Netral English Netral Mandarin
banner paskah
15:33wib
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberi peringatan kepada sembilan provinsi untuk bersiap siaga dari potensi hujan petir disertai angin kencang yang akan terjadi hari ini. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menambah jalur yang bakal disekat oleh kepolisian selama masa larangan mudik Lebaran pada 6 hingga 17 Mei 2021 mendatang.
Cari Petunjuk Virus Corona, Tim WHO Kunjungi Pasar Seafood Wuhan

Minggu, 31-January-2021 17:45

Pasar Seafood Wuhan
Foto : LBC
Pasar Seafood Wuhan
10

WUHAN, NETRALNEWS. COM - Tim Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyelidiki asal-usul pandemi virus corona telah mengunjungi pasar makanan laut di kota Wuhan, China, yang dikaitkan dengan infeksi awal.

Para anggota tim mengunjungi pasar makanan laut Huanan selama sekitar satu jam di sore hari, dan salah satu dari mereka mengacungkan jempol ketika wartawan bertanya bagaimana perjalanannya.

Pasar adalah tempat wabah virus pada Desember 2019.

Ilmuwan awalnya menduga virus tersebut berasal dari hewan liar yang dijual di pasaran.

Namun, sejak saat itu sebagian besar dikesampingkan tetapi itu bisa memberikan petunjuk tentang bagaimana virus menyebar begitu luas.

“Kunjungan yang sangat penting hari ini - pasar grosir pertama dan Pasar Makanan Laut Huanan sekarang,” kata Peter Daszak, ahli zoologi dari grup AS EcoHealth Alliance dan anggota tim WHO, dalam sebuah tweet.

“Sangat informatif dan penting bagi tim gabungan kami untuk memahami epidemiologi COVID yang mulai menyebar pada akhir 2019.”

Sebelumnya, anggota tim juga terlihat berjalan melalui bagian pasar Baishazhou - salah satu pasar basah terbesar di Wuhan, dengan dikelilingi oleh rombongan besar pejabat dan perwakilan China.

Pasar ini adalah pusat distribusi makanan untuk penduduk Wuhan selama 76 hari saat dilakukan penguncian kota tahun lalu.

Para anggota, dengan keahlian di bidang kedokteran hewan, virologi, keamanan pangan dan epidemiologi, sejauh ini telah mengunjungi dua rumah sakit di pusat wabah awal, yakni Rumah Sakit Jinyintan Wuhan dan Rumah Sakit Pengobatan China dan Barat Terpadu Hubei.

Pada hari Sabtu (30/01), mereka juga mengunjungi pameran museum yang didedikasikan untuk sejarah awal Covid-19.

Diketahui, misi WHO tersebut telah menjadi muatan politik, karena China berusaha menghindari kesalahan atas dugaan salah langkah dalam tanggapan awal terhadap wabah tersebut.

Menentukan reservoir hewan wabah biasanya merupakan upaya melelahkan yang membutuhkan penelitian bertahun-tahun, termasuk mengambil sampel hewan, analisis genetik, dan studi epidemiologi.

Salah satu kemungkinannya adalah pemburu satwa liar mungkin menularkan virus kepada pedagang yang membawanya ke Wuhan.

Pemerintah China telah mempromosikan teori, dengan sedikit bukti, bahwa wabah mungkin dimulai dengan impor makanan laut beku yang tercemar virus, sebuah gagasan yang ditolak mentah-mentah oleh para ilmuwan dan lembaga internasional, demikian diberitakan oleh Irish Examiner

 

Reporter : Tommy
Editor : Tommy Satria