tegal yang satu ini pasti cocok untuk Anda dan keluarga. Anda bisa menikmati pemandangan yang asri dan sejuk di dataran tinggi yang satu ini, dengan nama objek wisata Prabalintang.

Lokasi wisata Tegal yang satu ini terletak di Desa Danasari, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal, Jateng. Di lokasi ini, Anda dan keluarga bisa melarikan diri sejenak dari suasana perkotaan yang berpolusi dan sudah menjenuhkan.

Luar biasanya, Anda bisa menikmati suasana alam ini tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun. Tentu ini jadi kabar gembira bagi Anda dan keluarga yang hobi menjajal objek wisata baru, murah dan terjangkau, cukup membayar parkir kendaraan saja.

Di wisata Tegal yang satu ini terdapat hutan pinus yang rindang, situasi yang masih alami, dan warga serta pengelolanya yang ramah. Memasuki kawasan objek wisata, Anda juga bisa menemukan berbagai macam spot foto yang unik dan menjadi salah satu daya tarik dari objek wisata Tegal satu ini.

Berbagai macam spot foto menarik dan unik yang bisa Anda temui, di antaranya seperti rumah pohon, hammock, ayunan, jembatan kayu, meja dan kursi, rangkaian ban yang disusun menarik di antara pohon, hingga panggung berkayu. Menarik bukan? Jadi tunggu apa lagi, jangan ragu jelajah wisata Tegal.

6. Curug Penganten Cawitali

Curug Penganten Cawitali (wisatategal)

Siapa sangka, wisata Tegal juga masih memiliki wisata alam yang asli berupa curug. Salah satu curug yang paling hits adalah Curug Penganten Cawitali. Curug ini terletak di Desa Cawitali, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jateng.

Salah satu keunikannya, wisata Tegal satu ini memiliki tiga buah aliran air. Memang sih aliran airnya tidak terlalu tinggi, hanya sekitar tujuh meter saja. Tapi bila aliran air sedang besar, curug ini hampir semuanya akan tertutup dengan air.

Soal pemandangannya? Jangan ditanya lagi, wisata Tegal satu ini menawarkan nuansa yang eksotis. Anda bisa dengan jelas melihat aliran air saat debit air tidak deras, udaranya sejuk, dan sekelilingnya dikepung oleh bukit berbatu alami.

Tidak sampai di situ saja, di wisata Tegal ini Anda bisa melihat susunan batuan alamnya yang sangat unik. Apabila dilihat−lihat, susunan bebatuan mirip dengan wajah manusia. Wajah itu bagai sedang memejamkan mata, mulut yang terbuka dan mengenakan mahkota. Wah, buat penasaran kan?.

Akses menuju wisata Tegal berupa curug ini juga mudah. Anda bisa melalui Jejeg ke Utara, hingga menemukan Bendungan Cawitali. Setelah itu Anda melanjutkan berjalan kaki dengan waktu tempuh yang tidak lama, 10 menit saja.

7. Bukit Rangkok Pagerwangi

Bukit Rangkok Pagerwangi (tribun)

Wisata Tegal yang satu ini juga tidak boleh dilewatkan, namanya Bukit Rangkok Pagerwangi. Objek wisata ini ada di Desa Pagerwangi, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal, Jateng. Perjalanan yang harus Anda tempuh yakni sekitar 30 sampai 50 menit saja dari pusat  Kota Tegal.

Objek ini menawarkan wisata bukit bebatuan dengan pemandangan yang menakjubkan. Di atas bukit, Anda bisa melihat hamparan persawahan, Gunung Slamet, hingga melihat matahari saat terbit atau terbenam. Tapi dengan catatan, bila cuaca sedang mendukung.

Meskipun namanya bukit, tetapi Anda tidak perlu khawatir kelelahan di tengah perjalanan menuju bukit. Pasalnya, ketinggian dari bukit ini adalah 384 Mdpl. Jadi bagi para pendaki pemula tentu bisa dengan gembira mendaki bukit yang memiliki dua puncak ini.

Di bukit ini, Anda bisa melihat penampakan Gunung Slamet yang gagah dengan jelas. Anda juga bisa menikmati suasana pegunungan dengan berada di zona yang terbilang aman. Penduduk sekitar juga ramah dan sangat bersahabat pada para wisatawan yang datang.

Tidak perlu khawatir juga dengan fasilitas umum yang disediakan. Di sini terdapat area parkir para wisatawan yang memadai, musala, kamar mandi, penginapan, dan fasilitas umum lainnya. Anda juga tidak perlu khawatir dengan akses perjalanan menuju lokasi yang bisa ditelusuri melalui Google Maps.

8. Waterapark Tegal

Waterpark Tegal (hargatiket.net)

Di wisata Tegal yang lainnya, Anda juga bisa menikmati taman rekreasi air yang menyenangkan. Nama objek wisatanya adalah Waterpark Tegal. Di wisata Tegal yang satu ini, Anda dan keluarga bsa berekreasi di kolam ombak, kolam arus, seluncur, dan berbagai tempat wahana seru bagi anak, hingga kafetaria.

Wisata Tegal yang satu ini terletak di Sumurpanggang, Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo, Pesurungan Lor, Kecamatan Argadana, Kota Tegal, Jateng. Sedangkan jam operasional wisata Tegal ini adalah pukul 8.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB. Dijamin, Anda dan keluarga puas bermain air seharian.

Sebagai tempat rekreasi keluarga, di Waterapark Tegal ini Anda bisa berolahraga sambil bersantai. Bagaimana tidak? Wisata Tegal yang satu ini memang sangat menunjang program refreshment sehingga wisatawan menjadi lebih bermanfaat dan menyehatkan.

Meskipun objek wisata bermain air ini bukanlah yang terbesar dan terlengkap, namun sesuai juga dengan harga tiket masuk yang ditawarkan. Hanya dengan membayar Rp25.000 saja, Anda dan keluarga bisa menikmati berbagai macam aktivitas dan wahana permainan air.

Beberapa aktivitas dan wahana permainan air yang dimaksud, di antaranya adalah Kiddy Pool, Wave Pool, River Pool, Octopus Pool, Junior Pool, dan Senior Pool. Selain itu ada juga Wet Futsal alias futsal basah dan kolam olympic. Kolam ini tentu bisa Anda pergunakan juga sebagai fasilitas untuk latihan berenang maupaun perlombaan renang.

9. Pantai Purwahamba Indah

Pantai Purwahamba Indah (Indonesiat)

Jangan salah, wisata Tegal juga ada pantainya lho. Salah satu nama pantai yang hits dan terkenal adalah Pantai Purwahamba Indah. Seperti namanya yang berunsur kata “indah” sudah pasti pantai ini juga menawarkan pemandangan yang indah dan memberikan pengalaman indah liburan di wisata Tegal.

Wisata Tegal yang satu ini cocok untuk pengunjung yang ingin menghabiskan waktu liburannya bersama keluarga. Melihat keindahan laut, air yang jernih, melihat sunset atau matahari terbenam tentu menjadi beberapa aktivitas yang bisa Anda nikmati di wisata Tegal yang satu ini.

Pantai Purwahamba Indah ini ternyata memiliki daya tarik tersendiri dibandingkan dengan pantai−pantai yang lainnya. Tidak seperti pantai Selatan yang memiliki ciri ombak besar, pantai Utara ini tidak besar dan cenderung tenang.

Ciri khas wisata Tegal satu ini adalah memiliki pasir yang hitam, lembut serta bersih. Angin yang berhembus juga menambah suasana makin menyenangkan dan membuat Anda bertah berlama−lama.

Adapun lokasi dari wisata Tegal yang satu ini terletak di Jalan Raya Tegal Km 14, Tegal. Sedangkan untuk tiket masuknya sangat murah sekali, yakni Rp 2.500 untuk anak dan Rp 3.000 untuk orang dewasa. Tetapi di hari libur nasional, biasanya ada sedikit kenaikan harga yang masih sangat terjangkau.

 

10. Curug Putri

Curug Putri (pemalangadventure)

Ada lagi curug lain yang ditawarkan oleh wisata Tegal, namanya adalah Curug Putri. Curug ini membelah dua desa, yakni Desa Dukuhbenda, Bumijawa, Kabupaten Tegal dengan Desa Padanama Kecamatan Sirampong, Kabupaten Brebes.

Ketinggian dari air terjun ini kurang lebih 25−35 meter dan merupakan curug kedua tertinggi di Tegal. Adapun air yang mengalir dari curug ini merupakan aliran dari Sungai Kalipedes yang berhulu di Gunung Slamet.

Wisata Tegal yang satu ini memiliki tebing yang terdiri dari batuan beku. Ini terbentuk dari patahan atau biasa disebut dengan columnar joint. Tidak heran apabila curug ini bisa menjadi wisata geologi.

Selain melihat bebatuan yang amat besar, di sini Anda juga bisa melihat curug dengan pemandangan dan suasana persawahan, hingga tanaman−tanaman hijau yang menambah kesejukan tempat ini. Curug ini tentu masih menujukan keaslian alam dan membawa kesan yang berbeda bagi para wisatawan yang mendatanginya.

Bagi para wisatawan yang ingin datang ke lokasi ini, dikenakan biaya kontribusi sebesar Rp3.000 untuk pembangunan fasilitas oleh pengelolanya. Anda juga bisa menggunakan berbagai macam fasilitas umum yang tersedia seperti parkiran, musala, kamar mandi, serta tempat untuk beristirahat.

11. Taman Wisata Air Panas Guci

Taman Wisata Air Panas Guci (owgs.pesonaguci.com)

Asyik banget nih, di wisata Tegal juga ada yang namanya Taman Wisata Air Panas Guci. Objek wisata ini terletak di Jalan Objek Wisata Gci, Kalengan, Guci, Bumijaya, Tegal, Jateng.

Tiket masuk ke pemandian air panas ini juga terjangkau banget, hanya berkisar Rp8.500 sampai dengan Rp11.000 saja. Jam operasionalnya juga panjang, yakni pukul 6.00 WIB sampai degan 21.00 WIB. Namun Anda tetap memastikan jam operasional yang bisa saja berubah sewaktu−waktu.

Wisata Tegal ini ternyata jadi salah satu destinasi wisata yang paling populer di Kabupaten Tegal. Letaknya ada di kaki Gunung Slamet dan air hangat di lokasi ini, alami berasal dari perut bumi dan udara sejuknya tentu berasal dari pegunungan.

Suhu air di lokasi ini kurang lebih adalah 41 derajat Celcius dan dipercaya memiliki banyak khasiat yang baik untuk kesehatan. Tidak heran apabila kawasan ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit yang tidak hanya menawarkan keindahan tetapi juga khasiat airnya.

Kelebihan dari wisata Tegal ini adalah airnya yang mengalir deras, panas, jernih, tidak berbau dan berwarna. Selain itu, di pemandian ini juga memiliki 25 pancuran dengan air panas dengan suhu yang berbeda-beda.

12. Bukit Bintang

Bukit Bintang (gucioutbondadventure)

Tidak hanya di kawasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Puncak, Jawa Barat saja yang punya objek wisata Bukit Bintang. Wisata Tegal juga ternyata memiliki Bukit Bintang atau bisa juga disebut dengan Bukit Sejuta Bintang.

Wisata Tegal di malam ini terletak di Ladang, Hutan Guci, Bumijaya, Tegal, Jateng. Ternyata tidak hanya malam hari saja, wisata Tegal yang satu ini juga buka di pagi, siang, sore, dan malam hari bahkan 24 jam.

Seperti namanya Bukit Bintang, tentu di lokasi ini bisa melihat bintang di langit malam yang cerah, serta kerlipan cahaya dari rumah−rumah penduduk. Lantas apa yang membedakan Bukit Bitang di Tegal ini dengan di kawasan lain? Ternyata terletak di suasananya.

Suasana di Bukit Bitang sebagai wisata Tegal ini masih terbilang sunyi dan sepi. Maka dari itu, paling cocok datang ke lokasi ini bersama dengan keluarga dan teman-teman. Itu juga menjadi alasan di Bukit Bintang ini, udara masih sejuk karena terbebas dari polusi udara dan polusi cahaya, sehingga bisa melihat bintang−bintang degan hati yang gembira. 

Apabila melihat ke arah Utara, Anda bisa melihat wilayah Bumijawa hingga Kota Tegal. Di arah Timur, Anda juga bisa melihat daerah perkampungan penduduk di Desa Guci. Di sisi Selatan akan tampak kegagahan dari Gunung Slamet, serta dari bagian Barat akan terlihat deretan perbukitan.

13. Curug Monyet

Curug Monyet (facebook)

Ada lagi salah satu wisata Tegal yang memiliki nama yang unik, yakni Curug Monyet. Curug ini terletak di Ladang, Cawitali, Bumijawa, Tegal, Jateng. Buka sedari pukul 7.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

Ada yang tahu alasannya kenapa disebut Curung Monyet? Usut punya usut, ternyata di wisata Tegal yang satu ini memang banyak hewan monyet yang berkeliaran. Eits, tapi Anda tidak perlu khawatir, karena saat ini monyet yang berkeliaran tidak sebanyak dulu.

Tidak heran, wisata Tegal yang satu ini memiliki mitos−mitos yang beredar di kalangan penduduknya. Tetapi ternyata tujuan utamanya untuk menjaga curug tetap dalam kondisi alami dan jauh dari tindak eksploitasi alam.

Curug ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan memiliki debit air yang deras, sehingga para wisatawan yang datang ke lokasi ini perlu berhati−hati. Apalagi di bawah curug terdapat bebatuan yang banyak, sehingga bisa dimanfaatkan untuk sekadar duduk−duduk menikmati tampias dari air yang terjun dari curug.

Memang membutuhkan perjuangan tersendiri untuk bisa mencapai Curug Monyet, tetapi ketika telah sampai di wisata Tegal satu ini, lelah Anda akan terbayarkan dengan membasuh wajah di air yang dingin. Selain itu di sekitar curug juga banyak pepohonan rindang yang biasa digunakan oleh monyet−monyet untuk bergelantungan.

Jadi bagaimana? Mau bertemu dengan monyet−monyet di curug satu ini?.

14. Bukit Bulak Cempaka

Bukit Bulak Cempaka (facebook)

Yuk lanjut keliling wisata Tegal lainnya, namanya BBC alias Bukit Bulak Cempaka. Bukit ini lokasinya masih berasa di Ladang, Cempaka, Bumijawa, TegaL, Jateng. Jam operasionalnya dari pukul 7.00 hingga pukul 19.00 WIB.

Uhuy, tahu tidak? Bukit Bulak Cempaka ini merupakan destinasi wisata Tegal yang jadi primadona lho. Jadi tidak heran, Bukit Bulak Cempaka menjadi salah satu destinasi wisata Tegal pilihan kalangan milenial.

Wisata Tegal ini sangat cocok bagi Anda yang gemar hunting –hunting foto. Anda dijamin akan puas berfoto dengan pemandangan yang bagus, pengalaman menarik, dan bertemu teman−teman baru. 

Tiket masuk ke wisata Tegal yang satu ini juga sangat murah. Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp3.000 saja dan bersantai−santai di beberapa saung yang menyediakan berbagai macam minuman dan kudapangan ringan.

Rute menuju Bukit Bulak Cempaka juga mudah, sama seperti Anda meuju ke Pemandian Air Panas Guci. Di pertigaan Desa Tuwel, Kecamatan Bojong, Anda tinggal belok ke kanan dan lurus sampai ke Kecamatan Bumijawa. Dari lokasi tersebut, Anda tinggal menempuh perjalanan sekitar 20 menit lagi untuk sampai dan menikmati keindahan Tegal di Bukit Bulak Cempaka.

15. Jembatan Gantung Danawarih

Jembatan Gantung Danawarih (jejakpiknik)

Jembatan Gantung Danawarih bisa jadi salah satu destinasi wisata Tegal selanjutnya yang bisa Anda kunjungi. Eits, jembatan ini bukan sembarang jembatan. Lokasi ini merupakan salah satu lokasi wisata favorit bagi para wisatawan luar wilayah maupun bagi para penduduk Tegal sendiri.

Lokasi Jembatan Gantung Danawarih ini ada di Sawah, Ladang, Danawarih, Kecamatan Balapulang, Tegal, Jateng. Jembatan gantung ini melintasi Sungai Kali Gung di Desa Danawarih, Kabupaten Tegal.

Wisata Tegal yang satu ini ternyata sudah dibangun sejak tahun 1992 dengan panjang 273 meter dan lebar 1 meter. Jembatan ini pada dasarnya berfungsi untuk menghubungkan Desa Danaarih dan Sanganjaya, Kecamatan Balapulang.

Keindahan pemandangan di wisata Tegal yang satu ini terbilang tidak ada duanya. Suasana pedesaan dengan pepohonan sekeliling membuat Anda memiliki sensasi berbeda menyeberangi sebuah jembatan.

Selain sebagai wisata alam, ternyata di Danawarih sendiri terdapat lokasi wisata religi. Di lokasi tersebut terdapat lokasi dari makan Ki Gede Sebayu. Selain itu Anda juga tidak perlu khawatir dengan berbagai fasilitas umum yang diperlukan karena tersedia di lokasi.         

16. Pantai Larangan

Pantai Larangan (jejakpiknik)

Keliling wisata Tegal, mantai lagi yuk! Pantai kali ini namanya adalah Pantai Larangan. Meski namanya Larangan, bukan berarti pantai ini dilarang untuk dikunjungi lho ya.

Wisata Tegal yang satu ini merupakan salah satu destinasi alternatif bagi wisatawan yang menyukai suasana pantai. Memang diakui, pantainya tidak sebagus pantai−pantai yang lokasinya ada di Selatan Pulau Jawa. Maka dari itu, Anda jangan kaget bila tidak menemukan pantai berpasir putih dan berbatu karang.

Tetapi Anda tidak perlu berkecil hati, pasalnya pantai di wisata Tegal, seperti Pantai Larangan memiliki pantai dengan ombak yang justru tidak terlalu besar. Sudah pasti pantai dengan keadaan seperti ini cocok bagi Anda yang ingin berenang atau sekadar main basah−basahan bersama keluarga dan kerabat di bibir pantai.

Pantai Larangan ini ternyata belum dikelola oleh Pemerintah Daerah (Pemda) setempat, sehingga bagi Anda yang memasuki kawasan ini tidak akan dipungut biaya alias gratis. Soal perut, Anda juga tidak perlu khawatir karena banyak penduduk yang menjajakan makanan khas Tegal dengan harga yang tentunya murah meriah.

Pantai ini juga cocok bagi Anda yang ingin mencari sunrise alias matahari terbit. Di bibir pantai, terdapat puluhan ribu pohon cemara laut yang sengaja ditanam sebagai program penghijauan pesisir pantai. Bila beruntung, Anda juga bisa melihat tradisi sedekah laut sebagai ungkapan syukur para penduduk pada alam.

17. Danau Beko Margasari

Danau Beko Margasari (jejakpiknik)

Tidak ada salahnya Anda juga menjelajahi wisata Tegal yang unik satu ini, bernama Danau Beko Margasari. Meski dikenal bukan sebagai tempat wisata, namun lokasi ini menawarkan suasana yang eksotis bahkan ramai diperbincangkan di media sosial.

Genangan air dan tanaman yang tumbuh di sekitar Danau Beko ini semakin menambah kesan elok dan unik. Wisata Tegal yang juga dikenal sebagai Danau Gunung Karang ini juga memiliki latar bebatuan kapur dan bekas galian kapur yang menambah estetika siapa saja yang memotretnya.

Wisata Tegal untuk berfoto ini memang merupakan tambang batu kapur. Tak heran muncul sebuah telaga dari hasil galian aktivitas penambangan dan menimbulkan cekungan yang tertampung dengan air.

Penduduk sekitar mengaku tidak ada biaya tiket masuk khusus untuk menikmati lokasi ini. Tidak ada pula biaya retribusi maupaun biaya pengelolaan lokasi. Tidak heran apabila keadaannya masih sangat alami dan bisa menjadi lokasi wisata Tegal yang ekslusif untuk didatangi.

Bagi Anda yang tertarik, bisa datang ke Danau Beko yang lokasinya berada di Desa Karangdawa, Kecamatan Margasari, Kabupaten Tegal, Provinsi Jateng. Danau Beko ini dipastikan tidak jauh dari jalan raya, hanya sekitar 400 meter saja.

18. Pantai Alam Indah

Pantai Alam Indah (tripadvisor)

Wisata Tegal lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Pantai Alam Indah. Ini adalah objek wisata pantai yang berlokasi di Kota Tegal, Jateng. Wisata Tegal ini dikelola oleh Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Pemuda dan Olahraga Budaya dan Pariwisata.

Seperti namanya Pantai Alam Indah, tentu pantai ini juga menawarkan pesona alam yang indah dan sayang untuk dilewatkan. Anda juga bisa mengajak sanak keluarga dan kerabat untuk menyusuri bibir pantai dan merasakan sepoi−sepoi udara pantai. 

Anda juga tidak perlu khawatir alami “kantong bolong” karena harus membeli itket yang mahal. Pasalnya tiket masuk di lokasi ini sangat terjangkau dan murah, tidak hanya bagi wisatawan tetapi juga bagi para penduduk Tegal dan sekitarnya yang ingin menikmati suasana pantai.

Jangan heran juga dengan berbagai pantai di wisata Tegal yang tidak berpasir putih dan berterumu karang. Memang diakui pantai di kawasan Tegal ini memiliki pasir yang berwarna hitam, selain itu juga tidak ada terumbu karang.

Tetapi justru di kawasan Tegal, pantai−pantainya terkenal memiliki ombak yang kecil sehingga ramah bagi para pengunjungnya. Anda juga bisa berfoto dan mendokumentasikan momentum menghabiskan waktu berjalan santai di sekitar pantai dan bertemu penduduk yang menjajakan kopi dan makanan ringan.  

19. Bukit Baper Bumijawa

Bukit Baper Bumijawa (dolanyok)

Salam kenal dari wisata Tegal lainnya, Bukit Baper Bumijawa. Mendengar kata "baper" mungkin kita akan teringat akan istilah "bawa perasaan" atau dikenal dengan singkatan istilah baper di kalangan anak muda. Lucu ya? Lantas bagaimana pesona wisata yang ditawarkan oleh Bukit Baper Bumijawa?

Wisata Tegal ini terletak di Kecamatan Bumijawa, Tegal dan dikenal sebagai tempat wisata puncak yang menarik. Usut punya usut ternyata kata baper bukanlah berasal dari istilah bawa perasaan melainkan Bukit Batusari Perkemahan.

Di lokasi ini Anda bisa melihat pemandangan Kota Tegal dari atas bukit. Suasana alam yang asri, udara sejuk, dan penduduk sekitar yang ramah, tentu akan menambah rasa kedamaian dalam diri Anda.

Di lokasi ini juga terdapat gardu pandang yang telah disediakan oleh pengelola setempat. Jadi apabila ke Bukit Baper jangan lupa mencoba fasilias yang satu ini ya, karena pandangan Anda akan jauh lebih luas dan tinggi melihat keindahan Tegal, apalagi harga tiket yang ditawarkan sangat murah, hanya Rp6.000 saja.

20. Wisata Kesehatan Jamu Kalibakung

Wisata Kesehatan Jamu Kalibakung (istimewa)

Ada lagi wisata Tegal unik yang dijamin akan menambah pengalaman Anda, namanya adalah Wisata Kesehatan Jamu Kalibakung. Seperti namanya, tentu di tempat ini Anda akan melihat berbagai macam tanaman yang sering diolah untuk membuat jamu yang baik untuk kesehatan.

Tidak hanya tanaman jamu, Anda juga disuguhi oleh pemandangan cantik dari persawahan, sungai kecil, dan pepohonan rindang yang menambah kesejukan. Mata Anda tentu akan dimanjakan dengan pemandangan pedesaan yang pasti tidak pernah Anda temui diperkotaan yang padat hiruk pikuk aktivitas manusia.

Di Wisata Kesehatan Jamu Kalibakung ini juga ada etalase berbagai macam jenis jamu, klinik jamu, hingga apoteker khusus. Dijamin, pengetahuan Anda soal jamu juga bertambah, selain itu tubuh Anda juga akan semakin sehat karena bisa membeli dan mencicipi olahan jamu dari Wisata Kesehatan Jamu Kalibakung ini.

Penasaran dengan wisata Tegal yang unik satu ini? Anda langsung saja datang ke Jalan Raya Moga−Guci, Kebonagung, Kecamatan Balapulang, Tegal Jateng. Wisata ini sudah buka sejak pukul 7.00 WIB hingga sore, bahkan di hari tertentu buka hingga malam hari.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : YC Kurniantoro