Netral English Netral Mandarin
13:54wib
Hasil survei Indonesia Political Opinion (IPO) menunjukkan bahwa lebih dari 90 persen masyarakat setuju sekolah dan rumah ibadah dibuka kembali meski masih di tengah kondisi pandemi corona. Data pengguna Facebook yang mencapai 533 juta, baru-baru ini dikabarkan telah dicuri hacker. Facebook menyatakan, tak akan memberi tahu data siapa saja yang telah dicuri.
Cara Mudah Cek Penerima Bansos BST Rp 300 Ribu di dtks.kemensos.go.id

Sabtu, 16-January-2021 13:37

Ilustrasi
Foto : Istimewa
Ilustrasi
12

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Apakah Anda termasuk dalam salah satu penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) sebesar Rp 300 ribu dari Kementerian Sosial?

Jika iya, maka Anda bisa memastikan apakah dana tersebut sudah cair atau belum. 

Untuk memastikannya, Anda bisa melakukan pengecekan dengan menggunakan nomor Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK). 

Berikut cara cek penerima bansos BST Rp 300 Ribu di dtks.kemensos.go.id.

Buka situs https://dtks.kemensos.go.id/, setelah itu nanti Anda akan diarahkan untuk memilih ID. Di situs tersebut ada tiga jenis ID yakni ID DTKS/BDT atau ID Data Terpadu Kesejahteraan Sosial biasanya tercatat di Dinsos Kabupaten/Kota.

Lantas bagaimana jika Anda tidak memiliki ID di atas tersebut? Maka Anda bisa menggunakan Nomor PBI JK/KIS, dan NIK.

Setelah itu, masukkan salah satu nomor ID yang Anda miliki. Masukkan nama sesuai dengan ID yang dipilih. Masukkan kata yang tertera pada box captcha. Klik 'Cari'. 

Setelah memastikan bahwa nama Anda terdaftar dalam BST, maka langkah selanjutnya adalah mencairkan dana BST. Berikut langkah-langkahnya:

Ketua RT atau perwakilan akan memberikan surat undangan kepada penerima BST. Di dalam surat tersebut berisi barcode dan informasi mengenai penerimaan bantuan. 

Bawa surat undangan ke kantor pos terdekat untuk mencairkan bantuan. 

Biasanya kantor pos punya jadwal tersendiri untuk para penerima BST, sehingga cek dulu jadwalnya sebelum ke kantor pos. 

Saat ke kantor pos, bawa KTP atau Kartu Keluarga dan ingat selalu 3M, memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Setelah itu, tunjukkan KTP atau KK dan surat undangan kepada petugas. Selanjutnya, petugas akan men-scan barcode pada surat undangan tersebut. 

Kini, Anda sudah bisa menerima BST sebesar Rp 300 ribu. Terakhir, petugas akan memotret penerima bansos sebagai bukti bahwa Anda telah mencairkan bantuan. 

Perlu diketahui bahwa program BST ini akan diberikan setiap bulan sekali. Para penerima BST ini adalah anggota PKH yang NIK KTP-nya terdaftar di Data Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.  

Reporter :
Editor : Tommy Satria